Wedang Ronde, Minuman Tradisional Yang Enak & Menghangatkan Badan

Udara malam yang dingin apalagi sedang hujan begini memang enaknya minum yang hangat-hangat. Kebetulan di tempat makan mie godog jawa dekat gang nangka Depok menyediakan jenis minuman hangat tradisional asli Indonesia yaitu wedang ronde. Wedang ronde selain enak rasanya dan dapat menghangatkan badan, minuman ini dipercaya dapat memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh kita.

Wedang ronde merupakan salah satu minuman tradisional yang berasal dari Jawa. Wedang ronde berasal dari kata wedang dan ronde, wedang dalam Bahasa Jawa artinya minuman sementara ronde merupakan bola-bola yang terbuat dari adonan khusus tepung beras ketan yang berisi kacang tanah. Jadi wedang ronde terdiri dari bola-bola ketan yang berisi kacang, kolang-kaling, potongan roti tawar, taburan kacang tanah yang telah disangrai dan seduhan air jahe. Komponen utama wedang ronde adalah wedang jahe dan ronde, selain itu hanyalah pelengkap semata.

Saat saya mencoba rondenya, rasa dari ronde sangat mirip dengan mochi, itu loh oleh-oleh khas kota Sukabumi, mungkin karena bahan dasar pembuatannya sama. Tekstur ronde yang kenyal ketika digigit, benar-benar mirip dengan tekstur mochi. Secara keseluruhan wedang ronde yang saya beli di tempat makan mie godog jawa gang nangka ini rasanya enak dan segar, manisnya pun cukup, harganya pun sangat ramah di kantong, cuma 6 ribu saja. Murah, meriah, segar dan enak …

Efek menghangatkan badan dan bermanfaat untuk kesehatan dari wedang ronde tentunya karena kandungan jahenya. Jahe sangat baik untuk mengatasi sakit tenggorokan, mual atau mabuk darat, masuk angin, sakit kepala, perut kembung dan meningkatkan stamina.


Bila Anda ingin mencoba wedang ronde, selain di tempat makan mie godog jawa gang nangka, juga dapat Anda temui dengan mudah di angkringan-angkringan yang sedang menjamur di Jakarta dan Depok. Yuk ah kita lestarikan kuliner asli Indonesia …

Selamat mencoba …

Artikel Ala Urang ini dikenal, sbb :

minuman yang menghangatkan tubuh yang berisi kacang roti tawar -

Rekomendasi Link Artikel dari Sponsor:

loading...

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *