5 Tips Aman Membeli Batu Akik Asli

Bisnis batu akik memang sedang maraknya di Indonesia, hampir di setiap depan gang ada yang berjualan batu akik. Banyaknya penjual batu akik yang bermunculan karena masih tingginya permintaan masyarakat akan batu mulia ini. Namun sebagai pembeli Anda harus jeli dalam membeli batu akik yang asli. Jangan sampai karena Anda kurang paham malah tertipu dengan batu akik abal-abal berharga tinggi. Di luar sana banyak sekali para oknum penjual yang berusaha menipu orang awam hanya demi kepentingan pribadi semata. Penipuan ini dapat juga terjadi karena memang penjualnya sendiri pun kurang memahami seluk beluk batu akik.
Agar Anda tidak tertipu, kali ini AlaUrang.com akan menginformasikan beberapa tips aman membeli batu akik asli.
cara membeli batu akik agar terhindar dari penipuan
photo credit: common.wikipedia.org

Tips Aman Membeli Batu Akik Asli Agar Terhindar Dari Penipuan

1. Perhatikan Ciri-Ciri Batu Akik Asli

Carilah informasi sebanyak-banyak mengenai ciri-ciri batu akik asli dan pelajari dengan seksama agar dapat membedakan mana batu akik asli dan mana yang abal-abal sebelum Anda memutuskan untuk membeli batu akik asli. Setiap jenis batu akik memilki ciri khas tersendiri bila dibandingkan yang lainnya.

2. Perhatikan Warna dan Kejernihan Batu Akik Saat Membeli Batu Akik

Warna batu akik sangat mempengaruhi kualitas batu akik itu sendiri. Semakin bagus, unik dan menarik warna batu akik maka semakin tinggi juga nilainya. Salah satu tips agar Anda dapat terhindar dari penipuan saat membeli batu akik adalah dengan memperhatikan kedalaman warnanya. Semakin tajam, kuat dan padat warna batu akik memberikan nilai yang tersendiri.

Batu akik yang bagus akan memiliki tingkat kecerahan / kejernihan yang tinggi. Tekstur warna yang dan dapat tembus cahaya merupakan salah satu ciri batu akik yang bagus dan bernilai tinggi. Namun bila batu akik tsb memiliki kejernihan 100% justru Anda harus mencurigai keaslian batu akik tsb karena memang sangat alamiah bila batu akik tsb memiliki beberapa titik pola alami yang tidak jernih. Sangat sulit mendapatkan batu akik tanpa cacat sama sekali karena ada proses alam di dalamnya.

3. Perhatikan Potongan Batu Akik

Pola pemotongan batu akik yang tepat akan meningkatkan nilai estetikanya. Untuk itu agar Anda tertipu saat membeli batu akik sebaiknya pahami teknik pemotongan batu akik yang digunakan penjual. Misalnya bila Anda ingin membeli batu akik bacan maka pilihlah yang menggunakan pola pemotongan oval cabochon, dll.

4. Perhatikan Volume atau Berat Batu Akik

Beberapa jenis batu akik memiliki berat / volume yang lebih bila dibandingkan batu akik jenis lainnya. Misalnya batu akik bacan memiliki kecenderungan lebih berat karena mengandung material ferium.

Mengenal berat / volume batu akik sebelum membeli batu akik dapat menghindarkan Anda dari penipuan.

5. Periksa Sertifikatnya Sebelum Membeli Batu Akik

Tidak berbeda dengan batu mulia lainnya, batu akik yang memiliki harga tinggi pasti juga memiliki sertifikat untuk menjamin keasliannya. Sertifikat batu akik biasanya terdiri dari nomor seri / nomor identitas batu, nama, warna, berat, dimensi batu, dan dilengkapi dengan stempel resmi perusahaan / pembuat batu tsb.

Itulah 5 tips aman membeli batu akik asli yang dapat Anda coba agar terhindar dari segala upaya penipuan para oknum penjual. Bila Anda belum memiliki pengetahuan seperti yang disebutkan di atas, alangkah baiknya bila Anda mengajak teman, keluarga atau saudara yang dapat dipercaya dan memiliki kemampuan sebagai ahli atau dapat menentukan nilai batu akik untuk menemani Anda saat membeli batu akik.

Rekomendasi Link Artikel dari Sponsor:

loading...

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *