7 Persiapan Yang Harus Dilakukan Sebelum Liburan

Musim liburan sekolah sebentar lagi .. asyik .. tentunya masa-masa liburan ini yang sangat dinantikan ya? Agar liburan Anda nyaman dan mengasyikan tentunya Anda harus mempersiapkan liburan tsb.

Contoh aktivitas liburan: Body rafting di Green Canyon


Mau tahu persiapan liburan itu apa saja? silahkan disimak berikut ini:

1. Carilah liburan yang biayanya sesuai dengan budget liburan Anda. 
Tidak ada dana untuk liburan nyaman nan mahal? Anda dapat mencoba backpackeran dengan biaya yang jauh relatif murah. Atau cukup ke kebun binatang di kota Anda dapat menjadi salah satu alternatif liburan murah. Jangan memaksakan diri liburan dengan harga yang wah tapi malah membawa masalah baru? hidup jadi gembel pulang liburan? tidak mau bukan. Saya pribadi pernah merasakan hidup gembel di Bali karena mengejar tiket pesawat murah sehingga mengharuskan tinggal di Bali selama seminggu, habislah tabungan untuk biaya hidup di sana hiks… semoga kejadian yang sama tidak menimpa Anda :-).

2. Pilihlah lokasi liburan yang sesuai dengan kondisi Anda, keluarga Anda dan teman Anda.
Bila berlibur bersama anak maka pilihlah lokasi berlibur, jenis tranportasi dan aktivitas didasarkan untuk keamanan dan kenyamanan anak serta tepat untuk kondisi balita. Misalnya bila ia alergi udara dingin, beri dia pilihan tempat-tempat berlibur di daerah pantai. Carilah sebanyak mungkin informasi liburan di internet.

3. Pilihlah waktu liburan dan lama liburan. 
Pada saat liburan sekolah memang baik bila akan berlibur dengan anak-anak dengan usia sekolah tetapi bila anak Anda masih belum sekolah atau Anda berlibur dengan teman Anda yang dapat berlibur tanpa menunggu liburan sekolah alangkah baiknya menghindari waktu liburan sekolah dengan pertimbangan macet dan penuhnya lokasi liburan. Sesuaikan juga jumlah hari cuti yang bisa diambil dan kapan bisa mendapat cuti tersebut. Bila jumlah cuti Anda terbatas, Anda bisa menyiasatinya dengan tambahan dua hari week end.

4. Susunlah rencana liburan.
Anda dapat mencari informasi contoh itenerary (rencana perjalanan / liburan) di tempat liburan yang Anda tuju misalnya itenerary city tour seharian di Surabaya. Sehingga Anda tidak dipusingkan pada saat sampai ke suatu daerah harus ngapaian aja :-). 

5. Persiapan akomodasi
Anda dapat memesan tiket perjalanan, reservasi penginapan, sewa mobil bila perlu, dan berbagai hal yang bisa dipesan sebelum keberangkatan ke luar negeri seperti passport dan visa. Bahkan biasanya pemesanan tiket jauh-jauh hari via online lebih baik karena biasanya kemungkinan mendapatkan tiket lebih besar juga harganya biasanya lebih murah dibandingkan dadakan.

6. Persiapan logistik
Misalnya pakaian, sepatu dsb disesuaikan dengan rencana liburan dan lokasinya. Contoh bila akan berkemah maka bawalah peralatan berkemah. Bawalah logistik secukupnya dan seperlunya, jangan sampai barang bawaan Anda yang banyak dan berat mengganggu keasyikan berlibur.

7. Persiapan Fisik
Jagalah kesehatan selalu, jangan sampai liburan Anda gagal karena Anda sakit. Siapkanlah fisik Anda terutama untuk wisata alam seperti rafting, caving yang akan menguras tenaga fisik Anda, usahakan lakukan latihan fisik dulu atau biasakan olahraga untuk menjaga stamina Anda, bila diperlukan bisa ditambah dengan asupan suplemen multivitamin.

Itu adalah beberapa persiapan agar liburan Anda asyik dan nyaman, selamat berlibur …

Rekomendasi Link Artikel dari Sponsor:

loading...

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *