Pentingnya Memastikan Hewan Qurban Kita Sehat!

Selamat Hari Raya Idul Adha 1435 H buat teman-teman yang merayakan, semoga apa yang kita qurbankan di tahun ini menjadi wasilah pembuka rezeki .. aamiin yra …

Masih seputar Idul Adha dan pelaksanaan qurban, selain keikhlasan yang berqurban tentunya sangatlah penting untuk memastikan bahwa hewan qurban tersebut sehat sehingga aman dikonsumsi dan bermanfaat untuk orang sekitar yang memerlukan. Untuk keikhlasan tentulah sangat sulit untuk dilihat ciri-cirinya karena keikhlasan merupakan sesuatu yang rahasia antara manusia dengan Tuhannya. Jadi pada tulisan kali ini saya ingin membagikan bagaimana memastikan hewan qurban kita itu sehat.

Hewan qurban yang sakit selain memang dilarang dalam syariat juga dapat menularkan penyakitnya kepada manusia. Contoh penyakit yang umum ditemui pada hewan adalah antrax, cacingan dsb.

Ciri-Ciri Hewan Qurban Yang Sehat

Sapi  Yang Akan Diqurbankan

  1. Tidak cacat
  2. Lincah dan Aktif
  3. Nafsu makan baik
  4. Saling menaiki
  5. Berdiri menumpu dengan empat kaki
  6. Bulu tidak kusam
  7. Cermin Hidung Basah
  8. Lubang Hidung, mulut, anus bersih
  9. Mata bersinar
  10. Bila memungkinkan, belilah hewan qurban yang telah dilengkapi dengan Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH)
Pada saat musim qurban begini memang suka banyak penjual hewan yang nakal hanya demi keuntungan semata. Mungkin teman-teman pernah mendengar sapi yang diberi makanan sampah atau hidup di tempat penampungan sampah? Nah hewan seperti ini tidak layak kita konsumsi apalagi diqurbankan. Akan lebih baik lagi bila hewan qurban dibeli dari penjual yang telah kita percayai dan kita mengetahui dengan pasti bahwa ternak berasal dari daerah bebas penyakit hewan menular, ternak tsb dipelihara secara baik dan mendapat perlakuan yang layak, berasal dari peternakan dan penampungan hewan yang jelas.

Selain itu, Anda atau panitia qurban dapat meminta bantuan dokter hewan atau petugas khusus dengan pengawasan dokter hewan untuk memeriksa kondisi fisik hewan qurban sebelum disembelih, pemeriksaan daging dan bagian lainnya setelah disembelih. Hal ini untuk memastikan bahwa daging qurban dan bagian-bagian lainnya sehat dan layak dikonsumsi sebelum daging qurban tsb dibagikan.

Petugas Kesehatan Sedang Memeriksa
 Kondisi Sapi Sebelum Disembelih
Nah mumpung masih ada waktu sampai tanggal 13 Djulhijah atau 8 Oktober nanti, bila mau berkurban yuk ah cepetan beli hewan qurban dan pastikan hewan qurban tsb sehat.

Buat yang belum dimampukan tahun ini saya doakan semoga dimampukan untuk berkurban dan berhaji di tahun depan .. aamiin yra ..

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *