Yuk Hindari Bencana Kebakaran Sekarang Juga

Kebakaran lagi kebakaran lagi .. baru saja terjadi kebaran di salah satu mall legendaris di Bandung, Bandung Indah Plaza atau yang lebih dikenal dengan BIP. Sangat disayangkan memang .. Yah walaupun sekarang musim hujan tetapi ternyata bencana kebakaran masih saja bisa terjadi karena penyebab kebakaran beraneka ragam. Kebakaran adalah bencana yang dapat mengancam jiwa dan harta benda kita untuk itu kita harus selalu waspada akan kemungkinan terjadinya kebakaran ini.

penyebab kebakaran BIP, cara menghindari kebakaran, cara mencegah kebakaran, yang harus dilakukan saat kebakaran

Penyebab Terjadinya Kebakaran

Berikut ini adalah beberapa hal yang umumnya menyebabkan kebakaran di rumah atau gedung lainnya:
1. Kebocoran gas atau kompor mleduk
2. Korsleting listrik
3. Lilin, obat nyamuk atau alat lainnya yang dinyalakan menggunakan api kemudian jatuh ke bahan-bahan yang mudah terbakar.
4. Unsur kesengajaan misalnya karena ada orang-orang yang ingin mengambil keuntungan di kondisi-kondisi tertentu.

Cara Menghindari Kebakaran

Berdasarkan penyebab kebakaran di rumah atau gedung lainnya maka berikut adalah cara menghindari kebakaran di rumah Anda:

1. Lakukan pemeriksaan kondisi tabung gas pada saat pemasangan. Tabung gas biasanya dilengkapi dengan indikator bau untuk memudahkan identifikasi saat terjadi kebocoran. Bila Anda mencium bau gas bocor segera matikan semua peralatan listrik yang menyala dan jangan pernah menyalakan api. Umumnya kebocoran gas terjadi pada daerah sambungan antara tabung gas dengan selang. Bila iya, segera tutup rapat sambungan tsb. Bila kebocoran berasal dari selang maka gantilah selang tsb dengan selang baru yang bersertifikat SNI. Bila kebocoran berasal dari tabung gas maka bawalah segera tabung gas yang bocor tadi ke luar ruangan dengan udara terbuka untuk mengencerkan kadar gas sehingga menurunkan potensi ledakan.

2. Lakukan selalu pemeriksaan kondisi sambungan listrik di rumah Anda. Anda dapat meminta bantuan teknisi PLN untuk melakukan pemeriksaan saluran listrik di rumah Anda apalagi bila saluran dan sambungan listrik tsb sudah berumur cukup tua. Instalasi listrik dan peralatan listrik yang sudah tua dan tidak berkualitas akan mudah sekali menyebabkan arus pendek / korslet. Tutuplah atau ganti semua kabel listrik yang terbuka misalnya karena digigit tikus atau terkelupas karena panas dan usia.

3. Jangan pernah meninggalkan rumah dengan kondisi kompor gas menyala dan peralatan listrik menyala secara penuh atau secara terus menerus.

4. Jangan menggunakan listrik secara berlebihan pada satu titik instalasi karena dapat menyebabkan panas. Misalnya menyalakan TV, kulkas, cas HP pada satu steker.

5. Jangan menambah daya listrik tanpa dilakukan oleh pihak yang berwenang dan tanpa mengganti kabel, saklar, steker yang sesuai dengan dayanya.

6. Jangan meletakkan lilin atau obat nyamuk yang menyala di tempat-tempat yang mudah terbakar. Letakkan alat tsb di lantai yang jauh dengan benda-benda mudah terbakar. Janganlah buang puntung rokok di tempat sembarangan yang dapat memicu kebakaran.

7. Janganlah menyimpan bahan-bahan yang mudah terbakar di rumah, misalnya menyimpan bensin atau bahan lainnya.

8. Sediakan APAR atau alat pemadam dini bila terjadi kebakaran. Periksa juga kondisi APAR secara berkala apakah masih dapat digunakan dengan baik atau tidak.

9. Sering-seringlah berdoa untuk meminta perlindungan kepada Yang Maha Kuasa dari niat jahat orang-orang terhadap Anda dan selalu berbuat baiklah pada sesama.

Apa Yang Harus Dilakukan Bila Terjadi Kebakaran?

Siapapun tidak mau mengalami musibah kebakaran ini, tetapi bila hal ini terjadi pada Anda maka berikut ini beberapa hal yang dapat dilakukan agar bencana kebakaran tsb dapat dikurangi dan segera dapat ditanggulangi:

1. Jangan panik! Berusahalah untuk tenang sehingga Anda dapat berpikir langkah apa yang harus dilakukan.
2. Segera matikan sumber api menggunakan APAR / alat pemadam dini dan matikan sekering listrik.
3. Segera hubungi Dinas Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran di dekat rumah Anda atau hubungi 113 dari telpon rumah Anda dengan menginformasikan alamat yang sejelas-jelasnya.
4. Segera selamatkan anggota keluarga Anda, dokumen penting dan barang berharga lainnya ke luar rumah.
5. Segera keluarkan kendaraan Anda dan letakkan jauh dari sumber kebakaran.

Dengan penjelasan penyebab kebakaran, cara mencegah terjadinya kebakaran dan hal-hal yang harus dilakukan saat terjadi kebakaran. Yuk kita jaga jiwa dan harta benda kita dengan waspada pada bencana kebakaran sekarang juga, mulai dari diri Anda sendir, rumah Anda sendiri.

Artikel Ala Urang ini dikenal, sbb :

tempat makan romantis di cibubur -kebakaransekarang -bahaya menyalakan kompor gas saat hujan petir -cara untuk menanggulangi bahaya kebakaran akibat kompor meleduk adalah dengan -

Rekomendasi Link Artikel dari Sponsor:

loading...

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *