5 Makanan Favorit di Bulan Puasa Selain Kurma

Bulan Ramadhan memang unik selain merupakan bulan suci untuk umat muslim dengan ibadah puasanya juga adanya panganan-panganan khusus yang ngetren khusus di bulan suci ini. 

Saat bulan Ramadhan ini, dianjurkan berbuka puasa dengan yang manis-manis maka hidangan pembuka puasa / tajil sangat marak dijual di jalanan bak jamur yang tumbuh di musim hujan.
Tapi tidak hanya yang manis, para penjual pun menjajakan aneka hidangan lain yang tak kalah menarik.

Berikut ini adalah contoh makanan yang menjamur di bulan puasa Ramadhan dan menjadi favorit di bulan puasa:

1. Kolak Pisang & Ubi

Kolak sangat umum dan menjadi menu takjil paling diminati karena simpel dengan rasa manis yang langsung memberi suntikan energi yang meningkatkan kadar gula darah dalam sekejap. Biasanya berisi pisang, ubi, singkong atau labu kuning. Dengan kuah santan yang manis karena sudah dicampur gula merah, kolak menjadi menu takjil yang mudah ditemui di setiap daerah. 

2. Kolak Biji Salak

Walaupun namanya kolak biji salak, bukan berarti makanan satu ini dibuat dari biji salak sungguhan lho. Kolak biji salak dibuat dari tepung yang dicampur dengan ubi. Dibentuk bulat-bulat lalu direbus dan disajikan bersama kuah gula serta santan. Ada juga yang terbuat dari tepung ketan, menurut saya pribadi rasanya lebih mantap tapi memang di pasarang lebih banyak biji salak yang terbuat dari ubi. Bentuknya yang mirip dengan biji salak itulah yang akhirnya menjadi nama dari makanan ini. Kenyal, manis dan gurih santan berpadu apik. Di setiap daerah kolak biji salak disajikan dengan cara yang berbeda-beda, ada yang dicampur dengan bubur sumsum, cenil, atau bubur ketan hitam. 

3. Es Campur / Es Buah

Sesuai namanya, es campur berisi macam-macam buah yang dicampur menjadi satu. Pilihan isian buah pun tergantung selera, ingin membuat sendiri atau cukup membeli, es campur adalah minuman populer pilihan banyak orang yang ingin menyegerakan berbuka puasa dengan minuman segar. Rasanya yang manis dan segar tentu sangat diminati terutama saat hari sedang terasa begitu panas. Umumnya es campur berisi kolang-kaling, kelapa muda, cincau hitam, cendol, nangka, blewah, melon, sagu mutiara, rumput laut dan lain-lain. Tak terkecuali timun suri, buah yang banyak muncul saat bulan puasa. Cara penyajiannya pun beragam, ada yang mencampur semua bahan ada pula hanya memakai beberapa bahan saja dengan nama yang berbeda-beda sesuai bahan yang dipakai. Misalnya es kelapa, es timun suri, es teler, es cincau, es goyobod, es blewah dan sebagainya. 
Bila teman-teman mau membuat es buah sendiri di rumah, boleh banget, selain lebih sehat juga bersih, untuk resepnya silahkan klik disini.

4. Lontong / Leupeut

Lontong adalah makanan yang terbuat dari beras / nasi yang berisi oncom atau tumis sayuran yang dibungkus menggunakan daun pisang kemudian dikukus. 
Ada juga lontong yang tanpa isi.
Khusus di Jawa Barat yang dimaksud lontong adalah yang tanpa isi dan biasanya dimakan bersama tahu panas yang banyak dijajakan di daerah Sumedang. Sementara yang memakai isi oncom atau lainnya diberi nama leupeut.

5. Gorengan

Contoh gorengan adalah bakwan / bala-bala (merupakan sayuran yang digoreng dengan balutan tepung), tahu isi / gehu, tahu, comro (singkong yang diparut yang berisi oncom), cireng (kanji / aci yang digoreng) dsb.
Biasanya lebih enak disantap selagi panas dengan cabe rawit atau sambal kacang.




Saya pribadi lebih senang berbuka dengan teh manis hangat dilanjut dengan lontong plus gorengan. Lontong isi oncom dilumuri dengan sambal kacangnya memang mantap.

Sementara orang muslim sendiri dianjurkan sahur dan berbuka dengan kurma karena kurma memberikan keberkahan sendiri.

Lalu bagaimana dengan Anda? yang penting tidak berbuka secara kalap ;-p

Artikel Ala Urang ini dikenal, sbb :

bala bala lontong -es campur bulan puasa -Makanan enak dibulan puasa -

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *