Resep dan Tips Membuat Bekal Sekolah Anak Yang Mudah dan Praktis

Pada jaman sekarang ini banyak sekali ulah-ulah para pedagang nakal yang sengaja mencari keuntungan semata tanpa memperhatikan bahaya bahan-bahan makanan yang digunakan untuk membuat jajanan anak sekolah. Sebagai orang tua atau seorang ibu, tentunya Anda tak mau kan kalau anak Anda sakit karena makanan sembarangan tsb? Untuk itulah membuat bekal sekolah anak merupakan solusi terbaik.

Bila Anda sering melihat tayangan TV, tentunya Anda mengerti bahwa jajanan anak sekolah pada umumnya menggunakan bahan aditif berbahaya, contohnya kaya akan MSG, belum lagi pewarna tekstil, pengawet, dll. Bila Anda sayang dengan anak Anda, sudah saatnya Anda menyempatkan diri untuk membuat bekal sekolah anak.

Banyak para ibu / orang tua yang merasa bingung dan merasa sulit untuk membuat bekal sekolah anak sendiri, padahal sebetulnya makanan yang sehat itu tak perlu mahal dan tak perlu ribet loh.

Untuk membantu Anda, saya akan memberikan sedikit tips membuat bekal sekolah anak yang sehat dan beberapa resep membuat bekal sekolah anak yang mudah dan praktis. Silahkan simak ulasan berikut ini … 

 
Baca juga: Tips Mudah Membuat Bawang Goreng Renyah

Tips Membuat Bekal Sekolah Anak Yang Sehat dan Bergizi

tips membuat bekal anak sekolah yang sehat bergizi
Berikut ini beberapa tips yang dapat Anda ikuti untuk membuat bekal sekolah yang sehat namun tetap enak:

1. Buatlah Bekal Yang Terdiri dari Makanan Seimbang
Pola makan seimbang adalah menu yang terbaik untuk kesehatan. Sebaiknya buatlah makanan yang terdiri dari karbohidrat / makanan pokok, protein baik nabati (seperti kacang-kacangan, tempe, tahu) atau hewani (seperti ikan, daging, telur), lemak (bisa didapat dari daging, telur, mentega), sayuran dan buah-buahan. Buah dan sayur sangat kaya vitamin dan mineral.

Kesemua unsur gizi tsb sangat diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan anak dan sebaiknya Anda perhatikan saat membuat bekal sekolah anak yang sehat.

Kadangkala banyak sekali anak yang tidak suka mengkonsumsi buah dan sayur, untuk itu Anda harus pintar-pintar menyiasatinya, misalnya menambahkan sayuran kedalam makanan tanpa terlihat lagi wujudnya, contoh dibuat nugget, dll. Untuk buah Anda dapat menyiasatinya dengan membuat jus buah yang enak dan segar.

2. Buatlah Bekal Yang Praktis
Bekal yang praktis, tinggal suap, tidak ribet saat memakannya adalah yang paling disukai anak. Membuat bekal sekolah anak dengan menu penuh kuah mungkin akan menyulitkan anak untuk memakannya atau bahkan dapat mengotori pakaian sekolahnya.

3. Buatlah Variasi Menu
Agar tidak bosan, sebaiknya Anda membuat bekal sekolah anak yang bervariasi tiap harinya. Misalnya hari senin membuat omelet, selasa membuat roti isi, rabu membuat pasta, kamis membuat pastel isi, jumat membuat makaroni panggang, dll. Gunakanlah kreativitas Anda untuk membuat menu yang menarik. Anda pun dapat berdiskusi dengan anak Anda mengenai menu bekal sekolah yang disukainya.

Itulah 3 tips membuat bekal sekolah anak yang sehat. Jangan lupa sertakan juga bekal minuman berupa jus buah, susu atau air putih. 

 
Baca juga: 7 Kebiasaan Memasak Yang Salah dan Harus Segera Diubah

Contoh Resep Membuat Bekal Sekolah Anak Yang Mudah, Praktis, dan Bergizi

Sebetulnya banyak sekali resep membuat bekal sekolah anak yang enak, sehat, mudah dan praktis, namun pada kesempatan kali ini akan saya berikan salah satu resep favorit saya yaitu omelet bayam jamur.

 
resep membuat bekal sekolah yang mudah dan praktis

Bahan:

  • telur ayam 2 butir, kocok
  • bawang merah dan bawang putih @ 1 butir, cincang halus 
  • jamur kancing 5 buah, iris-iris 
  • tomat ukuran sedang 1/2 butir, buang bijinya, cincang halus 
  • wortel ukuran sedang 1/2 buah, potong kotak-kotak atau parut kasar 
  • Daun bayam 5 lembar, rebus sebentar, tiriskan 
  • Daun bawang sesuai selera 
  • Garam dan merica secukupnya

Cara membuat:

  • Tumis bawang merah dan bawang putih yang telah dicincang, setelah harum masukkan wortel lalu tumis hingga wortel setengah matang, tiriskan.
  • Masukkan semua bahan termasuk tumisan wortel bawang ke dalam kocokan telur, aduk rata.
  • Panaskan wajan anti lengket, beri sedikit minyak. 
  • Masukkan kocokan telur ke dalam wajan lalu ratakan, gunakan api kecil. 
  • Masak omelet hingga matang. 
  • Sajikan dengan saus.

Itulah contoh resep membuat bekal sekolah anak yang mudah, praktis, sehat dan bergizi tinggi. Untuk informasi resep lainnya silahkan kunjungi saja situs lotsofgreatrecipes.com, di situs tsb terdapat banyak resep pilihan populer dari seluruh dunia.

 
Image credit: huffingtonpost.ca, allrecipes.com

Artikel Ala Urang ini dikenal, sbb :

bekal sekolah yang disukai dan praktis -menu masakan untuk bekal sekolah yang tidak ribet -cari solusi buat bekal anak sekolah TK -cara membuat bekal sekolah yang mudah -cara membuat bekal masuk sekolah -cara buat bekel yg gapakek ribet -Belajar membuat bekal sekolah sendiri bagi pemula -bekal sekolah anak tanpa pengawet -bekal sekolah anak -bekal anak tk yang praktis untuk di makan sendiri -

Rekomendasi Link Artikel dari Sponsor:

loading...

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *