Kesalahan Dalam Membuat Desain Website / Blog Yang Fatal

Sebagai seorang pebisnis online, atau yang ingin men-online-kan bisnis nya, keberadaan sebuah website sangat penting. Anda dapat membuat website sendiri atau menggunakan jasa pembuatan website (Baca: 5 Langkah Mudah Membuat Website Sukses). Siapapun Anda dan apapun tujuan Anda dalam membuat website, Anda tentunya ingin membuat website yang menarik dan banyak dikunjungi oleh para pembaca. Tulisan Anda yang banyak dibaca oleh orang lain akan menambah kepuasan tersendiri. Selain konten dari website, satu lagi yang memegang peranan penting adalah desain website. Namun pada prakteknya banyak yang salah kaprah dalam membuat website yang menarik. Banyak di antara mereka yang melakukan kesalahan dalam membuat desain website / blog yang fatal sehingga bukan hanya tidak mampu menarik pengunjung baru bahkan parahnya lagi membuat pengunjung lama Anda kabur.
kesalahan dalam membuat website / blog
Agar Anda tidak terjerumus dalam kesalahan dalam membuat desain website / blog tsb, maka berikut ini adalah beberapa kesalahan dalam membuat desain website / blog yang fatal yang perlu Anda ketahui dan cara memperbaikinya:

 

1. Kesalahan Menggunakan Font Saat Membuat Desain Website / Blog

Panduan umum dalam memilih font yang baik dalam membuat website adalah mudah dibaca, tidak terlalu kecil dan nyaman dilihat.

 

2. Kesalahan Menggunakan Warna Saat Membuat Desain Website / Blog

Warna yang terlalu mencolok, terlalu kontras, terlalu terang akan membuat mata pengunjung menjadi sakit. Panduan umum memilih warna yang baik dalam membuat website adalah gunakan hanya 2-3 warna dalam web / blog, Anda dapat pula menggunakan perpaduan warna agar warna yang digunakan tidak sama dengan website lainnya, atau gunakan konsep psikologi warna yang sesuai dengan tema web / blog Anda, misalnya putih untuk kebersihan, kuning untuk memberikan semangat dsb.

 

3. Tidak Mendukung Pengguna Seluler Dalam Membuat Desain Website / Blog

Pengguna seluler atau ponsel semakin banyak dan meningkat. Contoh desain web yang mendukung para pengguna seluler adalah dengan menggunakan template responsif. Apalagi baru-baru ini Google telah meluncurkan algoritma pencarian terbaru “mobilegeddon” yang artinya website / blog yang mendukung pengguna seluler akan muncul di pencarian teratas Google.

 

4. Terlalu Banyak Mengganti Template Dalam Membuat Desain Website / Blog

Terlalu sering mengganti tema / template blog merupakan kesalahan dalam membuat desain website / blog. Tak hanya membuat bingung para pengunjung namun bila tidak dilakukan dengan benar akan berakibat fatal pada hasil pencarian mesin pencari, misalnya lupa memasang SEO meta tag dsb.

 

5. Terlalu Meniru Desain Website Saingan Anda

Tidak salah bila Anda ingin meniru keberhasilan website kompetitor Anda. Namun meniru desain / tampilan dan kontennya justru merupakan kesalahan dalam membuat desain website / blog. Para pengunjung sekarang sudah pintar dan lebih memilih sesuatu yang asli, begitu pula dengan algoritma Google, website hasil “copy paste” tidak akan pernah bisa bertahan di halaman teratas mesin pencarian.

 

6. Tidak Mengajak Pembaca Untuk Melakukan Tindakan Berikutnya

Tindakan yang diharapkan dari para pembaca adalah menjadi pelanggan website / blog Anda, mengikuti page sosial media Anda, masuk ke halaman order dsb. Bila link / tombol tindakan tsb tidak dicantumkan di dalam sebuah konten maka pengunjung akan kebingungan untuk tindakan selanjutnya.

 

Itulah 6 kesalahan dalam membuat desain website / blog yang fatal yang perlu Anda hindari dan perbaiki demi menarik pengunjung ke website Anda dan meningkatkan penjualan Anda.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *