Alat Perang Untuk Memulai Bisnis Online

Pada dasarnya bisnis online hampir sama dengan bisnis offline (konvensional), sama-sama harus ditangani secara serius. Untuk menopang bisnis online Sobat, saya kira ada 5 peralatan penting yang harus dimiliki oleh Sobat semua, apa itu?

Alat Perang Untuk Memulai Bisnis Online:

  1. Peralatan komputer / laptop. Ini peralatan yang sangat mutlak anda miliki. Komputer / laptop harus bisa terhubung dengan jaringan internet. Kalaupun belum memiliki laptop/komputer, anda bisa datang ke warnet.
  2. Jaringan internet. Ini mutlak diperlukan untuk kelancaran bisnis online karena kita akan mengembangkan bisnis online via internet. Sekarang juga cukup mudah dan terjangkau untuk berlangganan internet, bisa melalui perangkat wireless seperti USB Modem yang dipaket dengan provider GSM ataupun CDMA atau bisa melalui jaringan milik Telkom (Speedy)
  3. Pengetahuan dasar tentang internet. Ini adalah pengetahuan dasar yang mutlak dimiliki oleh pebisnis online. Sobat tidak perlu kursus lah buat ilmu dasar internet, cukup klak klik belajar otodidak, yang penting tahu dan mengerti cara menggunakan browser (Google, Mozilla dsb) dan social media seperti facebook dsb.
  4. HP / Handphone / telpon genggam. Rasanya barang satu ini tidak asing lagi hampir siapa saja sudah punya HP. Tidak dibutuhkan HP yang canggih untuk menjalankan bisnis online. cukup bisa digunakan fasilitas telpon dan SMS itu sudah sangat memadai. Ya, bahkan tidak diperlukan untuk menelpon, cukup SMS saja. Sediakan 1 HP untuk urusan bisnis online, dan itu hanya untuk SMS saja untuk berhubungan dengan para pelanggan. Tetapi akan lebih baik bila punya fasilitas BBM dan WhatsApp. Buat pemula, BBM atau Black Berry Messenger tidak harus diinstall di BB loh yah tapi HP jaman sekarang dengan operating system (OS) Android sudah dapat menggunakan fasilitas BBM. Klo sobat masih bingung juga bisa langsung tanya ke yang jualan HP 🙂
  5. Rekening tabungan Bank. Sobat harus memiliki rekening tabungan bank untuk transaksi bisnis online anda. Saya rekomendasikan membuka rekening BCA atau Bank Mandiri atau keduanya karena rata-rata orang memilliki 2 rekening bank tersebut. 
Baca juga:  Kesalahan Dalam Membuat Desain Website / Blog Yang Fatal

Kalau sudah punya alat tempur di atas, tunggu apa lagi? ayo segera ACTION …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *