Wisata Seharian di Batu Malang

Malang adalah kota terbesar kedua di Jawa Timur setelah Surabaya. Dan tentunya banyak sekali objek wisata yang dapat dikunjungi di Malang ini. Apalagi bila melipir sedikit ke arah Batu. Kota Malang terkenal dengan buah apel nya mempunyai hawa yang sejuk, mirip lah dengan Bandung. Bila Bandung memiliki Lembang maka Malang memiliki Batu. Saking banyaknya objek wisata di Malang tentu tidak memungkinkan untuk menjelajahi kota Malang dan Batu dalam sehari saja. 

Nah bila kamu cuma waktu 1 hari saja di Batu Malang, mungkin tulisan ini dapat membantu.

1. Taman Selekta
Selecta atau Selekta adalah salah satu tempat rekreasi di Kota Batu yang menawan. Lokasi Selecta berada di ketinggian 1150 m dari permukaan laut. Untuk mencapai Selecta kita perlu menempuh jarak sejauh 8 km ke arah utara dari pusat pemerintahan kota Batu.
Jika Anda melakukan perjalanan dari Malang, waktu yang dibutuhkan kira-kira hanya setengah jam. Bagi Anda yang memulai perjalanan dari kota Surabaya dibutuhkan kurang lebih 2 jam untuk mencapai Selecta.
Area Selecta atau Selekta ini dikelilingi oleh 3 gunung besar, yaitu Gunung Arjuno, Welirang, dan Anjasmoro. Wisata Selecta ini didirikan oleh seorang warga Belanda bernama Ruyter de Wildt yang awalnya dipergunakan sebagai tempat peristirahatan bagi warga Belanda di Indonesia. Sesuai dengan namanya kata ‘Selecta’ itu sendiri berasal dari kata ‘Selectia’ artinya ‘Pilihan’. Tak heran juga bila taman ini masuk kedalam salah satu properti di permainan Monopoli :-).
Selecta dikenal sebagai salah satu tempat rekreasi tertua di kota Batu. Namanya tidak hanya terkenal di indonesia namun juga di mancanegara seperti di Belanda, Malaysia ataupun Taiwan.
Tujuan wisata utama di Selecta adalah kolam renangnya serta taman bunga beraneka warnanya yang cantik. Kolam renang yang tersedia di Selecta tersebut memiliki berbagai variasi kedalaman maupun variasi seluncuran serta papan loncat.
tamanbungaselekta Selecta   Taman Bunga & Kolam Renang
Pada saat kita memasuki gerbang Selecta kita telah disuguhi dengan pemandangan elok bunga-bunga dari berbagai jenis dan warna seluas 4 hektar, mulai dari aster, carnation, hydrangea, dll.
Seiring bertambahnya waktu, wisata di Selecta kini semakin berkembang. Pengunjung bisa bermain sepeda air, berkuda di sekitar wilayah Selecta, hingga yang terbaru adalah area rekreasi petualangan outbond dengan flying fox-nya.


2. Kusuma Agrowisata

Kusuma Agrowisata terletak di Jalan Abdul Gani Atas, Kota Batu,Malang, Jawa Timur Kota Batu terletak 19 km dari kota Malang dan berada pada ketinggian antara 680 – 1.700 m di atas permukaan laut. 
Kusuma Agrowisata Batu Malang
PT. Kusuma Satria Dinasasri Wisatajaya (Kusuma Agrowisata Batu Malang) didirikan oleh Ir. Edy Antoro pada lahan seluas 4 ha pada tahun 1989.  Tahun 1992 mulai membangun cottage sebanyak 16 kamar kemudian pada tahun berikutnya (1993) menambah kamar menjadi 66 buah dan fasilitas yang lain diantaranya kolam renang, restoran,dan ruang pertemuan. Tahun 1995 dibangun hotel tiga lantai sehingga total kamarnya menjadi 152 kamar. Tahun 1996 dibangun rumah kaca (green house) untuk tanaman hias dan menanam jenis kopi Arabika kerdil varietas Kartika 1 seluas 9 ha dan berikutnya pada tahun 1997 membuka usaha estate dan travel. Tahun 1998 hingga 2000 menambah jenis tanaman untuk wisata agro yaitu stroberi dan membangun green house lagi untuk sayur dan tanaman jenis hidroponik lainnya. Tahun itu pula dibangun home industry dengan bahan utama buah apel.
Kusuma agrowisata menyediakan 5 jenis paket wisata dengan harga dan fasilitas yg berbeda-beda pula. 
Di sini, wisatawan bisa berkeliling perkebunan apel, memetik langsung buah apel dari pohonnya, bahkan langsung bisa memakannya. Eitts.. tapi setiap orang hanya boleh memetik 3- 4 buah lho yaaa :)


3. Batu Night Spectacular 

Lelah sepanjang siang berjalan-jalan di taman? saatnya berkunjung ke Batu Night Spectacular (BNS) pada malam hari. 
Yap! Tempat wisata ini emang hanya dibuka malam hari aja. Untuk wahana bermainnya juga bermacam-macam, ada yang rumah hantu, sepeda terbang, taman lampion, dan masih banyak lagi. 

Food court-nya juga memiliki konsep yang menakjubkan. Wisatawan akan disuguhi oleh show time, pertunjukan musik dan air, serta di langit-langitnya ada screen yang gedeeee bingits. 

Nah itu adalah 3 tempat wisata yang wajib Anda kunjungi bila berkesempatan mampir di Malang, 1/2 hari di taman selekta, 1/2 hari di kusuma agrowisata lalu malamnya ke BNS.

Selamat mencoba …

Artikel Ala Urang ini dikenal, sbb :

wisata malang dalam seharian -cara menempuh ke selecta -seharian di batu -

One comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *