Cara Menyiasati Kenaikan Harga BBM


Bahan bakar minyak atau lebih dikenal dengan nama BBM merupakan suatu komoditas yang sangat diperlukan oleh warga negara di dunia termasuk di Indonesia. Ketergantungan berbagai sektor seperti industri, transportasi dll terhadap BBM membuat kenaikan harga BBM merupakan suatu hal yang sangat sensitif.

Harga BBM biasanya mengikuti harga minyak di dunia, bila harga minyak dunia naik maka harga BBM pun ikutan naik. Di Indonesia sendiri, untuk harga pertamax atau bensin non subsidi maka harganya akan mengikuti harga minyak dunia, berbeda dengan harga premium dan solar bersubsidi maka pemerintah akan mematok harga tetap tak peduli harga minyak dunia turun atau naik.

Kebijakan pemerintah di hari Senin kemarin yaitu tanggal 17 Nopember 2014 untuk menaikkan harga BBM bersubsidi sejumlah 2000 rupiah menjadi 8500 rupiah per liter sangat mengejutkan warga karena kenaikan BBM tsb di saat harga minyak dunia sedang turun. Apapun keputusan pemerintah, kita sebagai warga negara Indonesia yang baik harus mengikuti kebijakan yang tentunya telah dipikirkan matang-matang oleh pemimpin negeri ini. Yang dapat kita lakukan sekarang ini adalah menyiasati kenaikan BBM sehingga kita tetap dapat nembiayai kebutuhan primer kita.

Ada 2 cara menghadapi kenaikan BBM yaitu dengan melakukan penghematan dan meningkatkan penghasilan untuk tetap mempertahankan gaya hidup.

Cara Menyiasati Kenaikan Harga BBM Dengan Penghematan Anggaran Belanja

Menurut pakar perencanaan keuangan, anggaran belanja yang baik terdiri dari :
40% dari gaji / penghasilan untuk biaya hidup
20% dari gaji / penghasilan untuk investasi
30% dari gaji / penghasilan untuk membayar hutang / cicilan
10% dari gaji / penghasilan untuk kegiatan keluarga dan kerohanian, misalnya sedekah, liburan dsb

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghadapi kenaikan harga BBM dengan cara penghematan anggaran belanja sehingga anggaran belanja untuk kehidupan sehari-hari tetap di kisaran 40% dari gaji / penghasilan Anda, diantaranya seperti:

1. Menyiasati Kenaikan Harga BBM Dengan Cara Memasak Sendiri

Dengan memasak sendiri untuk keluarga selain lebih hemat juga lebih sehat dan bersih dibandingkan jajanan di luar. 


2. Menyiasati Kenaikan Harga BBM Dengan Cara Menanam Sayuran Sendiri


Anda dapat memanfaatkan lahan di pekarangan rumah Anda dengan menanam sayuran yang sering dikonsumsi oleh keluarga Anda, seperti tomat, cabe, pakcoy dll. Dengan menanam sayuran sendiri, Anda dapat menikmati sayuran segar yang sehat dan bebas pestisida tentunya selain lebih hemat. Tidak mempunyai pekarangan? atau halaman sempit? Tidak menjadi masalah, Anda dapat mencoba berkebun secara vertikal atau dapat menanam di dalam pot.

3. Mengatasi kenaikan harga BBM dengan cara Jalan Kaki atau Bersepeda

Jalan kaki atau bersepeda merupakan salah satu cara olahraga agar tubuh sehat, sekalian dengan menghemat uang transportasi, tidak ada salahnya Anda mencoba jalan kaki atu bersepeda dari rumah ke sekolah atau ke tempat kerja. Hemat dan Sehat!


4. Menyiasati kenaikan harga BBM dengan cara mencari tumpangan

Anda dapat berdiskusi dengan tetangga atau teman untuk menggunakan 1 mobil atau kendaraan bersama-sama sehingga menghemat biaya bensin, biaya tol dan mengurangi kemacetan. 

5. Mengatasi kenaikan BBM dengan cara membawa Botol Minum sendiri

Daripada membeli minuman di warung atau di tukang minuman dan harganya cukup mahal apalagi di tempat wisata tentunya akan lebih baik bila membawa air minum sendiri.


Anda harus dapat menerapkan skala prioritas dalam anggaran belanja Anda. Hidup hemat dan sederhana akan membuat Anda semakin bijak dalam mengatur anggaran belanja keluarga. Dan rasa syukur akan membuat Anda selalu merasa berkecukupan.
Hidup hemat dan sederhana agak sulit dilakukan terutama untuk orang-orang yang lingkungan sekitarnya memaksa orang tsb untuk mengikuti gaya hidup yang tinggi seperti tinggal di kompleks perumahan elite atau kerja di perkantoran bonafide.

Bila Anda ingin tetap mempertahankan gaya hidup Anda maka satu-satunya cara menyiasati kenaikan harga BBM ini adalah dengan meningkatkan penghasilan Anda. Anda dapat meningkatkan penghasilan Anda dengan cara meminta kenaikan gaji di kantor Anda atau mencari sumber penghasilan baru atau penghasilan tambahan. 

Banyak cara yang dilakukan untuk menambah penghasilan tambahan seperti bisnis online, dll. Yang penting Anda harus mengerti betul apa yang Anda lakukan dan pastikan bahwa bisnis yang Anda lakukan itu halal dan dilakukan secara jujur dan sehat.

Selamat mencoba …

Artikel Ala Urang ini dikenal, sbb :

cara mengatasi kenaikan bbm -cara mengatasi bbm naik -cara masyarakat mengatasi kenaikan bbm -cara menyiasati harga bbm yang naik -cara mengatasi bahan bakar minyak -Bagaimana cara mengatasi kenaikan harga bbm -upaya penyelesaian kenaikan bbm -cara menaggulangi kenaikan bbm -cara menanggulangi naik turun bbm -cara mengatasi bahanbakar minyak -

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *