Cara Membuat Toko Online Gratis Dan Mendapatkan Promosi Gratis

Toko online merupakan suatu keharusan bila Anda berencana untuk berjualan online. Seperti halnya toko offline, fungsi toko online adalah untuk menjaring para pembeli yang membutuhkan barang yang dijual di toko kita. Sarana berjualan online memang bisa saja menggunakan social media seperti BB atau facebook, tapi bila kita mempunyai toko online akan lebih memberikan keuntungan lebih seperti dapat memberikan informasi produk yang lebih detil walaupun kita sedang tidur sekalipun. Bila Anda ingin tahu lebih banyak mengapa harus menggunakan toko online, silahkan buka artikel ini yang pernah saya posting sebelumnya.
Mendengar kata toko online kadang-kadang banyak orang yang sudah takut duluan karena tidak menguasai bahasa kode pemograman, harga tempate toko online yang mahal, belum lagi biaya promosi, dll.

Nah sekarang ini banyak situs penyedia toko online gratis bahkan dipromosikan pula secara gratis. Yang Anda perlu siapkan hanya alamat email, no hp, stock barang dan informasi barang yang akan dijual. Beberapa penyedia toko online gratis dan promosi gratis adalah tokopedia.com, yukbisnis.com, nurbaya.com.

Dari ketiga situs tsb saya merekomendasikan Tokopedia karena saat ini Tokopedia sudah memiliki user dan traffic yang cukup banyak. Selain itu Tokopedia juga aktif beriklan di banyak media, yang mana nantinya jika kita berjualan di Tokopedia juga akan mendapatkan sebagian dari traffic (pengunjung) tersebut.

Cara Membuka Toko Online Gratis di TokoPedia


A. Daftar Account TokoPedia.com
1. Buka TokoPedia.com
2. Klik tombol Daftar Sekarang

3. Centang persetujuan Syarat dan Ketentuan, lalu klik tombol biru untuk Masuk dengan Facebook

4. Verifikasi email atau nomor HP Anda. Jika verifikasi nomor HP, maka klik tombol Verifikasi Sekarang untuk mendapatkan kode verifikasinya ke SMS HP Anda.

5. Masukkan kode verifikasi yang Anda terima melalui SMS di nomor HP Anda.

Selamat! Anda sekarang sudah memiliki akun di Tokopedia dan selanjutnya adalah membuat dan melakukan pengaturan toko Anda.

B. Pengaturan Toko

1. Buat toko online Anda dengan mengklik “Buka Toko”.

2. Lakukan setting sesuai field yang diminta. Isi data selengkap mungkin. Termasuk setting layanan kurir hingga option payment yang Anda inginkan, lalu klik tombol Buka Toko

3. Setelah toko Anda jadi, kini saatnya mengisi produk. Klik tombol Tambahkan Produk

4. Isi data produk Anda dengan selengkap-lengkapnya. 

Bagian judul, isikan dengan sebutan lazim dari produk Anda. Misalkan “Dompet Handphone”. Lalu di keterangan bisa diisi dengan deskripsi produk. Isikan harga dan kolom-kolom lain yang diminta. Khusus untuk field Harga Grosir bisa dikosongkan (optional). Setelah semua field terisi, klik Simpan, atau klik tombol Simpan & Tambah Baru jika ingin tambah produk lain.

5. Setelah selesai, Anda bisa klik tombol Promosikan Produk Ini. Dengan klik tombol ini, maka produk Anda bisa muncul di halaman depan Tokopedia sekaligus dipromosikan oleh Tokopedia ke situs-situs lainnya seperti Facebook, Google dsb. Fitur ini dibatasi hanya bisa dilakukan tiap 1 jam untuk masing-masing produk.

6. Ulangi posting untuk produk-produk yang lain. Dan jangan lupa baca petunjuk-petunjuk yang ada di Tokopedia baik itu mengenai kategori produk, etalase dll, agar toko online Anda rapi.

Hal-Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Membuat Toko Online di Tokopedia:

1. Profil – Rekening bank.
Isi informasi reekening bank yang aktif, hasil penjualan produk anda akan ditransfer oleh tokopedia ke rekening ini setelah transaksi berhasil (pembeli sudah menerima produk ada dan konfirmasi tidak ada masalah dengan produk anda).

2. Toko saya – Pengaturan produk.
Ini khusus penjual dimana anda melengkapi data produk yang anda jual meliputi nama produk, harga, berat produk, foto dan deskripsi lengkap mengenai produk anda.
Khusus tentang NAMA PRODUK, ini akan menentukan produk Anda bisa ditemukan pembeli atau tidak. Jadi pastikan Anda menulis nama produk yang tepat karena nama produk tidak dapat diubah bila produk tsb telah disimpan.

3. Siapkan HP Anda agar bisa menerima email setiap saat. Lebih baik lagi jika Anda menyiapkan sebuah HP yang memiliki fasilitas push email, karena setiap ada order, tokopedia akan mengirimkan email dan Anda bisa dengan cepat meresponnya. Ini akan jadi nilai tambah di rating Toko Anda.

4. Bila Anda mengikuti program dropship dari berbagai lokasi vendor maka siapkan beberapa akun email untuk membuat beberapa akun toko karena 1 toko hanya dapat melayani dari 1 lokasi pengiriman saja


Bagaimana? Mudah bukan? Selamat mencoba dan semoga jualan Anda makin sukses…

Rekomendasi Link Artikel dari Sponsor:

loading...

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *