Mendulang Rupiah Dari Merdunya Kicau Si Burung Murai

Suatu hobi bila dipelajari dan dikembangkan dengan serius ternyata dapat menjadi peluang bisnis dan menghasilkan uang yang sangat banyak. Salah satu hobi yang dapat menciptakan peluang usaha dengan omzet puluhan juta adalah mengembang-biakan burung Murai. Siapa yang tak kenal burung Murai? Burung yang makin populer di Indonesia seiring dengan seringnya diadakan kontes kicau burung. Merdunya kicau si burung Murai sangat menarik hati bagi pecinta keindahan dan para kolektor burung. Bila urusannya dengan hobi, seseorang memang sering gelap mata yang penting rasa kepuasan karena memiliki sesuatu itu terpenuhi, harga tinggi pun tidak menjadi masalah :-).
Burung Murai ini tak hanya terkenal di Indonesia tapi juga terkenal di negara tetangga yaitu negara Asia lainnya seperti Thailand, Malaysia dsb. 
Menurut seorang peternak burung Murai yang ada di Bogor dan terbilang cukup sukses menuturkan bahwa berternak burung Murai dapat dibilang susah-susah gampang. 
Burung harus dirawat sedemikian rupa untuk menghindari stress dan serangan penyakit. Pembersihan kandang yang rutin, pembersihan tempat makan dan minum yang rutin merupakan hal yang wajib dilakukan untuk mencegah serangan hama penyakit. Wadah minuman dibersihkan seminggu sekali untuk menghilangkan jamur yang tumbuh pada wadah tsb. Untuk menghindari stress pada burung Murai tsb, maka hindari kontak yang terlalu banyak dengan manusia dan hewan lainnya. Oleh karena itu selain alasan menghindari stress juga untuk keamanan maka di setiap kandang yang diberi kamera CCTV sehingga sang pemilik dapat memantau pertumbuhan burung Murai cukup dengan melihat di TV yang sudah terkoneksi dengan kamera CCTV.
Burung Murai yang sehat dapat bertelur dan menetas sebanyak 10 kali dalam setahun. Makanan yang biasa diberikan berupa jangkrik, kroto dan semut. Harga burung Murai yang berumur sekitar 1 bulan dibandrol dengan harga 3,5-10 juga per ekor, hmm .. nyam nyam yah?
Untuk membedakan burung Murai yang jantan dan betina dapat dilihat dari bentuk ekornya yiatu bulu ekor lebih panjang pada burung Murai jantan dibandingkan burung Murai betina. 
Untuk memperoleh kicauan atau siulan burung Murai yang bervariasi dan merdu maka burung Murai harus sering ikut kontes berkicau atau sering didengarkan dengan kicauan burung lain yang indah. Semakin si burung Murai ini banyak bertemu dengan temannya yang siulannya lebih bagus maka si burung akan belajar untuk menghasilkan kicauan yang bagus juga karena memang salah satu kepiawaian burung Murai adalah mampu meniru siulan-siulan burung Murai lain. Semakin banyaknya variasi kicauan burung serta terawatnya keindahan dan kesehatan burung akan menambah harga jual burung tsb. Malah ada yang harganya sampai 150 juta loh, fantastik …

Penasaran dengan merdunya kicau si burung Murai? coba saja lihat di link youtube ini.

Bagaimana tertarik untuk melirik peluang usaha burung Murai? Pelajari dulu cara berternak dan merawat burung Murai agar Anda dapat terhindar dari kerugian …

Selamat mencoba …
Referensi: Trans7 TV, photo credit: iwana2.blogspot.com

One comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *