Tips Menghadapi Musim Hujan

Bulan Nopember, bulan yang berakhiran “ber” biasanya adalah musim penghujan. Musim hujan biasanya dimulai dari bulan September sampai Pebruari. Walaupun musim hujan di tahun 2014 ini agak telat datangnya tapi tetap kita harus mempersiapkan diri menghadapi musim hujan tsb. Apalagi BMKG memperkirakan curah hujan tertinggi akan turun di bulan Januari 2015, hati-hati wabah penyakit dan bencana banjir dapat datang kapan saja.

Berikut adalah beberapa tips menghadapi musim hujan yang dapat dilakukan oleh siapa saja di lingkungan tempat kita tinggal agar dapat menghindari atau meminimalkan dampak negatif yang terjadi:

  1. Bersihkan setiap saluran air di sekitar tempat tinggal kita, jangan sampai ada sampah yang menghalangi aliran air atau angkat lumpur yang dapat mempersempit saluran air sehingga dapat menyebabkan banjir lokal. Perilaku dan kesadaran masyarakat akan pentingnya membuang sampah pada tempatnya perlu ditingkatkan. Peraturan denda bagi orang yang membuang sampah sembarangan atau ke kali sudah tersedia hanya pelaksanaannya saja yang belum konsisten. Penegakan hukum untuk pelaksanaan peraturan / undang-undang selain dapat memberikan efek jera juga dapat membangun kedisiplinan warga negeri ini yang masih jauh dari harapan. 
  2. Buat lubang-lubang biopori di pekarangan sekitar tempat tinggal. Biopori dapat meningkatkan penyerapan air hujan oleh tanah sehingga mengurangi terjadinya banjir dan memperbanyak ketersediaan air tanah untuk keperluan sehari-hari.
  3. Periksa atap rumah seperti genteng dsb. Kadang kita baru tahu bila genteng kita bocor saat hujan turun. Segera perbaiki atap yang bocor karena bila dibiarkan dapat merusak bagian rumah yang lain dan mengganggu kenyamanan penghuninya. 
  4. Periksa payung dan jas hujan apakah masih dapat digunakan. Bawalah payung atau jas hujang saat berpergian. 
  5. Tips menghadapi musim hujan berikutnya adalah dengan memeriksa kondisi kendaraan bermotor terutama bagian lampu, ban dan rem, biasanya kondisi jalanan sangat licin, gelap dan berkabut saat hujan terjadi.
  6. Jagalah kesehatan dengan cukup istirahat, makan dan olahraga yang cukup. Biasanya saat musim hujan kita sering diserang wabah flu. Baca: cara mencegah sakit flu secara alami.
  7. Persiapkan lilin atau lampu emergency jika tidak memiliki genset, kadang saat musim hujan sering terjadi mati lampu atau pemadaman listrik.
  8. Hindari berteduh dan memarkir kendaraan di bawah pohon besar karena ditakutkan akan tumbang. Baca juga: Hati-hati hujan petir.
  9. Update atau ikuti berita mengenai keadaan kota atau desa dan kondisi cuaca dari siaran radio.
Itulah 9 tips menghadapi musim hujan. Selamat mencoba …

Photo credit: flickr.com

Artikel Ala Urang ini dikenal, sbb :

menghadapi musim hujan -tips menghadapi musim hujan -

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *