5 Peluang Usaha Bisnis di Bulan Puasa Yang Potensial

Bulan Ramadhan / bulan puasa yang akan datang sebentar lagi memang sangat special. Tak hanya suasana ibadah umat muslim yang terasa lebih khidmat namun pula banyak tradisi yang dilakukan selama bulan puasa ini. Selain itu, dilihat dari kacamata bisnis, terdapat banyak peluang usaha bisnis di puasa yang potensial dan masih terbuka lebar.

Banyak orang yang berhasil memanfaatkan momen ini dan menangkap peluang usaha bisnis di bulan puasa. Bila Anda seorang pebisnis atau Anda ingin memulai bisnis, tak ada salahnya bila Anda memanfaatkan momen bulan puasa ini. Lalu apa saja ya peluang usaha bisnis di bulan puasa yang potensial dan menggiurkan keuntungannya

Peluang Usaha Bisnis di Bulan Puasa Yang Potensial

1. Peluang Usaha Bisnis Kuliner Untuk Berbuka Puasa

Bisnis kuliner memang tidak ada matinya dan merupakan peluang usaha yang sangat potensial di bulan puasa. Seperti yang Anda ketahui, hal yang paling ditunggu orang berpuasa adalah saat berbuka puasa. Pada awal-awal puasa mungkin para ibu rumah tangga masih semangat menyiapkan hidangan untuk berbuka puasa. Namun pada hari-hari berikutnya, karena kepraktisannya, para ibu lebih cenderung membeli makanan dari luar.

Bila Anda ingin memanfaatkan peluang usaha bisnis kuliner di bulan puasa, penting sekali untuk selalu menggunakan bahan baku segar yang berkualitas dan harga jual yang terjangkau. Selain itu untuk meningkatkan penjualan, Anda dapat menjual produk kreasi unik. 

2. Bisnis Kue dan Parcel Lebaran

peluang usaha bisnis di bulan puasa yang potensial
photo credit: lintas.me
Silaturahmi dan tradisi berkunjung ke rumah tetangga atau sanak saudara akan lebih menyenangkan bila ditemani dengan kue-kue kering khas lebaran. Memang ada yang berusaha membuat kue lebaran ini sendiri namun banyak juga yang lebih memilih kue tsb dari luar. Bagi Anda yang memiliki keahlian membuat kue kering yang enak, cantik dan menarik, tak ada salahnya melakukan promosi di bulan ini seperti memberikan tester gratis untuk menarik pelanggan baru dan meningkatkan penjualan.

Selain bisnis kue, peluang usaha bisnis di bulan puasa yang masih terbuka lebar adalah bisnis parcel lebaran. Parcel dapat dikirimkan kepada kolega bisnis maupun sanak keluarga sebagai pengganti Anda yang tidak dapat datang bersilaturahmi di hari raya atau hanya sebagai buah tangan saja. Berbagai rancangan parcel lebaran menarik dapat Anda tawarkan yang dapat terdiri dari makanan, kue kering, perlengkapan ibadah, dll. Bila Anda membuat parcel makanan penting sekali untuk memeriksa kadaluarsa produk tsb.

3. Bisnis Busana Muslim

Ada tradisi di lebaran atau hari raya Idul Fitri untuk menggunakan baju baru terutama baju muslim untuk dikenakan saat hari raya. Tentu saja ini membuka peluang usaha bisnis di bulan puasa. Anda dapat memproduksi baju muslim sendiri atau berkerja sama dengan supplier baju muslim yang ada. Keunikan desain akan menarik konsumen untuk membeli baju yang tidak pasaran.

5. Penyalur Asisten Rumah Tangga dan Baby Sitter 

Banyaknya para asisten rumah tangga / baby sitter yang mudik saat lebaran membuat para ibu rumah tangga merasa kerepotan dengan banyaknya pekerjaan rumah tangga yang menumpuk. Peluang usaha bisnis di bulan puasa ini dapat Anda manfaatkan dengan menyediakan jasa asisten rumah tangga / baby sitter musiman yaitu hanya selama bulan bulan puasa hingga hari raya.

Namun pastikan bahwa sumber daya manusia (SDM) yang Anda rekrut adalah orang yang dapat dipercaya dan memiliki kemampuan untuk melakukan pekerjaan rumah tangga.

5. Bisnis Reservasi Tiket Transportasi

Mudik merupakan tradisi yang biasa dilakukan saat bulan puasa menjelang lebaran. Tak mengherankan bila tiket transportasi seperti kereta api, bis, maupun pesawat sering ludes terjual bahkan sebelum masuk bulan puasa dengan adalanya pembelian tiket secara online. Namun tak semua orang mengerti cara membeli tiket online. Anda dapat memanfaatkan peluang usaha bisnis di bulan puasa ini dengan menawarkan jasa reservasi tiket transportasi, selain mendapatkan keuntungan juga dapat membantu orang yang kebingungan mencari tiket untuk pulang kampung. 

Itulah contoh 5 peluang usaha bisnis di bulan puasa yang paling potensial yang dapat Anda coba dan kerjakan. Kejelian Anda menangkap dan memanfaatkan peluang usaha tsb merupakan titik awal keberhasilan Anda. Selain fokus pada produk / layanan jasa yang Anda berikan, berusahalah untuk selalu menjaga kepercayaan konsumen.

Artikel Ala Urang ini dikenal, sbb :

usaha special bulan puasa -

Rekomendasi Link Artikel dari Sponsor:

loading...

One comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *