Ini Loh Fasilitas Bis Wisata Yang Bisa Digunakan Untuk City Tour!

Salah satu tujuan para wisatawan datang ke suatu kota adalah city tour yaitu mengelilingi kota dan melihat objek wisata dalam kota tsb baik wisata kota tua, wisata belanja maupun wisata kuliner. Tapi kadangkala banyak wisatawan yang mengurungkan niatnya karena kemacetan yang luar biasa apalagi saat akhir pekan sehingga malas dan lelah untuk mengendarai kendaraan pribadai, fasilitas yang tidak memadai dari angkutan umum, ribetnya naik angkutan umum karena harus gonta-ganti kendaraan dan tidak tahunya tidak tahunya arah tujuan wisata. Untuk alasan inilah beberapa kota besar di Indonesia meluncurkan program bis wisata keliling kota untuk tetap dapat menarik wisatawan yang akan melakukan city tour dan mempromosikan objek wisata yang ada di kota tsb. 
Beberapa kota yang telah menyediakan bis wisata tsb adalah Solo, Surabaya, Bandung dan Jakarta. Bis wisata tersebut ada yang dikelola oleh pemerintah kota setempat dan ada pula yang dikelola oleh perusahaan swasta.
1. Bis Werkudara Untuk Keliling Kota Solo
Bis Werkudara adalah nama dari bis wisata yang digunakan untuk keliling kota Solo. Bis ini dioperasikan setiap akhir pekan (di hari Sabtu dan Minggu) dan hari-hari libur nasional dengan pilihan keberangkatan jam 09.00, 12.00 dan 15.00 WIB. 
Bis wisata ini sangat khas dengan warna merah yang dihiasi dengan gambar tokoh wayang terdiri dari 2 tingkat. Kompartemen bawah dilengkapi dengan AC sementara kompartemen atas atapnya dapat dibuka bila cuaca cerah. Dengan harga tiket 20 ribu saja, selama perjalanan para wisatawan akan diberikan informasi mengenai sejarah kota Solo dan objek wisata yang ada di kota Solo terutama tempat belanja dan wisata kuliner yang menarik, selain itu para wisatawan akan diminta untuk berganti tempat duduk sekali sehingga dapat merasakan sensasi wisata yang berbeda antara berada di bis bawah dan atas. 
Lama perjalanan yang diperlukan untuk city tour ini sekitar 2-2,5 jam dengan jarak tempuh 27km dengan rute: kantor Dinas Perhubungan Solo di Manahan – Jl. Slamet Riyadi – berhenti selama 10 menit di depan patung Slamet Riyadi di Gladak, lalu dilanjutkan dengan melewati jalan-jalan utama kota Solo dan berhenti di Jurug Kebun Binatang Solo selama 10 menit dan berganti tempat duduk lalu dilanjutkan melewati jalan utam kota sampai kembali ke Dishub Solo.
2. Bis SHT Untuk Keliling Kota Surabaya

Bis wisata Surabaya Heritage Track (SHT) sesuai namanya maka bis wisata ini hanya melalui objek wisata bersejerah, kota tua peninggalan jaman dulu seperti tugu pahlawan dsb. Anda dapat menggunakan fasilitas bis wisata yang dikelolah oleh “House of Sampoerna” sebuah perusahaan swasta secara gratis dengan cara memesan 1 hari sebelumnya. Waktu keberangkatan bis adalah jam 10.00, 13.00 dan jam 15.00 WIB untuk hari Selasa-Kamis sementara untuk hari Jumat – Minggu jam keberangkatan bis adalah jam 09.00, 13.00 dan 15.00 WIB.

Bis wisata ini pun sangat khas dengan warna merah menyala dan tulisan Surabaya Heritage Track (SHT) dan bentuknya lebih mirip trem yang dilengkapi dengan AC dan kaca jendela yang lebar. 


Terdapat 2 rute perjalanan yaitu tur pendek dan tur panjang dan Anda dapat memilih sendiri tur yang akan diikuti dari 2 rute perjalanan yang tersedia. Lama perjalanan tur pendek adalah sekitar 1-1,5 jam dan melalui rute HOS (House of Sampoerna) – Tugu Pahlawan – Gedung PTPN XI (Perkebunan Nasional) – HOS. Sementara lama perjalanan tur panjang adalah sekitar 1,5-2 jam dengan rute HOS – Jl. Tunjungan – Balai Kota / Taman Surya – Gedung Kesenian Jawa Timur – Gedung PTPN XI – HOS.

3. Bis Bandros Untuk Keliling Kota Bandung
Bis wisata ini dikelola oleh pemerintah kota Bandung dan juga berwarna merah. Anda dapat menikmati fasilitas gratis ini hanya dengan menunjukkan struk belanja di kota Bandung sebagai tiket masuknya.

Terdapat 4 rute perjalanan bis wisata bandros ini yaitu heritage track, history track, shopping track dan segmented track. Bila Anda ingin menikmati city tour gabungan misalnya ke tempat bersejarah dan dilanjutkan dengan belanja maka Anda dapat memilih segmented track karena rute ini disesuaikan dengan keinginan wisatawan.

4. Bis Mpok Siti Untuk Keliling Kota Jakarta

Bis wisata yang berwarna ungu kuning dan bertingkat 2 ini dikelola oleh pemerintah kota Jakarta dan baru beroperasi sekitar Jakarta Pusat. Rute perjalanan melalui halte-halte yang memasang logo city tour yaitu Museum Nasional-Pecenongan-Halte Juanda-Halte Istiqlal-Monas 1 (Jl. Medan Merdeka Utara)-Monas 2 (Jl. Medan Merdeka Barat)-Balai Kota-Sarinah-Hotel Indonesia Kempinski dan Anda bebas naik ataupun turun di seluruh halte dengan tanda “city tour”.


Bis ini memiliki daya tampung sampai 60 orang dan dilengkapi dengan AC. Seperti bis wisata lainnya, di bis ini pun terdapat pemandu wisata yang akan memberikan informasi mengenai tempat wisata yang dilewati. Kabarnya Anda dapat menikmati fasilitas gratis keliling kota dengan bis ini sampai akhir tahun ini. Untuk mengetahui informasi tentang jadwal bis dan lainnya mengenai bis wisata ini dapat dilihat di akun twitter @CityTourJakarta. 

Nah itulah 4 bis wisata yang bisa digunakan untuk city tour di Solo, Surabaya, Bandung dan Jakarta. Cobain yuk …

Selamat berlibur …

Rekomendasi Link Artikel dari Sponsor:

loading...

2 comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *