Aplikasi Hukum Newton Dalam Kehidupan Sehari Hari

Anda masih ingat hukum Newton? Buat yang lupa hukum apa itu sebaiknya Anda flash back ke jaman SMA dulu saat Anda mulai mempelajari pelajaran Fisika. Newton memang merupakan seorang ilmuwan terkenal dan salah satu penemuan Newton yang terkenal adalah hukum Newton 1, 2 dan 3. Siapa sangka, hukum Newton ini dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari walaupun kita bukan yang berkecimpung di dunia fisika. Mau tahu apa saja?

Hukum 1 Newton: Hukum Tentang Kelembaman Massa

Hukum pertama Newton menyebutkan bahwa “Benda yang bergerak lurus beraturan akan tetap bergerak lurus beraturan dan benda yang diam akan tetap diam selama tidak ada gaya dari luar dan dalam acuan kerangka yang sama”. Artinya sesuatu yang terus bergerak akan dapat bergerak terus sementara sesuatu yang diam akan terus diam selama tidak ada usaha untuk mengubahnya. Bagi Anda yang muslim mungkin pernah membaca atau mendengar bahwa keadaan suatu kaum tidak akan berubah selama kaum tsb tidak berusaha untuk mengubahnya. Iya betul sesuatu itu tidaklah instan dan perlu usaha. Bila tidak ada usaha jangan harap akan ada perubahan pada hidup kita. 
aplikasi hukum newton dalam kehidupan sehari-hari, arti hukum newton dalam kehidupan

Orang yang terbiasa beraktivitas akan senang sekali beraktivitas sementara orang yang malas dan hanya diam maka selamanya akan terdiam. Kelembaman artinya suatu sifat yang terjadi karena terus menerus melakukan sesuatu sehingga menjadi kebiasaan. Sementara suatu kemampuan / kompetensi lahir karena kebiasaan. Alah bisa karena terbiasa.

Hukum 2 Newton: Hukum Tentang Percepatan

Hukum 2 Newton berbunyi “benda yang mempunyai massa dan mengalami percepatan akan memberikan gaya yang sebanding dengan massa dan percepatannya”. Anggap saja massa adalah niat dan usaha sementar percepatan adalah dukungan dari keluarga atau orang sekitar maka hukum 2 Newton ini memiliki arti bahwa sesorang yang memiliki niat dan sudah berusaha dan mendapatkan dukungan dari orang sekitar sehingga dapat bergerak lebih cepat maka dia akan mendapatkan hasil atau pencapaian yang sesuai dengan niat dan usahanya termasuk dukungan yang diperolehnya.

Bila Anda ingin meraih kesuksesan akan suatu hal maka Anda harus memiliki niat, usaha dan dukungan terutama dari pasangan dan keluarga.

Hukum 3 Newton: Hukum Tentang Aksi Reaksi Atau Sebab Akibat

Hukum ketiga Newton berbunyi “setiap gaya yang diberikan pada benda (gaya aksi) maka benda akan memberikan gaya yang sama besar namun arahnya berlawanan (gaya reaksi). Tidak ada akibat tanpa ada sebab. Bila Anda ingin mendapatkan perlakuan yang adil dan baik dari orang sekitar maka Anda pun harus memperlakukan orang lain dengan adil dan baik. Jika Anda merasakan banyak tekanan akhir-akhir ini mungkin karena Anda kebanyakan gaya hehehe … Pada akhirnya semua yang dilakukan di dunia ini akan mendapatkan balasan di akhirat nanti.

Itulah hukum Newton dalam ilmu fisika yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. 
photo credit: flickr.com

Artikel Ala Urang ini dikenal, sbb :

aplikasi hukum newton dalam kehidupan sehari hari -aplikasi hukum newton 2 di hidup -langkah langkah aplikasi hukum newton -aplikasi hukum newton 1 -aplikasi hukum newton 1 bagi keluarga -aplikasi hukun newton pada lingkungan sehari hari -

Rekomendasi Link Artikel dari Sponsor:

loading...

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *