Pulau Sempu, Surga Tersembunyi di Balik Hutan

Indahnya Segara Anakan – Pulau Sempu Malang

Pernah menonton film The Beach yang dibintangi Leonardo De Caprio? Pantai dan alam sekitar terasa sangat indah. Tebing-tebing dan laut dangkal berwarna kehijauan di pulau itu memang menawan. Nah film itu mengambil lokasi di Pulau Phi Phi Thailand. Tapi ternyata untuk dapat menikmati keindahan pantai seperti di film tsb Anda tak perlu jauh-jauh dan bayar mahal pergi ke Thailand, ternyata di Indonesia juga ada loh.

Yah Pulau Sempu Malang mempunyai pemandangan tak kalah menawan. Oase alam itu terletak di pedalaman Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, persis di seberang Pantai Sendang Biru.

Untuk menikmati sempurnanya keindahan pulau seluas 877,0 ha ini, Anda harus menuju ke Segara Anakan atau biasa disebut dengan “Danau Kayangan” yang berada di sisi selatan Pulau Sempu. Dari pusat Kota Malang, terlebih dahulu harus menuju Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, tepatnya di Wana Wisata Pantai Sendang Biru.

Jika menggunakan kendaraan roda dua, perjalanan ke Sendang Biru memakan waktu sekitar tiga jam. Lumayan lama, namun sepanjang perjalanan akan disuguhi panorama keindahan alam serta ruas jalan yang berkelak-kelok dan naik turun bukit. Meski demikian jalan beraspal menuju ke Sendang Biru terlihat mulus.

Dari Sendang Biru, untuk menuju Danau Kayangan / Segara Anakan di Pulau Sempu harus menggunakan perahu yang disewakan nelayan dengan ongkos Rp100 ribu  per perahu sekali antar.  Jangan lupa untuk meminta no hp atau janjian dengan nelayan untuk memjemput kembali bila ditakutkan tidak ada sinyal bagus di tepi pantai. Tidak mau kan terdampar di pulau?

Hutan Sempu dilindungi pemerintah dan merupakan kawasan penelitian. Sejumlah satwa langka masih ada di kawasan itu. Karena itu sebelum memasuki wilayah pulau sempu harus mendapatkan izin dari petugas penjaga hutan yang berkantor di Pantai Sendang Biru, apalagi bila Anda hendak berkemah / menginap.

Selanjutnya, untuk menuju Danau Kayangan / Segara Anakan di sisi selatan bagian terluar pulau dan berbatasan dengan Samudera Hindia. Anda harus harus berjalan kaki sekitar satu setengah jam dari Teluk Semut atau sisi daratan utara Pulau Sempu.


Bila mau datang kesini lebih baik saat musim kemarau untuk menghindari jalur trekking yang berlumpur bisa sampai selutut saat musim hujan sehingga perjalanan Anda tidak terlalu melelahkan.

Pulau Sempu, Surga Tersembunyi Di Malang
Jalur Trekking Menuju Segara Anakan


Berada di tengah pulau dan terpisah dari lautan karena dikelilingi oleh batuan karang, segara anakan selalu menciptakan suasana yang tenang, damai dan menyenangkan. Pasir putihnya yang berpadu dengan birunya air selalu membuat kecanduan para wisatawan untuk datang ke sini lagi. Laguna seluas 4 hektar tersebut memiliki air yang tenang sehingga Anda dapat mandi/ berenang sepuasnya disini.


Tenda yang dipasang para wisatawan

Pulau Sempu yang merupakan kawasan cagar alam di bawah naungan Balai Konservasi Sumberdaya Alam (BKSDA) Provinsi Jawa Timur itu, memiliki empat ekosistem yakni ekosistem hutan mangrove, ekosistem hutan pantai, ekosistem danau, dan hutan tropis dataran rendah. Sesuai penelitian beberapa ahli, iklim kawasan pulau Sempu termasuk tipe C dengan curah hujan rata-rata 2.132 mm per tahun. Musim hujan umumnya terjadi pada bulan Oktober dan April, sedangkan musim kemarau antara Juli sampai September.

Berdasarkan data BKSDA, pulau ini memiliki lebih dari 223 jenis tumbuhan, dan 144 lebih jenis burung spesies baru dan mamalia serta hewan langka lainnya. Selain itu, di pulau ini juga masih ada macan tutul serta 20 spesies macan kumbang. Binatang buas itu sering tampak di sekitar Telaga lele dan Teluk Semut.


Bila Anda merasa seorang adventurer dan pecinta tantangan, tidak ada salahnya datang ke Pulau Sempu ini, tidak lengkap rasanya bila ke Malang tanpa mengunjungi Pulau Sempu.
Rasa lelah selama perjalanan akan terbayar lebih dengan indahnya danau.
Jangan lupa, kumpulkan sampah untuk dibuang di tempatnya, cintailah objek wisata pulau sempu agar tetap bersih dan alami.

Selamat mencoba … 🙂


Foto diambil dari sobatpetualang.com

Artikel Ala Urang ini dikenal, sbb :

telaga tersembunyi jawa timur -urang sempu -

Rekomendasi Link Artikel dari Sponsor:

loading...

One comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *