Cara Membuat Video Time-Lapse Menggunakan HP Android

Apa sih video time-lapse? Ituloh video yang menayangkan suatu peristiwa yang sebetulnya terjadi berjam-jam, berhari-hari bahkan berminggu-minggu namun ditayangkan hanya dalam beberapa detik saja. Misalnya video pemandangan yang menampilkan perubahan warna langit dari shubuh hingga malam hari dengan sangat cepat. Terlihat sangat keren kan? Nah Anda pun dapat membuat video time-lapse menggunakan HP Android sendiri loh… 
Agar semakin paham tentang pengertian video time-lapse, ini salah satu contoh hasil videonya, keren …
Teknik fotografi untuk membuat video time-lapse sebetulnya memerlukan waktu yang sangat panjang, yaitu kamera harus diletakkan pada posisi yang tetap untuk memotret satu kali setiap beberapa detik / menit / jam tergantung hasil video yang diinginkan. Kemudian foto-foto yang telah terkumpul tadi disatukan menjadi sebuah video. 

cara membuat video time-lapse menggunakan hp android
photo credit: youtube.com
Agar hasil membuat video time-lapse ini keren tentunya tidak dapat dibuat secara asal-asalan saja, namun Anda tenang saja walaupun Anda bukan fotografer professional, Anda pun masih dapat membuat video time-lapse tsb menggunakan HP Android dengan mengikuti tips berikut ini.

Cara Membuat Video Time-Lapse Menggunakan HP Android

Bila Anda ingin mencoba membuat video time-lapse sendiri yang keren, Anda dapat mengikuti beberapa tips berikut ini.

1. Perencanaan
Beberapa perencanaan yang diperlukan untuk membuat video time-lapse yang keren menggunakan HP Android seperti tema video, objek foto, lokasi, dan durasi video yang ingin dihasilkan. Misalnya Anda ingin membuat video time-lapse kehidupan di seputar Alun-Alun Bandung dari shubuh hingga malam, maka datanglah ke lokasi tsb dan tentukan tempat pengambilan gambar yang paling bagus dan tak mungkin terganggu orang lain.

2. Pastikan Baterai HP Android Full / Penuh
Pastikan baterai hp android Anda penuh atau cukup untuk membuat video time-lapse tsb. Karena jarang ada baterai hp android yang bisa tahan seharian maka sebaiknya Anda membawa powerbank saja.

3. Gunakan Tripod
Karena durasi pengambilan gambar yang bisa seharian dalam membuat video time-lapse maka tak mungkin Anda dapat memegang hp android Anda seharian kan? Untuk hasil terbaik gunakan tripod selain itu penggunaan tripod pun akan memberikan hasil gambar yang lebih stabil dan bebas guncangan.

4. Pengaturan Kamera
Tiap kamera yang ada di HP android memiliki fitur sendiri, cobalah kenali dulu fitur-fitur tsb dan carilah pengaturan seperti filter, ISO, resolusi, white balance, exposure, dll termasuk fokusnya yang memberikan hasil gambar terbaik.

5. Pilih Angle Terbaik
Selama membuat video time-lapse yang keren maka jangan lakukan perubahan posisi kamera, sebisa mungkin jangan sentuh kamera hp Anda jadi pilihlah angle terbaik sebelum melakukan perekaman.

Itulah beberapa tips membuat video time-lapse keren menggunakan HP Android Anda sendiri. Setelah Anda memiliki kumpulan gambar / fotonya, sekarang Anda tinggal menggunakan aplikasi android bila ponsel Android Anda tak mampu melakukannya. Salah satu aplikasi untuk membuat video time-lapse keren adalah Lapse It.

Jadi tunggu apalagi, yuk dipraktekan …

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *