5 Langkah Mudah Membuat Blog Sukses

Membuat blog merupakan proyek jangka panjang. Banyak sekali yang pada awalnya senangat 45 namun kemudian berhenti di tengah jalan karena menemui banyak rintangan. Beberapa tips berikut ini dapat digunakan agar Anda sukses membuat blog yang sesuai harapan Anda, apakah itu mendapatkan penghasilan dari blog / keperluan bisnis, meningkatkan personal branding (menguatkan posisi Anda di masyarakat) atau membuat blog karena hobi.

cara sukses membuat blog

1. Mulailah Membuat Blog

Tiada kesuksesan yang dapat diraih selain memulainya segera. Jadi bila Anda ingin sukses nge-blog sebaiknya mulailah membuat blog sekarang juga.
Tergantung dari domain dan hostingya, ada 2 cara membuat blog, yaitu membuat blog secara gratisan dan berbayar. Sebagai pemula yang baru belajar ngeblog dan belum sanggup membayar domain & hosting maka dapat membuat blog gratisan dengan platform blogger. Di blogger, Anda pun masih dapat menggunakan domain TLD (top level domain) / domain berbayar. Sementara dengan segala kemudahannya, bila Anda serius membangun blog maka sebaiknya menggunakan domain TLD / berbayar dengan platform WordPress. Anda tak perlu takut dengan pengaturan cpanel di hostingan Anda karena instalasi WordPress sendiri sangat mudah, hanya 1 klik saja dengan menggunakan fitur “Quick Install”.
Apapun platform yang Anda pilih, penting sekali memperhatikan pemilihan domain yang benar dalam membuat blog. Tergantung dari tujuan Anda membuat blog, sebisa mungkin domain yang Anda gunakan adalah nama Anda atau nama bisnis Anda dengan domain TLD yang berakhiran .com, .co.id, .org, .net.

 

2. Buatlah Blog dengan Niche Yang Anda Sukai

Seperti yang disebutkan di atas, membuat blog yang sukses memerlukan proses jangka panjang. Diperlukan usaha dan kesabaran dalam membuat blog sukses. Agar Anda tidak bosan dan berhenti di tengah jalan, sebaiknya buatlah blog yang membahas topik / niche yang Anda sukai / gemari, misalnya berkaitan dengan hobi atau sesuai dengan passion Anda. Sesuatu yang berkaitan dengan kegemaran Anda tak akan pernah membuat Anda lelah walaupun belum terlihat hasil yang nyata. Anda pun rela menghabiskan waktu Anda untuk melalukan sesuatu yang Anda senangi. Menurut hasil survey, kebanyakan blog yang ada di internet dan berkembang menjadi besar karena dibuat berdasarkan kegemaran.

 

3. Buatlah Blog Yang Bermanfaat

Banyak sekali blog yang tersedia dan bermunculan di internet. Agar blog Anda dapat muncul ke hasil pencarian teratas mesin pencari seperti Google, Bing dsb maka blog Anda harus dapat menyajikan sesuatu yang unik dan bermanfaat. Cara yang paling mudah untuk membuat blog bermafaat adalah dengan memposisikan diri Anda sebagai pembaca. Tanyakan pada diri Anda apakah Anda menemukan yang Anda cari? Apakah blog Anda pantas dibagikan ke orang lain?
Selain itu niche spesifik akan memperkuat posisi blog Anda di SERP / mesin pencari. Contohnya bila Anda menyenangi sesuatu yang berkaitan dengan bisnis online maka Anda dapat memilih niche spesifik khusus toko online. Semakin dalam / spesifik niche Anda maka semakin besar kemungkinan blog Anda dikenal dan muncul di halaman teratas Google.

 

4. Perbanyak Pengunjung Blog Anda

Walaupun faktor yang terpenting dalam sebuah blog adalah konten namun bukan berarti untuk membuat blog sukses, Anda hanya menunggu pengunjung / pembaca saja apalagi bila blog Anda masih baru dan belum dikenal orang lain.  Anda harus menggunakan strategi agar blog Anda dikenal dan dikunjungi banyak orang. 
Ada 2 cara memperbanyak pengunjung blog, yaitu cara berbayar dengan menggunakan iklan dan cara gratisan dengan cara blogwalking / meninggalkan komentar di blog orang lain, guest posting / sebagai Penulis tamu di blog orang lain yang lebih terkenal, aktif di forum / komunitas online, share di sosial media dsb. 
Apapun cara memperbanyak pengunjung blog yang Anda gunakan, jangan lupa memberikan link blog Anda agar para pembaca dapat mengunjungi blog Anda. Perlu diingat, cara gratisan tentunya memerlukan usaha dan memakan waktu yang lebih banyak.

 

5. Jadilah Seorang Yang Ahli di Niche Blog Anda

Seseorang yang ahli memiliki pengetahuan dan wawasan luas, selalu senantiasa mampu memberikan solusi pada para pengunjung blog akan membuat Anda semakin dipercayai dan dikenal masyarakat luas.  Anda dapat menambah pengetahuan Anda dengan terus membaca, diskusi, melalukan survey dan berbagi pengalaman dengan para praktisi lapangan. Saat Anda menjadi ahli pada bahasan blog Anda maka akan mudah sekali menarik pengunjung dan meraih posisi atas di SERP.
Itulah 5 langkah sukses membuat blog. Ingat blog yang terkenal dan memiliki ribuan pengunjung atau lebih akan lebih mudah dimonetisasi untuk menghasilkan uang.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *