Tips Mudah Membuat Bawang Goreng Renyah

Bawang goreng merupakan salah satu bahan makanan pelengkap yang sangat digemari oleh masyarakat kita. Bawang goreng mampu menambah cita rasa sehingga makanan yang kita santap terasa lebih enak, dan aroma bawang goreng sungguh menggugah selera. Namun masalahnya tak semua orang dapat membuat bawang goreng yang renyah, bahkan sebaliknya bawang goreng buatan sendiri cenderung lembek, basah, dan tidak tahan lama.

resep membuat bawang goreng renyah dan tahan lama

Bila Anda mengalami masalah tsb berarti Anda sama dengan saya, sama-sama tidak bisa membuat bawang goreng renyah hehehe. Tapi tenang saja karena sekarang saya sudah memiliki resep jitu untuk membuat bawang goreng renyah, resep rahasia dari abang tukang bakso langganan saya.

Baca: Tempat Makan Bakso Yang Enak di Bandung

Jadi ceritanya begini, kebetulan sekali minggu kemarin sempat bertanya sama abang tukang bakso tsb bagaimana si abang tsb dapat membuat bawang goreng renyah dan tidak basah. Ternyata caranya cukup mudah dan praktis. Setelah dicoba memang terbukti loh ..
Untuk yang sudah penasaran mengenai cara membuat bawang goreng renyah, yuk simak resep dan cara pembuatannya di bawah ini.

Bacajuga : Masak Apa Ya Hari Ini?

Perlu inspirasi resep masakan terenak di dunia? kunjungi Lots of Great Recipes.

Bahan Yang Diperlukan Untuk Membuat Bawang Goreng Renyah

1. Bawang merah berukuran besar. Jangan pilih bawang merah ukuran kecil karena sangat merepotkan saat pengelupasan kulit, pengirisan, dsb. 
2. Garam
3. Tepung Beras
4. Minyak goreng

Alat Untuk Membuat Bawang Goreng Renyah:

1. Pisau 
2. Alat pemotong bawang (bila ada)
3. Koran dan tissue dapur

Cara Membuat Bawang Goreng Renyah Ala Abang Tukang Bakso:

1. Bawang merah yang telah dikuliti kemudian diiris tipis dengan ukuran seragam. Akan lebih baik bila menggunakan alat pemotong khusus. Perbedaan ukuran irisan akan menyebabkan tingkat kematangan menjadi tidak seragam.
2. Cuci bersih irisan bawang. Kenapa dilakukan pencucian setelah pengirisan? Ini agar getah yang keluar dari bawang dapat dibersihkan.
3. Rendam irisan bawang dengan air garam. Banyaknya garam yang ditambahkan secukupnya saja atau sesuai selera. Penambahan garam dimaksudkan untuk menambah rasa asin pada bawang goreng. 
4. Biarkan beberapa saat sampai garam dapat menyerap. Buang airnya lalu tiriskan.
4. Jemur irisan bawang merah tsb hingga irisan bawang cukup kering. Cara ini dilakukan untuk mengurangi kadar air dalam bawang sehingga Anda dapat membuat bawang goreng yang renyah dan tahan lama.
5. Taburkan tepung beras secukupnya pada irisan bawang tadi. Tepung beras mampu menyerap kelebihan air yang masih tersisa pada badan bawang.
6. Panaskan wajan dan minyak goreng lalu turunkan suhu dan jaga suhu minyak goreng tidak terlalu panas untuk menghindari cepat gosongnya bawang goreng.
7. Setelah menguning cepat angkat bawang goreng tsb. Walaupun sudah diangkat, minyak panas yang masih menempel pada bawang goreng akan terus mematangkan bawang. Jadi jangan sampai telat mengangkat bawang dari penggorengan ya.
8. Tiriskan bawang goreng hingga minyak tidak tersisa. Anda dapat menggunakan tampah yang dilapisi Koran bekas kemudian dilapisi lagi dengan kertas tissue khusus makanan untuk menyerap minyak yang tertempel di bawang goreng.
9. Setelah bawang goreng dingin, masukkan bawang goreng tsb ke dalam toples atau wadap kedap udara sehingga dapat disimpan untuk beberapa waktu.

Nah itulah cara mudah membuat bawang goreng renyah ala tukang bakso langganan saya. Selamat mencoba ..

Artikel Ala Urang ini dikenal, sbb :

bawang goreng -bawang goreng ala tukang bakso -koran apa bisa menyerap minyak bawang goreng -resep bawang goreng untuk bakso -tips bawang merah goreng renyah dan tahan lama -

Rekomendasi Link Artikel dari Sponsor:

loading...

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *