7 Cara Liburan Murah Ke Luar Negeri

sumber foto: 50andbeyond.com

Salah satu tujuan wisata para traveler atau pecinta jalan-jalan adalah berlibur di luar negeri. Kadang kala niat tersebut tidak jadi dilakukan karena biaya yang sangat tinggi yang meliputi biaya transportasi dan akomodasi. Anda harus pintar berhemat demi menabung untuk biaya liburan tersebut. Namun sebetulnya ada beberapa cara yang dapat ditempuh agar Anda dapat liburan murah ke luar negeri.

Cara Mendapatkan Liburan Murah Ke Luar Negeri

1. Bertukar Tempat Tinggal Dengan Teman Di Luar Negeri

Anda dapat mendapatkan tempat tinggal gratis selama Anda liburan di luar negeri dan ini akan memotong biaya liburan Anda yang lumayan besar. Banyak situs di internet yang menawarkan program ini dan untuk mengikuti program ini, Anda diharuskan melakukan pendaftaran terlebih dahulu dan tentunya Anda harus memiliki rumah sebagai syarat pendaftaran. Lamanya liburan ditentukan oleh kedua belah pihak yaitu Anda dan orang di belahan dunia lain yang sepakat bertukar rumah.

Program ini menjadi lebih terkenal sejak ada film yang dibintangi oelh Cameron Diaz dan Kate Winslet yang berjudul โ€œThe Holidayโ€. Bila Anda berminat mengikuti program ini, Anda dapat mencari di Google atau mengunjungi salah satu situs pertukaran rumah yaitu homeexchange.com. Saya lihat beberapa rumah di Indonesia sudah terdaftar dan mengikuti program pertukaran rumah tinggal ini.

Baca juga: 7 Tip Agar Perjalanan Anda Lebih Mudah dan Murah

2. Menjadi Relawan Di Pertanian Organik Dunia

Bila Anda senang berkebun / bertani dan senang jalan-jalan tentunya, Anda dapat mengikuti program yang diadakan pertanian organik dunia. WWOOF atau World Wide Of Organic Farm merupakan salah satu organisasi internasional yang membantu orang yang mau bekerja sebagai relawan di perkebunan organik internasional.

Banyak para petani di seluruh dunia yang bersedia rumahnya ditempati para traveler yang tidak keberatan bekerja selama beberapa jam yaitu antara 4-6 jam di perkebunannya atau di ladang pertaniannya dan ditukar dengan akomodasi dan makanan selama Anda tinggal di sana.

Selama Anda tinggal di sana, Anda akan diminta membantu untuk membuat kompos, menanam, memanen, memerah susu, membuat keju, membuat roti dll. Lamanya tinggal di sana adalah tergantung kesepakatan antara Anda dan petani di sana, biasanya antara 1-2 minggu.

Bila Anda berminat mengikuti program ini, Anda tinggal mendaftar di wwoof.net dan pilih perkebunan dan Negara yang mau Anda kunjungi dan ini akan memotong biaya akomodasi Anda.

3. Berkerja Sebagai Guru Bahasa Inggris di Luar Negeri

Bila Anda ingin berlibur ke luar negeri dengan murah, mungkin bekerja sebagai freelance merupakan salah satu cara, hanya dengan bekerja 15-40 jam per minggu, Anda akan mendapatkan akomodasi gratis meliputi tempat tinggal dan makanan bahkan bisa mendapatkan gaji loh.

Salah satu pekerjaan yang menarik adalah menjadi guru Bahasa Inggris. Anda diharuskan menjadi pengajar selama 1-10,5 bulan dan Anda akan mendapatkan gaji 1000 dollar per bulan, lumayan kan? Akomodasi gratis, mendapatkan gaji dan tentunya Anda dapat liburan melihat keindahan kota atau objek wisata lainnya yang menarik di kota / Negara tsb.

Bila Anda berminat mengikuti program ini, Anda dapat mendaftar di interexchange.org dan pilihlah jenis pekerjaan yang Anda minati.

4. Menjadi Kru Penerbangan Atau Pelayaran Di Maskapai Internasional

Sebagai pilot atau pramugari/pramugara di maskapai penerbangan internasional tentunya akan membawa Anda ke luar negeri. Kemungkinan besar Anda dapat beristirahat di kota / Negara lain tanpa biaya tambahan. Sebagai kru penerbangan, Anda juga biasanya mendapatkan discount khusus bila menggunakan maskapai tempat Anda bekerja untuk perjalanan pribadi Anda.

5. Berlibur Ke Negara Bebas Visa dan Manfaatkan Discount Khusus Maskapai Penerbangan

Negara-negara anggota ASEAN (persatuan bangsa-bangsa di Asia Tenggara) merupakan Negara tujuan liburan yang bebas visa. Bebas visa artinya Anda tidak mengeluarkan biaya pembuatan visa. Bahkan untuk Negara ASEAN ada maskapai penerbangan khusus yang selalu gencar memberikan promo penerbangan murah. Anda dapat menggunakan promo ini agar dapat liburan murah ke luar negeri di kawasan Asia Tenggara tapi tentunya Anda harus merencanakan dan booking / pembelian tiket 1 tahun sebelumnya. 


Bagi Anda yang berminat untuk memanfaatkan promo semacam ini, Anda dapat berlangganan newsletter dari salah satu maskapai tsb yaitu airasia.com. Saya pernah mendapatkan kursi gratis menggunakan air asia ke Malaysia. Kuncinya adalah kecepatan booking saat promo diumumkan dan keberuntungan Anda :-).

6. Bekerja di Perusahaan Asing

Bila berencana untuk mendapatkan liburan ke luar negeri murah, Anda dapat bekerja di salah satu perusahaan asing yang bonafid yang ada di Indonesia. Salah satu program SDM (sumber daya manusia) di perusahaan yang bagus adalah pengembangan karyawannya. Training / pelatihan di luar negeri merupakan salah satu contoh pengembangan karyawan, tentunya perusahaan akan memilih karyawan yang motivasi tinggi dan loyal dengan perusahaan lah yang akan mendapatkan kesempatan ini. Di sela-sela acara training tsb, Anda dapat berkeliling atau jalan-jalan melihat kota / negara tempat training tsb.

Selama saya bekerja di perusahaan asing, Alhamdulillah saya mendapatkan kesempatan liburan gratis di Beijing dan Singapura :-).

7. Bekerja Sebagai Pemandu Wisata

Sebagai pemandu wisata, kesempatan Anda untuk berlibur di luar negeri semakin besar, apalagi bila Anda dapat menguasai sejarah suatu kota / negara dan mengetahui betul objek wisata yang ada di sana. Para wisatawan lebih senang mendapatkan pemandu wisata yang dapat berbicara dengan Bahasa asalnya. Contohnya sebagai pemandu wisata untuk umrah dan haji, pemandu wisata ke Korea dsb, maka saya sebagai wisatawan dari Indonesia tentunya saya lebih menyukai pemandu yang memberikan informasi dengan Bahasa Indonesia pula.

Itulah 7 cara yang dapat digunakan untuk mendapatkan liburan murah ke luar negeri. Bagaimana dengan Anda? 


Artikel Ala Urang ini dikenal, sbb :

cara daftar wwoof -cara mendapatkan visa liburan ke luar negeri -cara menjadi kariawan wwoof -perjalanan gratis untuk guru ke luar negeri -program jalan jalan gratis untuk relawan -tempat berlibur diluar negeri dengan tempat tibggal gratis sambul belahar bertani organik -

7 comments

  1. Kalo sudah menjadi hobi, mau biaya berapapun biasanya dijabanin asalkan duitnya ada hehehe. Tapi dengan cara di atas seharusnya dapat membuka pikiran para traveler di Indonesia untuk dapat liburan dengan murah ke luar negeri dan mendapatkan pengalaman baru selama berada disana.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *