Apa Yang Dilakukan Saat Lebaran?

Banyak yang dapat dilakukan saat lebaran tapi yang saya sajikan di bawah adalah hal yang dilakukan saat lebaran dan makanan wajib saat lebaran, setidaknya di kampung halaman saya di Bandung:
1. Sholat Idul Fitri
Sholat Idul Fitri merupakan sholat Sunnah muakad, artinya sangat baik bila dilakukan. Dan juga rasanya kurang komplit bila lebaran tidak sholat Ied. Sholat Ied biasanya dilakukan di lapangan terbuka, 2 rakaat plus khotbah. Di tempat saya biasanya sholat Ied dilakukan di area jalanan menuju komplek perumahan.
2. Bersalaman dan  Saling Memaafkan
Biasanya di kampung saya, selain bersalaman tepat setelah sholat Ied juga di sepanjang jalanan menuju rumah dan mengunjungi rumah tetangga atau saudara yang belum bertemu saat shalat Ied. Bersalaman selain untuk saling memaafkan juga dapat meningkatkan silaturahim dengan tetangga dan sanak keluarga.
Warga Saling Memaafkan

3. Pergi Ziarah Kubur
Ziarah kubur selain untuk melihat kuburan orang tua dan keluarga kita, membersihkan kuburan, mendoakan ahli kubur juga dapat berguna untuk kita agar selalu ingat bahwa suatu hari nanti kita pasti mati sehingga terus giat untuk menambah saldo tabungan akhirat dengan mengikuti segala perintah –Nya dan menjauhi segala larangan –Nya.

Ziarah Kubur, Tradisi Setiap Lebaran

4. Makan Ketupat Opor
Ketupat biasanya dibuat dari beras yang dimasukkan ke dalam anyaman daun kelapa muda, direbus dalam air sekitar 4 jam an. Sementara opor ayam adalah makanan yang terbuat dari ayam yang disayur dengan air santan. Rasanya jangan ditanya, maknyuss .. apalagi ditambah taburan bawang goreng dan emping goreng, makin mantap. Tidak pernah ingin melewatkan santapan yang biasanya ketemu dengan makanan ini cuma setahun sekali.

5. Makan Sop Kaki Sapi
Bosan dengan opor yang bersantan? dapat mencoba makanan ini, rasanya yang gurih apalagi ditambah perasan jeruk limau dan irisan cabe rawit makin mantap dah. Bila makan sop kaki jangan jaim & sok anggun yah hihihi.., harus turun tangan dan sumsum nya wajib disruput dari tulang nya, maknyusss..

6. Makan Ulen + Sambel Ulukutek
Sengaja saya menggunakan Bahasa Sunda untuk judul makanannya agar nama tsb tetap diingat oleh generasi yang akan datang. Ulen atau Uli yaitu makanan yang terbuat dari nasi ketan dan kukusan parutan kelapa lalu ditumbuk halus. Sambel ulukutek yaitu sambel yang terbuat dari kentang goreng, buncis, cabe hijau yang ditumis dengan bumbu lainnya. Ulen dapat disajikan langsung atau biasanya digoreng dulu. Cobain deh dijamin ketagihan …

Sambal Ulukutek

7. Makan Kue Lebaran
Kue lebaran seperti nastar, kastengel, putri salju, lidah kucing, sagu memang biasanya cuma ada saat lebaran saja. Jadi dipuas-puasin aja mencicipi kue tersebut selama lebaran ;p.

Kue Nastar Salah Satu Kue Favorit Saat Lebaran

8. Makan Rengginang dan Kacang Bawang
Rengginang merupakan camilan yang terbuat dari nasi ketan yang diberi bumbu, dibentuk seperti kerupuk, dijemur sampai kering kemudian digoreng. Rengginang yang basanya banyak peminatnya yaitu rengginang rasa sambal terasi.

9. Mengunjungi Objek Wisata

Banyak objek wisata yang dapat kita kunjungi, tapi tetap ingat lihat budget dulu ya. Bukan mahalnya biaya liburan tapi kualitas liburan lah yang lebih penting yaitu pikiran lebih fresh dan kebersamaan dengan keluarga. Jangan sampai berhutang ria hanya untuk liburan. Untuk yang low budget, liburan di Bonbin dapat menjadi pilihan yang sangat masuk akal.

Bonbin dapat menjadi pilihan liburan dengan budget terbatas

Mengenai apa saja yang harus dipersiapkan saat liburan dapat dilihat di tulisan saya disini.

Mengenai info seputar wisata di Indonesia dapat menggunjungi website www.liburanku.co.id.
Insya Allah bermanfaat ..

Rekomendasi Link Artikel dari Sponsor:

loading...

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *