7 Tip Agar Perjalanan Anda Lebih Mudah dan Murah

Apakah Anda hobi jalan-jalan (travelling)? Bila iya mungkin beberapa info berikut ini akan sangat berguna untuk Anda. Anda akan mengalami perjalanan yang berbeda saat mengetahui tip dan trik dari para ahli jalan-jalan. Bila Anda melalukan travelling bisnis tentunya tidak akan repot sendiri karena ada orang dari perusahaan tempat Anda bekerja yang mengurus berbagai keperluan Anda. Tapi bila Anda melakukan travelling dengan biaya sendiri? Anda harus hati-hati agar terhindar dari perjalanan yang mahal dan membuat frustrasi. Beberapa tip dan trik berikut ini akan membantu Anda melakukan perjalanan dengan lebih mudah dan murah yang saya ambil dari para ahli travelling. 


1. Berteman Dengan Orang Setempat

Biasanya tujuan kita melakukan jalan-jalan / wisata ke suatu tempat adalah untuk menambah wawasan mengenai kebudayaaan daerah tsb, menikmati objek wisata, menikmati kuliner setempat dan berbelanja oleh-oleh khas daerah tsb.

Saya dulu punya teman yang lebih senang menghabiskan waktu di hotel, tidak ada yang salah sebetulnya tapi yah sayang, waktu yang seharusnya dipakai untuk mencoba sesuatu yang baru malah dihabiskan di hotel. Para ahli jalan-jalan menyarankan agar segera mungkin untuk berteman dengan orang setempat karena pada umumnya akan membuat segalanya menjadi lebih mudah. Anda dapat mengetahui tempat makan yang enak, tempat membeli oleh-oleh yang murah dsb.

Saya pernah backpackeran ke Malaysia, saat tiba di negeri Jiran tsb kemudian bingung cara menuju tempat wisata, akhirnya dengan bantuan warga sana yang kami ajak ngobrol akhirnya kami diantar ke tempat wisata dan diberi petunjuk yang jelas cara menuju penginapa dari tempat wisata tsb.

2. Jangan Bayar Biaya Pembatalan Hotel

Jika rencana Anda berubah dan Anda harus membatalkan reservasi hotel sesuai dengan kebijakan hotel maka jangan telpon hotel tsb dan melakukan pembatalan. Karena sekali Anda menghubungi hotel tsb dan melakukan pembatalan maka Anda akan dikenai biaya pembatalan. Lebih baik Anda hubungi hotel tsb dan pindahkan reservasi hotel Anda ke minggu depan. Kemudian beberapa jam kemudian Anda hubungi hotel tsb lagi dan lakukan pembatalan reservasi hotel yang baru tsb. Untuk memastikan resepsionis hotel yang Anda hubungi berbeda, lakukan telpon pertama pada pagi hari kemudia telpon kedua pada malam hari. Dan hasilnya Anda tak perlu mengeluarkan biaya untuk pembatalan hotel tsb.

3. Gunakan Poin Kartu Kredit

Banyak bank penyedia kartu kredit yang memberikan poin sebagai reward dan poin tsb dapat Anda gunakan untuk membayar tiket pesawat atau untuk biaya sewa hotel. Bila Anda pengguna kartu kredit dan belum menggunakan fasilitas poin reward tsb sebaiknya segera ganti kartu kredit Anda dengan jenis yang memberikan poin reward. 


Baca juga: 7 cara liburan murah ke luar negeri.

4. Pesan dan Pilih Tempat Duduk Dekat Jendela Atau Dekat Lorong

Bila Anda pergi bersama teman Anda, pilihlah tempat duduk dekat jendela atau dekat lorong dan jangan bersebelahan. Biasanya orang akan enggan untuk duduk di kursi tengah sehingga kemungkinan besar kursi tengah akan kosong sehingga tempat duduk Anda lebih lega dan nyaman. Pemilihan kursi yang tidak bersebelahan ini dapat Anda lakukan dengan mudah secara online bila Anda membeli tiket penerbangan secara online pula.

5. Jangan Simpan Barang Berharga di Saku

Barang berharga seperti KTP, SIM, paspor, visa sebaiknya disimpan di tempat yang aman dalam tas, jangan simpan di saku karena selain mudah jatuh juga mengundang orang lain untuk berbuat jahat terhadap Anda karena melihat saku yang tebal. Saya biasanya membawa tas barang berharga di depan agar dapat terawasi dengan mudah.

6. Buat Salinan Dokumen Penting

Membuat Salinan / fotokopi dokumen penting seperti KTP, SIM, paspor sangat baik dilakukan, bahkan tidak hanya untuk kepentingan wisata, saya biasanya membuat salinan seluruh dokumen penting seperti STNK, ijazah, sertifikat dsb. Hal ini dilakukan bila terjadi sesuatu hal misalnya hilang dsb maka proses pembuatan yang baru sebagai pengganti yang hilang tadi akan jauh lebih mudah. Anda pun dapat menyimpan salinannya dalam bentuk elektronik di hp atau melalui fasilitas internet seperti menggunakan dropbox atau google drive sehingga sangat mudah diakses kembali.

7. Gunakan Fasilitas Wi-Fi Gratis

Kadang kala kita perlu update status di facebook, telpon keluarga dsb, kita dapat memanfaatkan fasilitas wi-fi gratis yang ada di hotel atau airport. Bila Anda melakukan wisata di dalam negeri mungkin fasilitas wi-fi ini kurang begitu berguna karena Anda dengan mudah dapat menghubungi keluarga Anda. 

Tetapi bila Anda berada di luar negeri, untuk telpon dan menggunakan internet pribadi akan mengalami roaming (ada biaya tambahan) maka fasilitas wi-fi gratis ini sangatlah diperlukan. Anda dapat melakukan panggilan ke keluarga dalam negeri menggunakan skype dsb. 
Jangan pernah angkat telpon saat Anda berada di luar negeri atau tagihan telpon Anda akan membengkak. Saya pernah menerima telpon dari Jakarta saat berada di Singapura dan alhasil pulsa hp saya langsung ludes.

Itulah 7 tip agar perjalanan Anda lebih mudah, murah dan menyenangkan seperti layaknya seorang ahli. 


Selamat mencoba dan selamat melakukan perjalanan …

Reference: learni.st (Travel Hacks: Travel like an Expert)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *