6 Fungsi Air Putih Untuk Kesehatan Tubuh

Banyak orang ahli yang menyarankan untuk minum air putih sekurangnya 8 gelas sehari. Hal ini cukup beralasan karena tubuh manusia tersusun dari sekitar 60% cairan. Kita perlu minum untuk mengganti kehilangan cairan selama aktivitas sehari-hari seperti kehilangan cairan saat berkeringat, pernapasan, pembuangan air kecil dan air besar.
Di masyarakat sekarang ini orang-orang lebih menyukai soft drink karena belum menyadari atau mengetahui fungsi air putih.
1. Air Membantu Memelihara Keseimbangan Cairan Tubuh
Tubuh manusia terdiri dari 60% air. Fungsi air dalam tubuh adalah untuk pencernaan, penyerapan, sirkulasi, pembentukan air ludah dan pengantaran zat gizi dalam tubuh juga untuk mempertahankan suhu tubuh.

2. Air Membantu Mengendalikan Kalori
Untuk beberapa tahun ini orang-orang yang sedang menjalankan diet telah meminum banyak air putih sebagai strategi untuk mengurangi berat badan. Air putih digunakan untuk mengganti air dengan kalori tinggi seperti soft drink dan minuman manis lainnya. Makanan dengan kandungan air tinggi seperti buah-buahan, sayuran, sup, oatmeal akan cenderung membuat lebih kenyang, karena diserap lebih lama dalam tubuh.
3. Air Membantu Menguatkan Otot
Kekurangan cairan akan membuat otot tubuh akan mudah lelah.
4.  Air Membantu Kulit Terlihat Lebih Indah
Dehidrasi / kekurangan cairan akan membuat kulit terlihat kering dan keriput. Minum air yang cukup akan membuat kulit terlihat lebih sehat dan indah. Untuk keadaan udara yang sangat kering, Anda juga dapat menggunakan pelembab kulit.
5. Air Membantu Kinerja Ginjal
Sisa metabolisme tubuh dan racun lain seperti urea dalam darah yang larut air akan dibuang melalui ginjal. Bila Anda minum air cukup maka akan mempermudah kinerja ginjal untuk membuang racun tsb menjadi air kencing. Kekurangan air minum akan meningkatkan resiko batu ginjal.

Konstipasi / sembelit dapat terjadi bila usus besar kekurangan cairan. Cairan dan serat yang cukup merupakan kombinasi yang sempurna untuk menjaga fungsi usus besar bekerja optimal dan mencegah sembelit.

Masih malas minum air putih? yuk lihat dan hayati lagi 6 fungsi air putih di atas.
Jangan lupa minum air putih minimal 8 gelas sehari ya agar tubuh Anda tetap fit, sehat dan segar.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *