City Tour Seharian di Surabaya

Ya, sabtu kemarin gue berkesempatan mengunjungi Surabaya yang kedua kalinya. Yang pertama hanya mampir di bandara lalu lanjut ke Sidoarjo dan Malang, jadi tidak sempat untuk jalan-jalan di kota Surabaya itu sendiri. Pada kesempatan kedua ini, kebetulan minggu nya gue ada training bisnis maka penasaran dengan kota-nya bu Risma ini direncanakanlah untuk melakukan city tour seharian di Surabaya.

Itinerary city tour 1 hari (seharian) di Surabaya adalah seperti ini dengan menyewa mobil dan pak sopir dari rental mobil yang baik hati.

05.00 – 06.00 Tiba di Bandara Juanda Surabaya.
Gue menggunakan Sriwijaya Air harga promo dari Bandara Soeta Jakarta ke Juanda Surabaya. Lumayan juga dapet sarapan roti dan air mineral cup di pesawat.

06.30 – 09.00 Mengunjungi Ekowisata Hutan Mangrove di Wonorejo.
Jangan salah ada 2 lokasi hutan mangrove di Surabaya yaitu di Wonorejo dan di Gunung Anyar. Pertama datang ke hutan mangrove di Gunung Anyar, tapi kok sepi ya? dan terlihat tidak seperti tempat wisata yang dikelola dengan baik. Akhirnya kami menuju Wonorejo dekat dengan kampus STIKOM. Lokasi hutan mangrove ini tidak jauh dari bandara Juanda, sekitar 20 menitan lah. Di hutan mangrove ini teman-teman bisa menjelajahi hutan mangrove di pantai timur Surabaya, tersedia jogging track, tempat mainan anak, tempat makan, mushola dan toilet di tempat wisata ini.

Jogging Track 1 Ekowisata Hutan Mangrove Wonorejo

Flora di hutan ini didominasi oleh mangrove / bakau sementara fauna nya terdiri dari burung, amfibi, ikan, kepiting, monyet. Monyet nya tidak sebrutal yang ada di Bali hihihi. Oh iya ada ikan unik loh di hutan mangrove ini yaitu ikan gelodok/tembakul yang lebih suka daratan.

Ikan Glodok, Ikan Unik Suka Daratan di Hutan Mangrove
Di ekowisata hutan mangrove wonorejo juga kita bisa menyewa perahu untuk mengelilingi hutan tapi minimum 1 perahu 6 orang dan tiap orang diharuskan membayar 25 ribu saja.
Oh ya untuk masuk area wisata ini pengunjung hanya dikenai biaya 1000 rupiah saja untuk masuk ke area jogging track nya.

Arena ini akan sangat bagus lagi bila jogging track pertama dihubungkan langsung dengan jogging track kedua sehingga wisatawan tidak kebingungan area wisatanya sampai mana hehehe. Panjang jogging track sekitar 500 m saja.

Jogging Track ke-2 Ekowisata Hutan Mangrove Surabaya
09.00 – 10.30 Mengunjungi Pantai Kenjeran / Kenpark Surabaya
Panasnya kota Surabaya membuat kami mengurungkan niat untuk bermain di sekitar pantai. Kami langsung menuju ke area kelenteng yang di dalamnya terdapat patung Budha besar dengan 4 muka, patung gajah putih besar. 
Patung Budha 4 Muka di Kenpark


Pagoda di Kenpark Surabaya
Tak lupa juga kami mencoba lontong kupang yang banyak dijual di area Kenpark ini. Ternyata rasanya kurang cocok dengan lidah gue. Lontong kupang itu adalah lontong yang diberi kupang (sejenis remis, di foto tampak dengan ikan kecil banyak matanya) diberi kuah petis dan disajikan dengan sate kerang.

Lontong Kupang Yang Banyak dijual di area Kenpark
Menurut pak sopir, 2 tahun lalu Kenpark ini sangat bagus dan ramai dipadati pengunjung tapi sekarang sepertinya terlantar kurang perawatan, sayang ya padahal bisa dikembangkan seperti pantai Ancol dan dunia fantasi Jakarta loh.

10.00 – 13.30 Mengunjungi Meseum House of Sampoerna
Museum House of Sampoerna menawarkan pengalaman unik bagi pengunjung, mulai dari kisah hidup pendiri Sampoerna, perkembangan bisnis Sampoerna sampai melihat dari dekat fasilitas produksi rokok yang dilakukan oleh lebih dari 400 wanita melinting rokok dengan kecepatan lebih dari 325 batang rokok per jam. Sayang nya gue tidak berkesempatan melihat para pekerja tsb karena setiap hari sabtu jam kerja nya hanya sampai jam 11 saja. Walaupun gue bukan perokok dan gue ga suka orang yang merokok tapi tidak ada salahnya melihat museum untuk mengambil pengalaman dan wawasan bisnisnya.

Museum House of Sampoerna
Selain museum, temen-temen juga bisa santap siang di cafe tidak jauh dari museum. Makanan yang disajikan beragam baik western maupun tradisional indonesia, untuk harga ya standard cafe :-).

Temen-temen juga dapat pula mengikuti Surabaya Heritage Track (SHT) sebuah tur mengelilingi kota tua Surabaya dengan menggunakan bis, tapi harus reservasi dulu ya, untuk yang berminat silahkan kunjungi www.houseofsampoerna.museum.

13.30 – 18.00 Istirahat di Hotel atau bisa digunakan untuk mengunjungi mall di Surabaya
Berhubung cape banget dan kurang tidur, bayangkan bangun tidur jam 2 pagi lanjut ke bandara jam 2.30 pagi, jadi gue memutuskan untuk sholat dan istirahat dulu di hotel. Mall di Surabaya kayaknya isinya sama dengan mall-mall lain yang ada di Jakarta, jadinya kurang minat …

18.00 – 21.00 Mengunjungi Patung Surabaya, Taman Kota, Jembatan Suramadu
Rasanya kurang lengkap bila datang ke Surabaya tapi belum foto di depan ikon Surabaya yaitu patung Ikan Sura dan Buaya. Letak patung tersebut dekat dengan kebun binatang surabaya yang santer diberitakan binatangnya pada depresi :-).
Icon Kota Surabaya

Setelah foto-foto narsis di patung surabaya dan taman kota lalu dilanjutkan ke jembatan Suramadu. Jalan yang menghubungkan Surabaya dan pulau Madura itu berjarak kurang lebih 5 km, biaya tol untuk mobil 30 rb, mahal ya .. udah gitu ga boleh foto-foto disitu secara jalan tol hihihi.

Pulang dari Jembatan Suramadu dilanjutkan ke taman bungkul, taman yang minggu kemarin sempat rusak karena terinjak pengunjung yang mau es krim gratisan dan bu Risma sempat marah-marah karenanya. Tapi apa boleh buat penuhnya bukan main, padat merayap, mau foto juga susah .. ya sudah pulang saja ke hotel untuk istirahat.

Sampai ketemu di trip berikutnya …

Artikel Ala Urang ini dikenal, sbb :

seharian menjelajah surabaya -toilet dan mushola di kenpark -

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *