Makanan Terenak dan Terbaik di Dunia Versi Global

Teman-teman pecinta kuliner? Tentunya penasaran dengan makanan apa sih yang terenak dan terbaik di dunia? Kita sebagai warga Indonesia perlu berbangga hati karena dari 10 makanan terenak di dunia terdapat makanan asli Indonesia.


Berikut daftar 10 makanan terlezat, terenak dan paling menggoda di dunia versi global yang dikumpulkan dari berbagai sumber seperti CNN, ranker, allvoice dan tahupedia.com, topdidunia.com dan berbagai sumber lainnya.

1. Rendang, Indonesia
Ya betul rendang yang terbuat dari daging sapi pilihan dan kaya rempah ini telah dinobatkan sebagai salah satu makanan yang terenak di dunia pada tahun 2011 yang lalu. 
Memakannya begitu selesai dimasak memiliki kenikmatan tersendiri, tetapi banyak orang juga mengatakan bahwa jika dibiarkan semalam akan terasa lebih enak. 
Rendang asli kota Padang terdapat 2 jenis yaitu basah dan kering. Nah rendang kering ini dapat dijadikan oleh-oleh yang lumayan tahan lama (dapat disimpan di suhu ruangan 3-4 minggu walaupun tanpa pengawet) dan tetap enak rasanya bila teman-teman berkesempatan mengunjungi kota Padang. 
Untuk mencoba rendang basah, teman-teman tidak perlu jauh-jauh pergi ke kota Padang loh, karena makanan ini merupakan makanan yang pasti ada di resto-resto atau warung makan Padang. Cukup 15 ribu saja sudah dapat menikmati enaknya rendang lengkap dengan nasi dan sayur padang :-).
2. Pizza, Italia

Italia memang sangat terkenal dengan pizzanya. Walaupun pizza dapat dengan mudah kita temui di resto-resto tapi katanya pizza asli dari Italia itu tidak tertandingi rasanya. Rotinya yang empuk dengan balutan keju yang tebal makin yummy deh ..
Untuk mencicipi pizza, selain datang ke resto, kita juga dapat membuatnya sendiri dengan mudah. Yang penting ada  keju mozarella dan rotinya sementara untuk pelengkap yang lainnya ya terserah teman-teman saja. Tapi tentu saja untuk mengeluarkan cita rasanya tergantung dari bagaimana si koki atau orang yang memasaknya hehehe. Kalau ga mau repot sih yah ke resto aja bray :-). Harganya pun bervariasi, sekitar 15-30 ribuan untuk 1 piring pizza ukuran personal.
3. Suhi, Jepang
Sushi termasuk makanan yang sangat populer, tidak hanya di Jepang tapi termasuk di Indonesia. Begitu banyak resto-resto atau tempat makan yang menyediakan sushi membuktikan bahwa makanan ini sangat digemari warga Indonesia terutama orang perkotaan. 
Makanan yang terbuat dari nasi yang digulung dengan nori (lembaran rumput laut) dan biasanya dipadukan dengan ikan salmon, udang dan makanan laut lainnya sangat mudah dibuat. Makanan ini sangat sehat karena ikan yang digunakan biasanya ikan pilihan terbaik dan disajikan mentah. Tapi tenang aja rasa amis ikan sudah berkurang kok teman-teman.
4. Tom Yum Goong, Thailand.
Makanan khas Thailand ini memang enak dan kaya rasa. Di Thailand sendiri terdapat berbagai jenis tom yum. Tom yum yang berbahan dasar udang disebut tom yum goong, yang berbahan ayam disebut tom yum gai, yang berbahan dasar ikan disebut tom yum pla, atau berbahan dasar makanan laut yang dicampur jamur disebut tom yum talay atau tom yum po taek.
Sementara tom yum yang terkenal di Indonesia adalah tom yum goong, sup yang terbuat dari udang, jamur, tomat, sereh, lengkuas, daun jeruk purut dan cabe. Rasanya pedas asam gurih, segar banget .. apalagi dimakan dengan pelengkap kerupuk putih yang biasa ada di warung bakso. 

5. Bebek Peking, Cina
Kulitnya yang tipis, namun gurih dengan rasa yang dapat didampingi dengan sirup, dagingnya yang lembut dan dapat dicelupkan ke saosnya sendiri.  Menurut orang pecinta bebek, makanan ini sangatlah lezat. 

Ada yang bilang, Belum ke China  Bila Belum Mencicipi Bebek Peking, maka saya pun cukup penasaran walaupun saya sangat tidak menyukai bebek. Saya coba makan satu iris bebek peking yang disajikan dengan irisan bawang daun dan kulit lumpia dan dicocol dengan saus ini rasanya bikin enek, untungnya ada soft drink untuk segera menawarkan rasa bebek di lidah.
Jadi terakhir saya makan bebek peking ini, kebetulan di tanah kelahirannya si bebek peking di Beijing China, saya sangat takjub dengan kelihaian tangan sang master chef kungfu dalam memotong bebek dan menyajikannya di atas piring saji dengan kecepatan luar biasa. 



6. Coklat, Meksiko
Siapa coba yang tidak suka dengan coklat? Saya rasa 90% orang di dunia ini menyukai coklat dan makanan berasal dari coklat. 
Coklat berada di peringkat teratas sebagai salah satu makanan terenak di dunia, hal ini mungkin karena coklat telah menjadi tradisi sebagai hadiah hari Valentine dan juga snack sehari-hari. Bahkan pengembangannya-pun tidak terbatas, ia dapat dibuat menjadi roti, kue, biskuit hingga dibuat sebagai makanan tersendiri (snack).
7. Dim Sum, Hong Kong
Dari segi bentuk dan rasanya, dim sum memang identik dengan siomay. Hanya saja penyajian dim sum bukan dengan sambel kacang.
Dim sum sangat cocok untuk dimakan bersama teman, rekan kerja ataupun keluarga dan rasanya-pun enak. Sama seperti makanan lainnya, walaupun beberapa orang akan mengatakan rasanya akan lebih enak jika makan di tempat asalnya, Anda dapat mencoba makanan ini di restoran makanan Cina. Kebanyakan dim sum berisikan udang dan dapat masuk dalam mulut dalam satu gigitan.
8. Massaman Curry, Thailand
Makanan kari ini pernah masuk sebagai nomor 1 sebagai makanan terenak menurut CNN travel di tahun 2011, tapi banyak orang tidak setuju karena makanan ini jarang terdengar dan beberapa mengatakan cara pembuatannya-pun sulit dan sangat tergantung dari keahlian pemasaknya.
Kari ini biasanya dibuat dengan berbahan dasar daging sapi, tetapi juga dapat dibuat dengan daging bebek, tahu, ayam ataupun daging babi bagi kaum Non-Muslim. Tentu sama seperti kari-kari lainnya, yakni diiringi dengan nasi yang akan menambah kenikmatannya. Kari dapat dikatakan memberikan rasa pedas, manis, gurih dan berbagai rasa gabungan lainnya.
Kalau di Indonesia sendiri, mungkin yang lebih terkenal adalah gulai, apalagi saat Idul Adha dan Idul Fitri. Gulai memang enak tapi hati-hati kolesterol naik hihihi.
9. Ramen, Jepang
Makanan berbahan dasar mie ini mulai populer di Indonesia baru beberapa tahun ini. 
Di jepang ada perkataan unik mengenai Ramen, semakin besar suara Anda mencucuk/menghirup (slurp) maka itu menunjukkan semakin tinggi respek Anda terhadap si pemasak. Ramen di Jepang-pun sangat banyak macamnya dan tingkat keenakannya tentu tergantung dari selera Anda.
Ramen yang ada di Jepang belum tentu cocok dengan lidah kita sehingga ramen-ramen yang dijual di resto-resto yang ada di Indonesia biasanya sudah disesuaikan sehingga sesuai dengan lidah kita. Terutama karena di Indonesia mayoritas beragama Islam, maka daging babi yang awalnya ada di ramen asli Jepang biasanya diganti dengan ayam atau sapi.
10. Lasagna, Italia
Makanan berlapis pasta, bersaus tomat, dengan daging cincang dan keju ini memang sangat populer di kalangan anaka-anak maupun orang dewasa karena rasanya yang sangat enak.
Pembuatan lasagna pun cukup mudah. Tetapi bila teman-teman tak mau repot sih cukup ke resto-resto terdekat, biasanya resto yang menyediakan pizza akan menjual lasagna juga.
Nah itulah 10 makanan terenak dan terbaik di dunia versi global. Bagaimana menurut teman-teman? adakah yang difavoritkan? Kalau saya pribadi sebagai pecinta kuliner Indonesia tentunya sangat menyukai rendang.
Sumber foto: www.topdidunia.com

Artikel Ala Urang ini dikenal, sbb :

makanan terenak di dunia tanpa pengawet -

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *