Pengertian Sayuran dan Perbedaannya Dengan Buah Lengkap Dengan Contohnya

Pengertian Sayuran dan Buah – Salah cara hidup sehat adalah memperbanyak konsumsi buah dan sayur karena buah dan sayur ini kaya serat dan nutrisi. Namun apakah Anda tahu apa pengertian buah, apa pengertian sayuran, dan apa perbedaan antara keduanya? Pasalnya perbedaan sayur dan buah masih saja menjadi perdebatan sampai sekarang.

Nah bagi Anda yang masih saja bingung menyebutkan yang mana buah dan mana sayur, berikut ini akan diulas mengenai pengertian sayuran dan perbedaannya dengan buah yang perlu diketahui dari berbagai sudut pandang. Yuk ikuti ulasan AlaUrang.com berikut ini …

pengertian sayuran dan perbedaannya dengan buah
pengertian sayuran dan perbedaannya dengan buah (image: wonderopolis.org)

Baca juga: Pengertian dan Perbedaan Sampah Organik dan Anorganik Lengkap Dengan Contohnya

Mengenal Arti Sayuran

Tanaman sayur adalah tanaman yang menghasilkan sayuran, baik tanaman semusim (annual), tanaman dua musim (biannual), maupun tanaman tahunan (perennial), baik yang berupa tanaman sukulen (herbaceous), merambat (viny), semak (shrubby) dan pohon (tree) yang bukan merupakan tanaman penghasil makanan pokok atau tanaman pangan (field crop).

Sayuran adalah tanaman yang lunak (succulent plant) secara utuh atau sebagian (seperti bagian tunas, daun, batang, buah, biji, dan akar) yang dapat dikonsumsi secara langsung dalam bentuk segar (mentah) atau diolah (dimasak) serta bukan merupakan tanaman pokok tetapi biasa dimakan sebagai pengiring atau pelengkap makanan pokok, ikan dan daging.

Baca juga: Menanam Sayuran Hidroponik Menggunakan Botol Minuman Bekas

Pengertian Sayuran dan Buah Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah beberapa definisi sayuran dari berbagai sumber yang dapat dipercaya:

Pengertian Buah  dan Sayuran Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (2014)

  • Buah merupakan  bagian tumbuhan yang berasal dari bunga atau putih dan biasanya berbiji.
  • Sayur merupakan  daun-daunan,  tumbuh-tumbuhan,  polong  atau  bijian,  dan sebagainya   yang  dapat

Pengertian Sayuran dan Buah-Buahan Menurut Ilmu Botani (Sediaoetomo, 2004 dalam Farida, 2010)

  • Buah merupakan bagian   dari   tanaman   yang   strukturnya   mengelilingi   biji   dimana   struktur tersebut  berasal  dari  indung  telur  atau  sebagai  bagian  dari  bunga  itu
  • Sayur adalah bahan makanan yang berasal dari bagian tumbuhan seperti daun, batang, dan bunga .

Bila menurut KBBI maka tomat digolongkan sebagai sayuran, sementara menurut ilmu botani maka tomat termasuk buah-buahan.

Definisi Sayuran Dilihat Dari Penggunaannya

Pengertian sayuran cenderung berbeda-beda dan berubah antar negara karena masyarakat setempat lebih menyukai penggunaan kata sayur atau sayuran berdasarkan pada penggunaannya.

Tanaman tertentu dapat digolongkan sebagai tanaman sayur di suatu negara, namun di negara lain mungkin digolongkan sebagai tanaman buah, tanaman hias, ataupun tanaman herbal. Kembali lagi ke contoh tomat di atas, di Indonesia ataupun di Asia, tomat digolongkan sebagai sayuran sementara di negara Eropa digolongkan sebagai buah. Alasannya karena kebiasaan orang Asia yang menggunakan tomat tsb dalam berbagai masakan sayur.

Begitu pula dengan cabai, labu, mentimun dimasukkan dalam kategori sayur bila dilihat dari cara memanfaatkannya.

Apa Saja Perbedaan Buah dan Sayuran?

Untuk menjawab ini, kembali lagi ke pengertian sayuran yang Anda pilih. Bila bicara tentang kuliner maka buah merupakan bagian tanaman yang biasanya berbiji dan biasanya dikonsumsi langsung. Sementara sayuran adalah bagian tanaman yang dapat dimasak.

Namun bila mengikuti ilmu biologi ataupun botani, maka bagian tanaman yang memiliki biji disebut buah, sementara makanan selain buah disebut sayuran.

Kesimpulan

Pengertian sayuran, definisi buah, serta pengertian buah dan sayuran dapat saja berbeda di masyarakat maupun antar negara.

Perbedaan sayuran dan buah-buahan tsb dapat didefinisikan melalui pendekatan pengertian sayuran dan buah menurut ilmu botani ataupun cara memanfaatkannya.

Artikel Ala Urang ini dikenal, sbb :

pengertian sayuran menurut para ahli -perbedaan buah dan sayur -pengertian tanaman sayuran -pengertian buah dan sayur -pengertian buah menurut para ahli -definisi buah dan sayur -pengertian sayur menurut para ahli -https://alaurang com/2018/03/pengertian-sayuran-dan-buah html/ -arti sayuran dan buah -pengertian sayur -

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *