5 Ide Peluang Usaha Bisnis Musim Mudik Lebaran

Tak terasa sebentar lagi akan memasuki bulan puasa bagi umat muslim yang melaksanakannya. Dan pada akhir bulan puasa biasanya diikuti dengan tradis mudik lebaran yaitu kembali ke kampung halaman di mana terdapat keluarga atau sanak saudara di sana. Tak hanya meningkatkan silaturahmi / persaudaraan, mudik lebaran pun membuka peluang usaha bisnis musim mudik lebaran.

Ide Peluang Usaha Bisnis Musim Mudik Lebaran

Bila Anda jeli menangkap peluang usaha bisnis musim mudik lebaran, maka Anda pun dapat meraih keuntungan dari bisnis musiman ini. Bila Anda belum punya ide peluang usaha atau masih bingung menentukan bisnis musim mudik lebaran mana yang harus dipilih? Berikut saya berikan beberapa informasi ide peluang usaha bisnis musim mudik lebaran.

ide peluang usaha bisnis musim mudik lebaran

1. Peluang Usaha Bisnis Rental Mobil Mudik Lebaran

Bisnis ini sangat potensial, bahkan tak jarang para pelaku bisnis transportasi sengaja menambah armadanya untuk memenuhi kebutuhan pasar dan meningkatkan penghasilan bisnisnya. Walaupun demikian, peluang usaha bisnis rental mobil untuk mudik lebaran ini masih terbuka lebar. Banyaknya layanan transportasi yang kurang memuaskan menjadi celah buat Anda untuk ikut bagian dalam bisnis ini. Tentu saja Anda harus dapat memberikan layanan yang lebih berkualitas dibandingkan yang ditawarkan oleh pesaing Anda.

Pontensi bisnis rental mudik lebaran memang menggiurkan karena penyewa tak hanya menyewa mobil dalam 1-2 hari saja namun bisa sampai mingguan. Tergantung jenis mobil yang digunakan, harga sewa mobil berkisar 500 ribu sampai 5 jutaan rupiah per hari dan terus meningkat semakin mendekatnya dengan hari H.

Namun bisnis mudik lebaran yang satu ini memerlukan modal yang tak sedikit, sebagai alternatif, Anda dapat berkerja sama dengan teman Anda atau keluarga untuk patungan modal atau menggunakan kendaraan pribadi yang tidak terpakai.

2. Peluang Usaha Bisnis Jasa Sewa Sopir untuk Mudik Lebaran

Biasanya bisnis ini sudah disediakan sepaket dengan bisnis rental mobil. Namun kadangkala ada orang yang hanya memerlukan sopir saja untuk perjalanan jauh. Dalam perjalanan jauh, pemudik seringkali merasa lelah sehingga bisnis ini masih berpotensi besar. Bila Anda terbatasi dengan modal untuk mengambil peluang usahan bisnis rental mobil, maka taka da salahnya bila Anda membuka bisnis jasa sewa sopir. Tentu saja tidak harus Anda sendiri yang menjadi sopir, Anda dapat mencari beberapa sopir yang mau bekerja sama dengan Anda lalu Anda carikan konsumennya.

3. Peluang Usaha Bisnis Jasa Penitipan Hewan Peliharaan

Para pemilik binatang biasanya akan kebingungan bila harus meninggalkan hewan peliharaannya di rumah sementara membawanya juga tidak memungkinkan. Anda dapat membuka jasa penitipan dan perawatan hewan peliharaan untuk menangkap peluang usaha bisnis musim mudik lebaran ini. Anda dapat mencari karyawan yang betul-betul menguasai tata cara perawatan hewan.

4. Peluang Usaha Bisnis Jasa Penitipan Kendaraan

Banyak yang merasa khawatir bila kendaraan miliknya ditinggalkan di rumah selama mudik lebaran. Banyaknya pencurian kendaraan bermotor terutama di kota besar membuat para pemilik kendaraan harus menitipkan kendaraan tsb selama ditinggalkan. Anda dapat menangkap peluang usaha bisnis musim mudik lebaran ini dengan membuka jasa penitipan kendaraan. Anda dapat memanfaatkan garasi rumah Anda atau lahan yang tak terpakai sebagai tempat parkir kendaraan.

5. Peluang Usaha Bisnis Jasa Tempat Istirahat

Perjalanan yang jauh dan seringkali macet saat mudik lebaran membuat waktu yang diperlukan untuk menempuh perjalanan jauh lebih lama dibandingkan keadaan normal. Para pemudikpun memerlukan tempat beristirahat. Bila Anda memiliki rumah di pinggir jalan raya, peluang usaha bisnis jasa tempat istirahat selama mudik lebaran dapat Anda pilih. Walaupun tak jarang dari mereka yang beristirahat di SPBU namun bagi pemudik yang membawa anak kecil dan mengutamakan kenyamanan biasanya akan mencari tempat istirahat yang lebih nyaman.

Untuk lebih menarik pengunjung, Anda dapat menyediakan aneka kebutuhan pemudik, seperti makanan, minuman, toilet, dan hal lain yang berkaitan dengan kendaraan misalnya isi angin ban, dsb.

Itulah 5 ide peluang usaha bisnis musim mudik lebaran yang dapat Anda pilih. Sengaja informasi ini saya ulas di jauh-jauh hari agar Anda masih memiliki cukup waktu untuk persiapan yang perlu dilakukan. Apapun bisnis musim mudik lebaran yang Anda pilih teruslah ingat untuk selalu menjaga kepercayaan konsumen untuk kelangsungan bisnis Anda.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *