15 Fakta Menarik Mengenai Kopi Yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Kopi tidak hanya diminum untuk mengurangi rasa mengantuk dan menambah semangat tapi sekarang sudah menjadi bagian dari gaya hidup. Lihat saja begitu banyak “coffee shop” atau kedai kopi bermunculan, mulai dari warung kopi yang ada di pasar-pasar atau warung tradisional sampai coffe shop yang ada di mall-mall ternama, dari yang harganya cuma 4 ribuan per gelas sampai dengan harga puluhan ribu bahkan ratusan ribu per cangkir nya.

Bila Anda pecinta kopi, Anda dapat bersenang hati karena ada beberapa fakta menarik mengenai kopi yang akan membuat Anda semakin suka meminum kopi dan beberapa di antaranya berkaitan dengan kesehatan. Apakah itu? Yuk langsung aja ke tekape ..

15 FAKTA MENARIK MENGENAI KOPI YANG MUNGKIN BELUM ANDA KETAHUI

1. Anda tidak memerlukan kopi saat pertama kali bangun tidur

Secara alami, tubuh Anda akan memproduksi hormon kortisol yang membantu Anda merasa waspada dan terjaga. Sayang donk bila kafein yang diminum ternyata terbuang percuma karena Anda minum kopi saat hormon kortisol berada pada level tertinggi. Dilihat dari waktu produksi hormon tsb maka saat yang tepat untuk minum kopi adalah diantara jam 9.30 – 11.30 dan jam 13.30-17.00.

2. Kopi tidak menyebabkan dehidrasi

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kopi tidak memberikan efek diuretik (diuretik = sering membuang air kecil) kecuali bila diminum lebih dari 500-600mg per hari atau lebih dari 2 gelas per hari. Dengan demikan kopi tidak menyebabkan dehidrasi atau kehilangan cairan tubuh.

3. Keajaiban kopi pertama kali ditemukan melalui kambing gila

Menurut legenda, efek kafein kopi pertama kali ditemukan gembala Ethiopia saat mereka melihat kambing mereka mulai berlari kesana kemari seperti menari-nari setelah makan buah kopi.

4. Kopi dapat membuat hidup lebih sehat dan lebih lama

Kopi mengandung banyak antioksidan yang berguna untuk menangkal radikal bebas yang banyak terdapat paparan polusi dsb. Peminum kopi akan memiliki resiko yang lebih rendah terkena penyakit Parkinson, Diabetes tipe II, dan Penyakit Jantung.

5. Kopi mengandung nutrisi penting untuk tubuh Anda


Secangkir kopi mengandung sekitar 11% dari kebutuhan harian akan Riboflavin (vitamin B2), 6% dari Asam pantotenat (vitamin B5), 3% dari Mangan dan Kalium, serta 2% dari Niacin dan Magnesium.

6. Meminum kopi dapat membantu membakar lemak

Penelitan menunjukkan bahwa minum kafein dapat meningkatkan metabolisme tubuh sekitar 3-11% dan merupakan salah satu zat yang dapat membantu pembakaran lemak tubuh. Karena khasiatnya itulah muncul suplemen untuk penurun berat badan yang dibuat dari kopi.

7. Semua kopi yang ditanam di planet ini berasal dari daerah yang disebut “The Coffee Belt”

“The Coffee Belt” atau sabuk kopi adalah semua daerah penghasil kopi di dunia. Karena kopi hanya tumbuh di daerah dengan banyak sinar matahari dan suhu yang hangat maka kopi hanya tumbuh di daerah tropis yang apabila dilihat di peta bumi daerah tsb terlihat memanjang seperti sabuk, karena itulah disebut “the coffee belt”. Kopi yang dihasilkan bervariasi, ada yang arabika atau robusta. Indonesia sendiri merupakan penghasil kopi arabika dan robusta.

8. Es Kopi lebih mahal dibandingkan kopi panas

Tentu saja selain perlu tambahan es juga karena proses penyeduhan kopi dilakukan beberapa kali untuk mendapatkan rasa kopi yang kuat. Karena tahapan proses inilah yang membuat harga es kopi (iced coffee) jauh lebih mahal dibandingkan kopi panas.

9. Kafein berbentuk Kristal

Perasaan semangat setelah meminum kopi sebetulnya berasal dari kafein yang berbentuk Kristal dengan ukuran yang sangat kecil yaitu 0,0016 inch. Sangat kecil sekali bukan? Tapi efeknya luar biasa!

10. Kopi berbentuk berry merah sebelum akhirnya menjadi biji kopi

Biji kopi berasal dari buah kopi yang awalnya berwana hijau kemudian berubah menjadi merah. Setelah kulit buah dikelupas dan diambil biji kopinya. Biji kopi tsb kemudian difermentasi dan mengalami proses pengolahan berikutnya sehingga tersedia minuman kopi yang enak. 




11. Kafein bekerja sangat cepat

Hanya diperlukan sekitar 10 menit untuk merasakan efek kafein setelah Anda meminum kopi.

12. Kopi dapat membantu mencegah Alzheimer dan demensia

Beberapa penelitan menunjukkan bahwa peminum kopi 65% lebih kecil kemungkinannya menderita penyakit Alzheimer yang merupakan penyebab utama demensia. Demensia adalah suatu kelainan otak sehingga seseorang tidak dapat berpikir dengan baik dan tidak dapat pula beraktivitas dengan baik. Gejala umum demensia adalah pikun.

13. Kopi gajah adalah kopi termahal di dunia dan berasal dari kotoran

Bila Anda telah mengenal kopi luwak yaitu kopi yang diolah dalam tubuh luwak dan kopi yang dikeluarkan dan berada dalam kotoran luwak lah yang kemudian diolah menjadi minuman kopi yang enak dan terkenal itu. Bila Indonesia terkenal dengan kopi luwaknya maka di Thailand terkenal dengan kopi gajahnya. Kopi gajah atau dikenal dengan nama “Black Ivory Coffee” merupakan kopi yang diolah dalam tubuh gajah lalu dikeluarkan lagi bersama kotoran gajah lalu diolah lagi menjadi kopi yang siap dihidangkan menjadi minuman. Harga kopi gajah ini sekitar 50 dollar per cangkir nya, gila ya mahal banget …

14. Kopi baik untuk kesehatan hati Anda

Orang yang minum empat cangkir kopi sehari maka 80% akan lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami sirosis. Sirosis adalah penyakit penebalan / pengerasan hati sehingga hati tidak dapat berfungsi sebagaimana menstinya, dari kasus sirosis ini biasanya berkembang menjadi kanker hati.

15. Kafein meningkatkan kinerja Anda saat berolahraga

Kafein dapat meningkatkan kadar adrenalin Anda dan membantu pelepasan asam lemak dari jaringan lemak dalam tubuh Anda sehingga kinerja fisik Anda akan lebih baik bila Anda mengkonsumsi kopi sebelum berolahraga.


Itulah 15 fakta menarik mengenai kopi. Ngopi dulu yuk … 🙂

Sumber: distractify.com

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *