Cara Meningkatkan Traffic Blog / Website Dengan Cara Gratis

Syarat utama mendapatkan uang dari blog adalah dengan banyaknya pengunjung ke blog / website kita. Semakain banyak pengunjung ke blog kita atau traffic blog kita semakin tinggi maka akan semakin besar pula penghasilan kita dari blog. 

Nah untuk meningkatkan traffic blog itu sebetulnya ada 2 cara yaitu versi berbayar dan gratisan. Baik versi berbayar maupun gratisan sama baiknya hanya saja untuk versi gratisan kita harus lebih rajin, banyak usaha yang harus dilakukan dan tetap bersabar. Saya pribadi lebih menyukai versi gratisan karena ya itu tanpa modal uang dan juga untuk meningkatkan wawasan dengan cara masuk ke situs-situs orang lain. 

Ok langsung saja ya …


Cara Meningkatkan Trafik Blog/ Website Dengan Cara Gratis

1. Melalui Blog Walking


Blog walking adalah kegiatan mengunjungi blog/ website orang lain yang masih berhubungan dengan blog kita, kita baca postingan / artikelnya lalu meninggalkan komentar di blog/ website tersebut. Ada banyak blog yang menyediakan kolom untuk meninggalkan URL website bagi orang yang memberikan komentar di situs mereka, inilah yang harus kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Sebaiknya berikan komentar yang berisi opini atau pendapat Anda mengenai isi blog dan jangan pernah meninggalkan komentar SPAM pada blog orang lain karena hal itu hanya akan memberikan citra yang buruk pada kita sebagai seorang blogger atau internet marketer.

Dengan berkomentar dengan baik dan meninggalkan URL blog kita di kolom yang telah disediakan, maka kita akan mendapatkan backlink menuju situs kita. Selain itu, kemungkinan besar pengunjung lain di blog tersebut juga akan mengunjungi situs kita ketika mereka melihat komentar yang kita berikan cukup menarik. 

Blogwalking selain kita bisa mendapat limpahan traffic dan backlink juga kita bisa belajar mengenai blog orang lain yang dapat kita ambil sebagai referensi misalnya bentuk layout dan isi postingannya dapat dijadikan ide untuk menulis di blog kita tentunya bukan hanya sekadar copy paste ya tapi ditulis ulang dengan gaya bahasa sendiri dan sudut pandang yang berbeda.

2. Melalui Situs Social Bookmarking

Dengan men-submit blog kita ke situs social boomarking atau bahasa gaulnya sosbok diharapkan dapat memberikan limpahan traffic dan juga backlinks.


Situs-situs social bookmarking awalnya dibuat untuk membantu netter menyimpan alamat website yang mereka sukai, sehingga akan memudahkan mereka ketika ingin membuka website tersebut di kemudian hari. 

Berikut adalah daftar social bookmarking berdasarkan Pagerank tertinggi, dari PR 8 sampai PR 0. Tentunya Anda tak perlu submit blog kita ke semua situs sosbok. Untuk blog yang berbahasa Indonesia cukup masukkan ke sosbok bahasa Indonesia saja seperti lintas.me.

http://slashdot.org/ PR8
http://www.reddit.com/ PR8
https://www.stumbleupon.com PR7
http://www.faistapart.ca/ PR7
http://www.nettraject.com/ PR5
http://www.newsmeback.com/ PR5
http://www.social-bookmarking.net/ PR5
http://linkagogo.com/ PR5
http://fwisp.com/ PR5
http://www.ornamentalplantpatentprotection.com/ PR4
http://www.lintas.me/ PR4
http://infogue.com/ PR4
http://www.basketguide.com/ PR3
http://okenesia.com/ PR3
http://bookmarkgolden.com/ PR3
http://www.thetennisnetwork.us/ PR3
http://dreaminginamerican.com/ PR3
http://bookmarkz.info/ PR3
http://www.zbookmarking.com/ PR3
http://sfcsf.org/ PR3
http://www.video-bookmark.com/ PR3
http://www.titansonine.com/ PR3
http://www.indofeed.com/ PR3
http://blogger-id.com/ PR2
http://kojaxx.com/ PR2
http://www.memomu.com/ PR2
http://populerkan.com/ PR2
http://www.mosaiccontemporary.com/ PR2
http://suffil.com/ PR1
http://beritawoow.com/ PR1
http://sosbok.com/ PR1
http://anepunya.com/ PR1
http://lintasberita.in/ PR1
http://beritapilihan.com/ PR1
http://bookmarkindonesia.com/ PR1

PR0/NA
http://situsku.sumbawanews.com/
http://bookmark.dewaseo.com/
http://www.cendol.in/
http://kucapai.com/
http://www.qiel.com/
http://beritainter.net/
http://tempat.net/
http://www.chummy.us/
http://sosbook1.marketplus.co/
http://bookmark.beamcharged.com/
http://soloadv.com/
http://setbookmark.com/
http://perdetik.com/
http://befamoussite.com/
http://klubberita.com/
http://beritawan.com/
http://cepatnya.com/
http://jaditerkenal.com/
http://aspirasiku.com/
http://kanalku.com/

3. Melalui Situs Social Media

Zaman memang sudah berubah, orang yang biasanya berkomunikasi lewat tatap muka atau telpon sekarang cukup update status di social media (sosmed). Pertumbuhan pengguna sosmed di Indonesia sudah mengalami peningkatan yang sangat signifikan. Ditambah lagi perkembangan smartphone di Indonesia yang sudah sangat pesat. Kebanyakan pengguna smartphone pasti punya akun di situs-situs media sosial, paling tidak salah satu dari situs media sosial. Nah, tentunya ini adalah potensi trafik yang cukup besar bagi kita pemilik blog/ website.

Cara agar kita mendapat limpahan traffic dari sosmed yaitu dengan cara membagikan / share setiap kita membuat postingan artikel, apalagi sekarang sudah banyak template blog yang terintegrasi dengan tombol sosmed, jadi tidak perlu repot lagi, cukup tekan tombol “share” dan bila memang tulisan kita menarik dapat dipastikan akan menjadi viral (menyebar) di sosmed.


4. Melalui Ping


Cara meningkatkan traffic blog menggunakan jasa ping gratis pernah saya ulas di blog ini, silahkan baca kembali.

5. Melalui Situs Forum

Situs forum diskusi sering digunakan para internet marketer sebagai media untuk mendapatkan trafik menuju blog/ website bisnis mereka. Ada banyak situs forum yang memperbolehkan link di dalam thread atau pada signature para member mereka. Contoh situs forum yang dapat digunakan adalah pengusaha.co, bersosial.com, forum.kompas.com, forum.detik.com, kaskus.co.id.

Sebelum Anda aktif dalam forum tsb, Anda harus  membaca peraturan dari tiap forum dan jagalah nama baik kita. Jangan membuat thread yang tidak berguna atau mencoreng muka kita sendiri.

6. Guest Posting di Blog Lain

Ada banyak blog yang memberikan kesempatan pada orang lain untuk mengirimkan artikel/ konten dan memasang link di blog mereka. Tentunya artikel/ konten yang kita posting di blog tersebut harus sesuai dengan kriteria yang mereka tentukan. Kita bisa memasang link situs bisnis kita di bagian author, beberapa blog memperbolehkan penulis mereka untuk memasang link di dalam artikel. Selain memberikan efek SEO, referral trafik dari blog-blog tersebut tentu cukup banyak, apalagi bila kita menulis artikel di blog yang sudah terkenal.

7. Blog Dummy

Blog Dummy sebetulnya sama dengan blog-blog lainnya hanya saja blog dummy ini hanya berisi 5-10 artikel saja yang sengaja dibuat untuk mengirimkan traffic dan membuat backlink ke blog utama. Jadi nanti di blog dummy tsb dapat dipasang link blog utama kita.
Pembahasan mengenai blog dummy nanti akan saya bahas secara terpisah karena memerlukan pembahasan tersendiri.


Sebetulnya masih banyak cara-cara lain untuk meningkatkan traffic blog/website dengan cara gratis, apalagi para mastah-mastah selalu bereksperimen untuk mendapatkan cara baru yang lebih powerful.

Selamat mencoba …

One comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *