Ciri-Ciri Teknologi Masa Depan Yang Dapat Diandalkan

Berbicara mengenai teknologi masa depan memang tidak akan ada habisnya karena jaman selalu berubah dan selalu terdapat inovasi-inovasi baru di dalamnya. Teknologi masa depan yang kita bicarakan sekarang ini belum tentu sama atau bahkan sangat jauh berbeda bila dibicarkan pada 10 atau 50 tahun yang akan datang. Tentunya semua orang menginginkan teknologi masa depan yang dapat diandalkan baik untuk jaman sekarang maupun masa-masa yang akan datang. Sehingga hasil penelitian untuk kemajuan teknologi tsb sangat sepadan atau melebihi dari usaha dan biaya yang telah dikeluarkan yang ujung-ujungnya untuk ke-mashalahat-an umat manusia dan lingkungannya.

teknologi masa depan yang dapat diandalkan, ketentuan teknologi masa depan, teknologi masa depan yang canggih

Walaupun selalu ada perubahan dari hasil teknologi tsb, namun ada satu benang merah yang menyatukan antara masing-masing teknologi masa depan tersebut yaitu kesamaan dari ciri-cirinya.

Ciri-Ciri Teknologi Masa Depan Yang Dapat Diandalkan

Berikut ini adalah ciri-ciri teknologi masa depan yang dapat diandalkan yaitu:

1. Ramah Lingkungan

Manfaat dari hasil teknologi tak hanya untuk kemakmuran umat manusia tetapi pula untuk semua makhluk hidup yang ada di bumi ini. Teknologi masa depan yang ramah lingkungan justru akan memberikan keseimbangan dan harmoni bagi manusia dan mahkluk hidup lainnya di bumi ini. Tak perlu dipungkiri, untuk melanjutkan kehidupannya, manusia sangat memerlukan bantuan dari makhluk lain dan alamnya. Udara yang bersih, air yang bersih, tumbuhan dan hewan merupakan satu kelompok yang tak bisa dipisahkan.

2. Hemat Energi dan Murah

Ketersediaan stok energi alam semakin lama semakin menipis yang menyebabkan harga energi semakin mahal terutama BBM. Oleh karena itu penting sekali menciptakan teknologi masa depan yang selalu hemat energi untuk menjaga stock energi alam agar tetap dapat dinikmati oleh anak cucu kita. Selain itu hemat energi berarti hemat biaya.

Baca Juga: Cara Menyiasati Kenaikan BBM

3. Tahan Lama

Sebuah teknologi masa depan yang dapat diandalkan itu harus tahan lama, dalam artian awet dan dapat digunakan dalam berbagai generasi tanpa harus ketinggalan dari segi fungsinya. Sebuah hasil teknologi yang hanya dapat digunakan dalam 1 kurun waktu yang singkat hanya menguras tenaga dan biaya baik dari penciptanya maupun penggunanya.

4. Canggih

Teknologi masa depan yang canggih artinya hasil teknologi ini belum ada di masa sebelumnya. Meskipun ada yang mirip tetapi teknologi masa depan canggih dapat menyempurnakan hasil teknologi sebelumnya.

5. Mudah Digunakan

Hasil penciptaan suatu karya tentunya ingin dapat berguna. Begitu pula dengan teknologi masa depan, hasil teknologi masa depan yang dapat diandalkan harus mudah digunakan / “user friendly”, tidak menyusahkan / menyulitkan, tidak menggunakan bahasa tingkat tinggi.

6. Berguna Untuk Orang Banyak

Ini jelas, apalah artinya sebuah teknologi masa depan yang canggih bila tidak dapat berguna bagi orang banyak?

7. Dapat Didaur Ulang

Hasil teknologi masa depan yang dapat diandalkan adalah dapat didaur ulang / recycle atau dapat digunakan kembali / reuse sehingga hasil teknologi tsb tidak akan membuat masalah baru seperti penumpukan sampah dan lain sebagaianya.

Itulah 7 ciri-ciri teknologi masa depan yang dapat diandalkan. Semoga kita semua dapat senantiasa menggunakan kreativitasnya dalam menciptakan inovasi-inovasi yang sangat berguna terutama untuk masyarakat Indonesia.

photo credit: common.wikipedia.org

Artikel Ala Urang ini dikenal, sbb :

ciri ciri teknologi -ciri ciri teknologi masa depan -ciri ciri energi masa depan -teknologi masa depan ciri -ciri2 tekhnologi masa depan -ciri-ciri teknologi masa depan -Ciri-ciri tablet masa depan -ciri teknologi sepadan -ciri ciri teknologi yang baik -ciri ciri teknologi baru -

One comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *