3 Tips Aman Kredit Mobil

Kehidupan bersosial di tengah masyarakat seringkali membuat orang ingin ikut-ikutan tampil kaya atau bergaya hidup mewah, terutama bila Anda tinggal di kota besar. Sudah menjadi rahasia umum, orang kaya akan lebih dihargai dan merasa dihargai oleh masyarakat sekitar. Salah satu faktor yang menjadi ukuran kekayaan adalah kepemilikan mobil. Selain itu, kepemilikan mobil mampu memenuhi kebutuhan transportasi yang aman dan nyaman untuk seluruh anggota keluarga Anda. Kebutuhan tsb mendorong para perusahan jasa kredit mobil menyediakan solusi kepemilikan mobil bagia Anda yang mampu membelinya secara tunai / cash. Namun bagaimana cara aman kredit mobil agar tidak mengganggu kehidupan finansial Anda?

cara aman kredit mobil, cara aman membeli mobi secara kredit
photo credit: flickr.com

Tips Aman Kredit Mobil

Kemudahan kredit mobil dengan berbagai DP (down payment), besarnya angsuran dan lamanya cicilan yang disesuaikan dengan kondisi kantong pembeli pada awal pembelian seringkali membuat pembeli menutup mata akan hal-hal yang akan terjadi setelah proses kredit mobil selesai.
Berikut adalah 3 tips dan hal-hal yang harus Anda pikirkan / ketahui sebelum melakukan kredit mobil, baik itu membeli mobil baru atau membeli mobil bekas.

Tips Aman Kredit Mobil #1: Apa Tujuan Anda Memiliki Mobil?

Tujuan Anda memiliki mobil sebaiknya bukan untuk tujuan gengsi atau gaya hidup semata. Bila memang memiliki mobil adalah kebutuhan untuk sarana bertransportasi yang aman maka belilah mobil dengan harga yang sesuai di kantong Anda. Mungkin mobil keluarga dapat menjadi pilihan Anda dibandingkan mobil sport yang harganya selangit.

Tips Aman Kredit Mobil #2: Pertimbangkan Biaya Operasional

Sebelum memutuskan membeli mobil secara kredit. Pertimbangkan dulu semua biaya operasional yang akan Anda hadapi selain membayar angsuran kredit saja. Misalnya biaya utnuk membeli bensin kendaraan, biaya perawatan, biaya perbaikan, pajak kendaraan dll. 

Tips Aman Kredit Mobil #3: Cermat Memilih Jenis Mobil dan Penyedia Jasa Kredit Mobil

Dalam memilih jenis mobil sebaiknya Anda meminta pendapat orang lain yang telah berpengalaman menggunakan mobil tsb mengenai kelebihan dan kekurangan mobil tsb, misalnya apakah mobil tsb boros bahan bakar, mudah rusak, dsb. Selain itu pendapat orang lain juga sangat diperlukan untuk memilihi perusahaan jasa kredit mobil yang aman dan berkualitas.
Selain menggunakan pendapat orang lain / testimoni, Anda pun dapat membandingkan 3-5 perusahaan jasa kredit yang paling banyak digunakan lalu pilihlah yang memberikan kelebihan terbanyak misalnya bunga yang paling rendah. Banyaknya bank / perusahaan yang menyediakan paket kredit mobil dengan sistem menggiurkan janganlah membuat Anda kurang hati-hati dalam menentukan pilihan. Penting sekali Anda membaca setiap poin kontrak kerjasama dengan jasa kredit mobil secara seksama sebelum ditandatangani untuk menghindari munculnya biaya-biaya tidak terduga.
Dengan 3 tips aman kredit mobil di atas, diharapkan Anda dapat lebih nyaman memiliki mobil secara kredit tanpa harus membebani kantong Anda terlalu berat. Saat proses kredit mobil telah disetujui, Anda harus bijak menggunakan anggaran keluarga Anda dengan memprioritaskan membayar angsuran kredit mobil dan angsuran hutang lainnya (bila ada). Prioritas ini dilakukan agar Anda tidak terkena biaya denda atas tunggakan tsb. Lakukan juga penghematan lainnya yang dianggap perlu misalnya mengurangi penggunaan mobil pribadi dsb agar Anda masih dapat menabung yang dapat digunakan untuk kebutuhan tak terduga lainnya.

Artikel Ala Urang ini dikenal, sbb :

pilihankreditmobilterbanyak -

Rekomendasi Link Artikel dari Sponsor:

loading...

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *