Alternatif Liburan Bersama Anak Kecil Di Rumah

Saat-saat liburan seperti sekarang ini yaitu libur natal dan libur akhir tahun bertepatan dengan liburan sekolah. Kebanyakan orang akan pergi mengunjungi tempat wisata dan pulang kampung mengunjungi sanak saudara. Namun kadang-kadang karena situasi tertentu membuat Anda dan anggota keluarga Anda harus menghabiskan waktu liburan hanya di rumah saja. Alasan utama biasanya karena terbatasnya dana hehehe. Namun Anda tak usah pusing karena masih banyak kegiatan di dalam rumah atau di sekitar rumah Anda yang dapat Anda kerjakan bersama anggota keluarga dan tetap mendapatkan manfaat liburan yaitu refreshing, having fun dan meningkatkan kebersamaan bersama keluarga.

Berikut adalah beberapa kegiatan yang dapat Anda lakukan di sekitar rumah:

1. Memainkan Permainan Bersama Anggota Keluarga

kegiatan mengisi liburan di rumah

Anda dapat bermain monopoli, ular tangga, halma dsb tergantung dari usia terkecil anggota keluarga Anda. Permainan semacam ini ternyata seru juga bila melibatkan semua anggota keluarga.

2. Berkebun 

liburan seru hanya di rumah

Selain memberikan wawasan dan pengalaman baru, ternyata berkebun bersama anggota keluarga juga sangat menyenangkan. Tak usah berkebun tanaman yang ribet dan memerlukan biaya banyak, cukup mendaya-gunakan pekarangan rumah Anda dengan bibit tanaman yang ada di sekitar rumah, misalnya menanam cabe dari biji, menanam bawang, dll. Anda pun dapat menanam sayuran hidroponik sederhana menggunakan wadah bekas dll. Agar anak Anda dapat lebih memahami proses pertumbuhan tanaman dari biji, Anda dapat mencoba menanam alpukat dari bijinya menggunakan air.

3. Memasak Bersama
Kegiatan memasak juga tak kalah seru dengan kegiatan berkebun bersama. Untuk membuat kegiatan ini menarik tak perlulah Anda bertingkah layaknya kungfu chef :-), namun Anda cukup melibatkan seluruh anggota keluarga saja. Biarlah dapur agak sedikit berantakan yang penting anak Anda dapat menyukai memasak dengan awal yang menyenangkan. Atau untuk mendapatkan suasana baru, Anda dapat memasak di pekarangan rumah seperti barbeque atau acara bakar-bakaran. Jangan lupa berikan pujian pada si kecil akan hasil karyanya. Percayalah ini akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan.

Itulah 3 kegiatan liburan seru bersama anak kecil yang dapat dilakukan di rumah Anda. Liburan seru tak harus mahal yang penting anggota keluarga Anda dapat terlibat dan merasa senang.

Selamat mencoba…

Rekomendasi Link Artikel dari Sponsor:

loading...

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *