Peraturan Itu Bukan Untuk Dilanggar Cuy!

Dalam kehidupan sehari-hari terkadang orang tidak memperhatikan lagi apa yang benar dan apa yang salah, yang penting tujuan tercapai adalah prioritas pada sebagian banyak orang. Makanya tak heran bila kasus suap menyuap sudah menjadi pilihan bagi sebagian orang untuk memuluskan tujuannya dengan cara instan.

Begitu pula dengan para pengguna jalan saat pagi-pagi begini, saat hampir semua orang terburu-buru untuk mencapai tempat tujuannya. Karena jalanan macet ada yang mengambil jalan pintas menggunakan bahu jalan di jalan tol atau menerobos jalan busway. Tak hanya d ibukota, pelanggaran peraturan lalu lintas sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari perilaku para pengendara baik di ibukota maupun di kota-kota kecil lainnya. Bahkan pelanggaran yang terjadi juga dilakukan oleh aparat pemerintah yang seharusnya menjadi contoh masyarakat.


Seringkali orang merasa bahwa suatu peraturan sangat memberatkan, iya sih wajar tapi menurut saya pribadi itu karena kita belum mencoba dan belum terbiasa saja. Suatu peraturan dibuat tentunya sudah melalui proses pemikiran yang panjang dari para pemimpin kita dan sudah mempertimbangkan baik dan buruknya.

Pelaksanaan peraturan memang agak sulit untuk masyarakat kita tanpa ada penegakan hukum yang kuat. Hukuman dapat memberikan efek jera pada pelanggar peraturan.
Untuk memastikan bahwa suatu peraturan dapat ditaati oleh masyarakat harus melalui beberapa tahap tetapi yang paling penting adalah sosialisasi peraturan, sosialisasi hukuman bila peraturan dilanggar, penegakan hukum dan pengawasan di lapangan.

Salah satu contoh pengawasan di lapangan adalah razia kendaraan bermotor yang sedang giat dilakukan oleh kepolisian. Operasi zebra yang akan dilakukan sampai akhir Desember tahun ini selain untuk menertibkan para pengendara bermotor menjelang libur akhir tahun juga untuk mengurai kemacetan. Semoga dengan razia seperti ini dapat meningkatkan disiplin masyarakat untuk tetap tertib berkendara.

Peraturan itu tujuannya baik, tidak hanya baik untuk diri sendiri namun baik untuk orang lain juga. Pelanggaran suatu peraturan akan memberikan efek domino. Bila Anda melanggar peraturan lalu lintas dan maaf amit-amit terjadi kecelakaan yang menyebabkan Anda dan penggguna jalan terluka maka yang akan merasakan dampak pelanggaran tsb bukan hanya Anda tapi orang lain yang terkena kecelakaan, pengguna jalan lain karena kemacetan, keluarga Anda harus merasakan kesedihan dll. Dengan tertib berkendara kita dapat menyelamatkan nyawa kita dan nyawa orang lain.

Yuk ah mulai dari sekarang kita disiplin pada diri sendiri, taat pada peraturan dan tertib berkendara. Tertib dan Damai itu indah Sob …

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *