Resep Makanan Jepang Populer, Takoyaki

Resep makanan Jepang – Jepang, siapa sih yang tidak tahu dengan negara yang satu ini? Rasanya hampir semua orang tahu. Selain terkenal sebagai salah satu negara yang paling maju di dunia, Jepang juga terkenal karena kebudayaannya yang kaya, selain itu juga terdapat berbagai jenis dan ragam kuliner yang memiliki cita rasa yang sangat enak.

Bahkan, saking terkenalnya cita rasa kuliner dari Jepang, di Indonesia sendiri kita bisa menemukan berbagai restoran dan kedai yang menawarkan berbagai menu masakan dengan resep makanan Jepang.

Jika Anda adalah orang yang memiliki hobi memasak dan memiliki kegemaran tersendiri pada Jepang, mungkin bisa coba mempraktikkan sebuah resep makanan Jepang yang sudah penulis siapkan dan akan jabarkan di bawah ini.

Resep Makanan Takoyaki Jepang Sederhana

Resep Makanan JepangResep takoyaki yang sudah penulis siapkan dan jabarkan di artikel ini pun sangat mudah untuk dimasak, dan tentunya sangat bisa untuk Anda praktikkan sendiri di rumah.

Takoyaki Sederhana Ala Rumahan

Jajanan Jepang yang satu ini cukup populer di Indonesia, dan bisa Anda temukan banyak gerai atau restoran yang menawarkan jajanan ini. Namun ternyata untuk membuatnya cukup mudah, dan bisa Anda lakukan di rumah.

Jajanan Jepang yang satu ini berbahan dasar tepung terigu dan memiliki berbagai macam isian seperti gurita atau bisa juga diganti dengan cumi. Bahkan bukan hanya itu saja, tetapi juga ada takoyaki yang memiliki isian keju, ayam, udang, dan lainnya. Rasa yang dimilikinya pun cukup lezat. Dibawah ini pun kami sudah menyiapkan resep makanan jepang yang satu ini. penasaran? Simak di bawah ini ya.

Bahan-bahan Takoyaki

Sebelumnya, Anda harus menyiapkan bahan-bahan berikut.

  • 1 buah telur, dan hanya diambil putihnya saja
  • 2 buah kuning telur
  • ½ Sdt baking powder
  • ½ sdt garam
  • 200 gram tepung terigu
  • 400 ml kaldu ikan
  • 1 sdm minyak, dibutuhkan untuk mengoles takoyaki

Bahan Isian Takoyaki

Bahan di atas adalah bahan untuk membuat takoyaki. Takoyaki sendiri memiliki isian yang membuat jajanan ini tambah nikmat, bahan isiannya adalah sebagai berikut

  • 150 gram cumi kupas
  • 25 gram kol
  • ¼ sdt garam
  • 1 cm jahe, dicincang sampai halus
  • 25 gram daun bawang, diiris sampai halus

Bahan Pelengkap Takoyaki

Selain itu juga terdapat bahan pelengkap yang berfungsi untuk menambah kenikmatan takoyaki, bahan pelengkap tersebut adalah

  • 100 gram mayones
  • 100 gram saus takoyaki
  • 5 gram katsuo (Ikan Cakalang)

Langkah Membuat Isian Takoyaki

Nah, jika Anda sudah mempersiapkan bahan-bahan yang sudah penulis sebutkan di atas, ada beberapa tahap yang harus anda lakukan. Tahap pertama adalah mempersiapkan isian dari takoyaki tersebut, berikut ini adalah langkah persiapannya.

  1. Siapkan semua bahan isian yang sudah tertulis di atas tadi
  2. Pertama tama, bersihkan cumi yang sudah disiapkan, dan pastikan cuci dengan merata dan menggunakan air bersih
  3. Jika sudah bersih, silahkan rebus cumi tersebut sampai matang dan kenyal
  4. Jika sudah matang, silahkan angkat dengan hati-hati lalu potong-potong cumi tersebut dengan ukuran kurang lebih 1 cm dan sisihkan dalam wadah
  5. Lalu iris secara tipis kol yang sudah anda siapkan. Lalu sisihkan dalam wadah
  6. Kemudian campurkan kol dan cumi yang tadi sudah anda siapkan, lalu aduk hingga merata.

Langkah Membuat Takoyaki

Baca juga:  Tips Mudah Membuat Bawang Goreng Renyah

Saat bahan untuk isian takoyaki sudah anda siapkan dengan baik, saatnya membuat takoyaki. Berikut ini adalah langkah-langkah dalam membuatnya.

  1. Langkah pertama dalam resep makanan takoyaki adalah dengan melakukan pengocokkan pada telur hingga merata
  2. Jika telur sudah dikocok secara merata, silahkan tambahkan kaldu ikan sedikit demi sedikit. Kembali lakukan pengocokkan hingga kedua bahan tersebut teraduk secara sempurna
  3. Kemudian, Campurkan adonan ini kedalam wadah yang berisi campuran tepung terigu, baking powder, dan juga garam. Kemudian aduk semua bahan yang sudah berada dalam wadah ini sampai merata
  4. Jika sudah, silahkan letakkan cetakkan takoyaki di atas kompor dengan api sedang. Oleskan cetakkan ini dengan minyak agar takoyaki tidak lengket
  5. Masukkan adonan takoyaki ke dalam cetakkan yang sudah panas, dan biarkan bagian bawah matang secara merata
  6. Dengan menggunakan tusuk sate, periksa kematangan takoyaki tersebut, jika sudah setengah matang silahkan isi takoyaki tersebut dengan isian yang tadi sudah anda siapkan
  7. Lalu kembali tuangkan adonan takoyaki sampai isian tadi tertutup dan balik takoyaki tersebut dan biarkan sampai matang.

Jika sudah matang, maka takoyaki yang nikmat ini sudah siap disantap, dan jangan lupa untuk menikmatinya bersama orang-orang terkasih agar terasa lebih lezat. Jangan lupa untuk menambahkan bahan pelengkap agar takoyaki menjadi lebih enak dan lezat.

Bagaimana? Tertarik untuk mencoba mempraktikkan resep makanan atau jajanan Takoyaki Jepang ala rumahan ini?. Semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih sudah mampir. Selamat mencoba!

Artikel Ala Urang ini dikenal, sbb :

resep jajanan jepang -

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *