Apakah Diperlukan Sepatu Khusus Untuk Berlari?

Olahraga rutin sangat penting sekali untuk kesehatan. Para ahli menganjurkan agar kita dapat berolahraga rutin sedikitnya 3 kali seminggu dan tiap kali olahraga selama minimal 20 menit. Dan lebih bagus lagi bila dilakukan langsung di bawah sinar matahari pagi, selain aliran darah lebih lancar, melatih kekuatan otot jantung, badan lebih segar dan tentunya tulang lebih kuat.
Salah satu olahraga yang mudah dan murah untuk dilakukan adalah berjalan dan berlari. Olahraga ini tidak memerlukan peralatan khusus selain sepatu. Berbeda dengan olahraga yang lain yang memerlukan biaya yang relatif lebih mahal seperti fitness dsb.

Kembali ke soal sepatu, sepatu dalam olahraga berjalan dan berlari merupakan alat yang sangat penting. Sepatu yang tepat akan memberikan kenyamanan dan menghindari cidera pada penggunanya. Dulu saya tidak memiliki sepatu khusus untuk berlari, ternyata pemakaian sepatu hanya untuk gaya-gayan menyebabkan lecet di jari kaki, hmm bukan sehat yang didapat malah sakit yang terjadi. Lalu sepatu yang bagaimana yang cocok digunakan untuk olahraga berlari?

Berikut adalah cara memilih sepatu khusus berlari yang saya ambil dari internet dan hasil tanya-tanya sama penjaga toko: 
  1. pilih sepatu khusus lari yang tidak terlalu ngepas di kaki ditandai dengan masih bisa menggerakkan jari-jari kaki 
  2. pilih sepatu yang memiliki bantalan tapi tidak terlalu tinggi dan cenderung rata
  3. pilih sepatu yang terdapat ventilasi udara di sepatu 
  4. pilih sepatu yang nyaman saat digunakan dengan cara mencoba jalan bulak-balik di toko dan tidak kaku
  5. belilah dan cobalah sepatu pada sore atau malam hari saat ukuran kaki membesar.

Faktor kenyamanan memang sangat penting tetapi selain itu faktor harga pun sangat mempengaruhi apalagi untuk pemula yang menjadikan berlari hanya sebagai hobi dan bukan sebagai profesi. Biasanya toko-toko tertentu suka mengadakan promo discount khusus atau program cuci gudang, jadi lumayan kan bila mendapat sepatu “branded” dengan harga miring … hihihi.

Tapi Anda tak usah khawatir karena di setiap toko biasanya ada staf khusus mengenai cara pemilihan sepatu ini. Jadi tunggu apa lagi? Ayo cek apakah sepatu Anda sudah nyaman untuk digunakan olahraga berlari?

Nah bila sudah nyaman jadinya makin semangat berlari kan? Hayuk ah kita berolahraga rutin. Ahli bedah di sebuah rumah sakit di New York saja menyebutkan bahwa olahraga rutin dengan total waktu 150 menit per minggu telah terbukti dapat menurunkan resiko terjadinya kanker. Mari jadikan olahraga sebagai bagian dari gaya hidup sehat kita. Untuk hidup sehat tidak mahal kok asal Anda dapat mengubah pola pikir untuk selalu hidup sehat diantaranya ya dengan berlari atau berolahraga rutin.
Salam sehat …

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *