Apakah Website Gratisan atau Berbayar?

Pertanyaan ini mungking sering muncul di benak teman-teman semua. Kalau menurut saya sih tergantung tujuan dan isi kantong tentunya.

Website Berbayar maksudnya adalah domain dan hosting nya disewa tiap bulannya sementara website gratisan adalah untuk domain dan hostingnya gratis tis tis ..
Namun website berbayar akan lebih menambah kepercayaan konsumen atau pembaca, terlihat lebih profesional dibanding yang gratisan.

Untuk website gratisan, teman-teman dapat menggunakan blogger dengan alamat website www.namadomainAnda.blogspot.com sementara wordpress dengan alamat www.namadomainAnda.wordpress.com.
Untuk membuat blog gratis dapat masuk ke www.blogger.com untuk blogspot atau www.wordpress.com untuk wordpress.
Cuma bila teman-teman mau membuat toko online sebaiknya menggunakan website berbayar walaupun dengan fitur blogspot pun memungkinkan. Alasannya ya itu tadi agar konsumen dapat lebih percaya dengan website Anda.

Untuk website berbayar biasanya menggunakan template wordpress dengan memesan domain dan hosting ke penyedia hosting seperti hostgator, jagoanstore dsb. Contoh website berbayar : www.liburanku.co.id.

Menurut saya pribadi bila Anda masih pemula dan hanya membuat blog sebaiknya gunakan website gratisan dulu, sekalian tes pasar apakah informasi yang Anda tulis di blog apakah diminati oleh konsumen dan sebagai sarana Anda untuk belajar agar website Anda mendapatkan page rank bagus di Google. Selanjutnya bila blog Anda dapat diterima oleh pasar dengan baik maka blog gratisan tsb dapat diganti menjadi website berbayar.

#Hayuk ah mulai nge-blog 🙂

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *