Ingin Tahu Hal Unik Selama Bulan Puasa?

Bulan puasa adalah bulan yang penuh dengan suasana sakral. Tak hanya kewajiban melakukan ibadah puasa dan kegiatan ibadah lainnya, namun selain itu terdapat hal-hal unik selama bulan puasa tsb. Ingin tahu hal unik apa saja selama bulan puasa? yuk simak ulasan berikut ini:

Hal Unik Selama Bulan Puasa

1. Ziarah Kubur
Banyak sekali orang yang melakukan ziarah kubur / mengunjungi kuburan keluarga atau sanak saudara sebelum bulan puasa tiba atau setelah lebaran tiba. Kita sebagai peziarah biasanya mendoakan ahli kubur dan membersihkan kuburan tsb. Tradisi ini merupakan hal unik bulan puasa.
2. Munggahan
Di daerah pulau Jawa terkenal istilah munggahan yang dilakukan beberapa hari sebelum puasa tiba yaitu  mengunjungi sanak saudara untuk bersilaturahmi dan biasanya dibarengi dengan membawa makanan. Hal unik bulan puasa ini adalah tradisi yang semakin lama semakin memudar.
3. Buka Puasa Pertama Bersama Keluarga
Hal unik selama bulan puasa berikutnya adalah kecenderungan orang untuk berbuka puasa di rumahnya pada saat awal-awal puasa.
4. Banyak Tempat Makan Tutup
Untuk menghormati orang yang sedang berpuasa biasanya banyak tempat makan yang tutup pada pagi sampai siang hari dan buka saat sore hari. Namun selain itu ada hal unik saat awal bulan puasa, yaitu banyak tempat makan yang tutup. Mungkin salah satu alasannya adalah sepi pembeli karena kebanyakan orang memilih buka puasa di rumah.
5. Cepat Pulang ke Rumah
Karena ingin buka puasa di rumah saat awal puasa maka saat awal-awal puasa kebanyakan orang ingin cepat-cepat pulang ke rumah.
6. Jalanan Macet saat Menjelang Buka Puasa namun Lancar setelahnya
Wajar saja sih jalanan macet menjelang buka puasa karena orang berlomba-lomba ingin cepat pulang ke rumah. Sesaat setelah buka puasa, jalanan akan lenggang dan ini merupakan hal unik selama bulan puasa. Namun jalanan macet tsb akan terus belanjut seiring banyaknya orang yang banyak melakukan aktivitas menjelang buka puasa.
hal unik selama bulan puasa
photo credit: m.republika.co.id
7. Masjid Penuh Saat Taraweh Minggu Pertama
Ini memang hal unik selama bulan puasa, sudah menjadi tren, minggu pertama shaf masjid akan penuh, namun memasuki minggu kedua hingga saat akan menjelang lebaran, jamaah sholat tarawih semakin berkurang. 
8. Mall Penuh Saat Minggu Terakhir Puasa
Betul sekali, hal unik selama bulan puasa ini terjadi saat 2 minggu menjelang lebaran. Banyak sekali orang yang keluar rumah memenuhi mall atau pusat pertokoan untuk membeli barang-barang keperluan hari raya.
9. Kecenderungan Mengumpulkan Makanan
Nah ini nih, hal unik selama bulan puasa berikutnya. Orang yang berpuasa di masyarakat kita masih cenderung untuk mengumpulkan makanan, membuat atau membeli aneka makanan yang akhirnya tidak termakan karena tidak muatnya kapasitas perut.
Karena gaya hidup masyarakat ini kuliner menjadi salah satu peluang usaha bisnis di bulan puasa yang potensial.
Itulah beberapa hal unik selama bulan puasa berdasarkan pengamatan saya pribadi. Kurang atau lebihnya mohon dimaafkan ..:)
 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *