5 Tips Menghemat Kuota Paket Internet di Ponsel Android

Memang betul, saat Anda memutuskan menggunakan ponsel Android maka siap-siap sajalah Anda akan sering kehabisan kuota paket internet. Hal ini disebabkan karena adanya fitur-fitur tertentu yang menggunakan kuota internet yang terus berjalan walaupun tidak sedang digunakan atau lebih dikenal aplikasi tsb berjalan di “background”. Menghemat kuota paket internet memang harus dilakukan agar Anda tidak terlalu memboroskan uang untuk hal yang tak perlu.

tips menghemat kuota paket internet di ponsel android

Cara Menghemat Kuota Paket Internet di Ponsel Android

1. Matikan Fitur “Automatic Download”

Beberapa aplikasi android akan mendownload konten secara otomatis tanpa Anda ketahui, contohnya aplikasi instant messaging WhatsApp yang secara bawaan akan mendownload gambar dan video yang dikirimkan oleh teman chatting Anda secara otomatis. Saya yakin tak semua konten tsb ingin Anda lihat atau berguna untuk Anda apalagi bila Anda tergabung dalam grup chatting. Jadi sebaiknya Anda matikan fitur “automatic download” untuk menghemat kuota paket internet di ponsel Android Anda.

Cara mematikan fitur auto download di WhatsApp ini cukup mudah, yaitu dengan membuka aplikasi WhatsApp lalu pilih “setting” lalu “chat setting” lalu “media auto-download” lalu pilih “when using mobile data” dan hilangkan centang pada semua fitur. Dengan demikian Anda dapat memilih konten yang diinginkan saja untuk di download dan menghemat kuota paket internet Anda.

2. Matikan Fitur “Auto Update”

Secara bawaan, ponsel android akan terpasang aplikasi Google Play Store tempat meng-instal aplikasi android lainnya. Dan secara bawaan pula, terdapat fitur auto-update di Google Play Store sehingga aplikasi android yang ada di ponsel Anda akan terupdate otomatis. Fitur ini cukup banyak memakan kuota internet dan mematikan fitur ini cukup ampuh dalam menghemat kuota paket internet. Perlu Anda ketahui tak semua aplikasi atau game tsb perlu diupdate atau masih digunakan.

Cara mematikan fitur auto-update Google Play untuk menghemat kuota paket internet cukup mudah yaitu buka aplikasi Google Play lalu pilih “setting” pilih “auto update apps” lalu pilih “do not auto update apps”.

Nah agar Anda dapat lebih menghemat kuota paket internet sebaiknya pilih “auto update apps over WI Fi only” sehingga aplikasi tsb akan terupdate otomatis saat Anda menggunakan jaringan Wi Fi.

3. Nyalakan Paket Data Seperlunya

Seperti yang telah disebutkan di atas, beberapa aplikasi ada yang menggunakan internet secara background, contohnya gmail yang akan terus melakukan sinkronisasi sehingga dapat memberikan notifikasi saat muncul email baru atau aneka social media. Saat Anda tidak akan menggunakan ponsel android misalnya karena sibuk bekerja, berada di sekolah, atau dalam perjalanan, sebaiknya matikan saja koneksi internet Anda untuk menghemat kuota paket internet. Cara ini pun sangat baik digunakan untuk menghemat baterai ponsel. 

Baca juga: Tips Mempercepat Cas Baterai Android dengan Mudah

4. Gunakan Jaringan Wi-Fi

Saat Anda terhubung jaringan Wi Fi, gunakan koneksi Wi Fi untuk menggunakan aneka aplikasi yang terhubung dengan internet. Atau carilah Wi Fi saat kuota Anda menipis atau perlu mendownload konten dengan ukuran besar. Cara ini dapat menghemat kuota paket internet di ponsel Android. 

5. Hapus Aplikasi Yang Tidak Digunakan

Bila Anda sudah tidak menggunakan aplikasi yang ada di ponsel android, sebaiknya segera uninstall saja. Hal ini dapat menghemat kuota paket internet sekaligus mengosongkan kapasitas RAM yang terpakai. 

Itulah 5 cara menghemat kuota paket internet yang dapat Anda lakukan di ponsel Android Anda. Gunakanlah kuota internet Anda secara bijak sehingga Anda tidak kehabisan kuota saat benar-benar membutuhkannya.

Artikel Ala Urang ini dikenal, sbb :

tips menghemat kuota social media -

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *