10 Hal Yang Harus Dilakukan Sebelum Membeli Rumah

Rumah adalah tempat berteduh, bernaung dan beristirahat. Kebutuhan akan rumah termasuk kebutuhan primer setiap manusia. Untuk mrmenuhi kebutuhannya, biasanya orang akan membuat rumah atau membeli rumah yang sudah jadi. Membeli rumah yang sudah jadi adalah pilihan yang sangat bijak bagi Anda yang tak mau dipusingkan dengan masalah pembangunan rumah. Walaupun demikian pembelian rumah pun harus berhati-hati jangan sampai membuat penyesalan di kemudian hari.
cara aman membeli Rumah
Ilustrasi: Rumah

Hal Yang Harus Diperhatikan Dan Dilakukan Sebelum Membeli Rumah

Berdasarkan pengalaman saya pribadi, berikut ini adalah hal yang perlu dilakukan atau diperiksa sebelum membeli rumah:
1. Periksa harga jual rumah, lakukanlah survey harga di daerah tsb. Survey ini diperlukan agar Anda tidak membeli rumah kemahalan.
2. Periksa rencana pengembangan wilayah di daerah tsb. Apakah rumah yang akan Anda beli tsb berada di daerah yang akan dibuat pembangunan oleh pemerintah setempat. Jangan sampai Anda membeli rumah yang akan dibuat ruang terbuka hijau dll bila Anda tak mau dipusingkan dengan masalah tsb di kemudian hari.
3. Bila Anda membeli secara perorangan dan bukan membeli pada developer, tanyakan alasan kenapa orang tsb mau menjual rumah. Walaupun Anda belum tentu mendapatkan jawaban yang jujur tetapi setidaknya Anda sudah berusaha mengetahui penyebab pindahnya orang tsb.
4. Lakukan survey atau lihat kondisi rumah secara langsung dan mints ijinlah pads pemilik untuk mengambil foto kondisi rumah tsb. Semua kerusakan dan memerlukan perbaikan sebaiknya didiskusikan dengan pemilik. Kondisi rumah biasanya dapat menjadi faktor utama untuk pertimbangan negosiasi harga.
5. Tanyakan fasilitas yang ada di rumah yang akan dijual tsb misalnya daya listrik, kedalaman sumur, lokasi sumur dan septic tank dll.
6. Periksa surat-surat atau dokumen kepemilikan rumah seperti sertifikat, bukti pembayaran PBB, IMB dll. Mintalah pemeriksaan keaslian sertifikat rumah tsb ke BPN.
7. Galilah informasi sebanyak-banyaknya dari penjual dan bila diperlukan dari orang sekitar rumah yang akan dijual.
8. Mintalah potongan harga atau lakukan negosiasi harga berdasarkan data-data yang telah Anda kumpulkan.
9. Jangan mengambil keputusan secara terburu-buru. Bila Anda tertarik dengan rumah tsb sebaiknya Anda pikirkan matang-matang baik dan buruknya. Jangan lupa hitung lagi dana yang tersedia dan kemampuan Anda membayar cicilan bila Anda membeli dengan cara kredit. Sebaiknya beban cicilan hutang Anda tidak melebihi 30% porsi penghasilan Anda tiap bulannya.
10. Berdoalah pada Yang Maha Kuasa agar pilihan Anda dapat membawa kebaikan pada Anda dan orang sekitar Anda atau mintalah keyakinan pada Nya agar Anda dapat membuat keputusan yang benar.
Itulah 10 hal yang harus Anda lakukan sebelum Anda membeli rumah. Jangan pernah membeli kucing dalam karung. Jangan lupa bila Anda sudah yakin dan deal untuk membeli rumah tsb, lakukanlah proses jual beli tsb di depan orang yang berwenang seperti Notaris dan PPAT.

Rekomendasi Link Artikel dari Sponsor:

loading...

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *