Apa Resolusi Tahun Baru Anda?

Tahun 2015 sudah di depan mata. Sudah kah Anda menyiapkan resolusi tahun baru 2015? Apa resolusi yang Anda ambil bukan hanya sekedar memberikan jawaban pertanyaan yang biasanya banyak ditanyakan di sekolah, kampus atau di tempat kerja. Tetapi lebih kepada diri sendiri, sejauh mana Anda akan melakukan perubahan.

Baca juga: Kata Ucapan Selamat Tahun Baru dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris

Resolusi tahun baru adalah sebuah istilah untuk menyatakan komitmen seseorang dalam melakukan perubahan dan mencapai target-target tertentu dengan menggunakan tahun baru sebagai momennya.

Ada 3 jenis resolusi yang dapat Anda gunakan sebagai pedoman dalam membuat resolusi Anda sendiri yaitu: 

1. Pencapaian 

Apa yang ingin Anda capat di tahun baru, misalnya Anda ingin menikah, ingin memiliki rumah, ingin memiliki mobil, ingin menjadi manager dsb.

2. Kebiasaan Baru

Yaitu Anda ingin memiliki kebiasaan baru yang lebih baik, lebih sehat dan terlepas dari kebiasaan lama yang kurang baik. Misalnya Anda ingin memiliki kebiasaan selalu tersenyum dan menyapa orang yang berpapasan, rutin berolahraga, berhenti dari kebiasaan merokok atau memakan junk food.

3. Melakukan Tindakan Tertentu

Melakukan tindakan tertentu hanya dilakukan sekali saja dan tidak berulang kali sehingga bukan bagian dari kebiasaan. Misalnya di tahun 2015 Anda ingin berlibur ke Raja Ampat atau tempat tertentu lainnya.

contoh resolusi tahun baru, cara membuat resolusi tahun baru, apakah itu resolusi tahun baru
Ilustrasi: Perayaan Tahun Baru

Bila Anda masih bingung dengan resolusi tahun baru Anda pribadi, Anda dapat melihat 5 contoh resolusi tahun baru yang populer di dunia seperti:

1. Rajin membaca buku, misalnya akan membaca minimun 1 buku setiap minggunya.

2. Rajin menabung, misalnya akan menabung sebanyak 10% dari total penghasilan Anda atau akan memasukkan ke tabungan bila Anda mempunyai uang kertas 10 ribuan, dsb,

3. Menurunkan berat badan, misalnya akan turun 10 kg di tahun 2015.

4. Bersedekah, misalnya setiap hari akan menyedekahkan 1000 rupiah ke kotak amal di masjid, panti asuhan dsb.

5. Mengurangi nonton televisi, misalnya yang awalnya menonton 8 jam sehari menjadi 2 jam sehari.

Tak hanya menentukan apa yang akan menjadi resolusi Anda, yang lebih penting adalah tindakan yang harus dilakukan agar diperoleh hasil sesuai yang Anda cita-citakan. Namun kenyataannya melakukan tak semudah menuliskannya.

Berikut adalah tips membuat resolusi tahun baru agar mudah mencapainya:

1. Tuliskan dalam daftar apa yang menjadi resolusi Anda secara jelas, apa yang ingin dicapai dan kapan Anda ingin mencapainya. Tuliskan pula rencana Anda untuk mencapainya dan apa yang diperlukan untuk mencapai tersebut.

2. Buatlah resolusi yang sesuai dengan kemampuan dan kemungkinan tercapainya resolusi tsb. Jangan muluk-muluk dalam membuat resolusi. Bila gaji Anda sebulan 4 juta janganlah Anda membuat resolusi untuk menabung 4 juta sebulan.

3. Bertidaklah dan lakukan apa yang telah direncanakan.

4. Lakukanlah evaluasi terhadap apa yang telah Anda lakukan, misalkan setiap 3 bulan sekali atau 6 bulan sekali. Bila ada yang tertinggal, cobalah mengejar ketinggalan tsb.

5. Berdoalah agar semuanya dimudahkan dan dilancarkan.

Itulah contoh resolusi dan cara membuat resolusi tahun baru agar mudah untuk mencapainya. Jadi sudah tidak bingung lagi kan? Selamat mencoba …

Artikel Ala Urang ini dikenal, sbb :

contoh resolusi -contoh resolusi tahun baru -contoh resolusi pribadi -contoh resolusi 2016 -resolusi tahun depan dalam bahasa inggris -contoh resolusi tahun depan -contoh resolusi seseorang -contoh resolusi dalam bahasa inggris -Contoh Resolusi 2016 pribadi -contoh resolusi 2014 -

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *