Cara Membuat Kopi Yang Nikmat

Kopi merupakan minuman populer di Indonesia selain teh. Setiap orang bisa membuat kopi tapi belum tentu enak. Untuk menyiapkan secangkir kopi yang nikmattergantung dari beberapa faktor yaitu kualitas kopi, kualitas air, cara pembuatan dan cara meminumnya.

Kualitas Kopi

Anda dapat menggunakan kopi bubuk kemasan yang dijual di warung, minimarket hingga supermarket atau Anda dapat pula membeli biji kopi pilihan lalu digiling di tempat pembelian atau digiling di rumah bila Anda memiliki alat penggiling biji kopi sendiri.

Bila Anda membeli biji kopi sendiri, belilah biji kopi secukupnya maksimal 200 gram dan simpanlah di tempat yang kedap udara. Biji kopi mampu menyerap udara sehingga mengurangi cita rasa dari kopi itu sendiri.

Begitu pula dengan bubuk kopi, bubuk kopi harus disimpan di wadah yang kedap udara dan disimpan di ruangan sejuk tapi bukan di kulkas.

Untuk memilih kopi bubuk kemasan, karena kita sulit mencium aroma kopi, maka pilihlah kopi yang dibungkus dengan alumunium foil, atau dilapisi alufoil tsb. Alufoil diklaim lebih mampu menahan masuknya udara ke dalam kemasan dibandingkan plastik.

Bila kemasan kopi bubuk telah dibuka, sebaiknya dapat dihabiskan dalam waktu seminggu agar citarasa kopi tetap enak dan nikmat. Oleh karena itu belilah kopi sesuai kebutuhan atau dalam kemasan kecil.

Kualitas Air

Gunakan air yang bersih, bila menggunakan air kran sebaiknya disaring terlebih dahulu, atau bila Anda menggunakan air PDAM sebaiknya didiamkan minimal sehari semalam untuk mengurangi bau klorin.

Cara Pembuatan Kopi

Ada berbagai macam cara pembuatan kopi, ada yang suka kopi instan maupun kopi tubruk. Ada yang diminum langsung, ada yang disaring dulu, ada yang minum tanpa gula dan ada pula yang minum pakai gula dan susu.

Dulu mantan bos saya selalu minum kopi tubruk yang disaring, katanya rasanya lebih enak karena tidak terganggu ampas kopi dan lebih enak kopi tanpa gula karena rasa kopinya lebih terasa. 

Atau Anda pernah mencoba kopi joss yang ada di angkringan di Jogja yaitu kopi tubruk panas kemudian ditambahkan bara arang di atasnya.

Air yang tepat untuk menyeduh secangkir kopi adalah berkisar 93-95C tetapi bila di rumah tidak ada termometer maka cara praktis nya adalah dengan mendidihkan air lalu matikan api saat sudah tidak ada gelembung udara lagi. Lalu diamkan air mendidih tersebut sekitar 30 detik  agar panasnya air tsb tidak merusak rasa kopi.

Cara Meminum Kopi

Cara meminum kopi memang tergantung selera, ada yang lebih suka dingin, ada yang lebih suka ditemenin (baca: ada teman camilan untuk minum kopi hehehe). Kalau saya pribadi lebih suka diseruput panas-panas karena rasanya menjadi lebih enak dan tentunya ada teman camilannya seperti singkong rebus, tape singkong … hmmm yummy …


Ngopi yuk!

Artikel Ala Urang ini dikenal, sbb :

bagaimana cara membuat kopi telo -cara membuat bubuk kopi lebih enak dan bisa dipasarkan -cara membuat kopi singkong -pembuatan kopi singkong -perbandingan membuat kopi biji yang disaring -wadah agar kopi terasa lbh nikmat -

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *