Resep Makanan Korea – Kumpulan Paling Mudah

Resep makanan Korea – Seiring berkembangnya zaman, kebudayaan Korea pun semakin banyak peminatnya di Indonesia. Namun, orang yang menggemari kebudayaan korea ini tidak semuanya bahkan kebanyakan dari mereka hanya menyukai sub kebudayaannya saja seperi k-pop contohnya.

Namun meskipun demikian, peminat makanan korea pun juga tidak kalah jumlahnya, bahkan bisa dibilang lebih banyak dari pada jumlah orang yang menyukai budaya k-pop dari negara ginseng itu. Hal ini bisa kita lihat dan buktikan dengan banyaknya gerai-gerai yang menawarkan berbagai jenis dan ragam resep makanan asal Korea.

Apalagi di Kota Jakarta ini, jumlah restauran atau gerai yang menjual makanan Korea ini jumlahnya sudah sangat menjamur dan bisa kita temui di mana saja. Di kota-kota besar lainnya seperti Surabaya, Jogjakarta, dan Bandung pun juga cukup banyak restauran Korea.

Memang sih tidak aneh jika banyak orang yang menyukai cita rasa dari kuliner yang berasal dari negeri gingseng ini, karena memang rasanya sangatlah enak dan bisa dibilang juara deh. Nah, jika Anda penasaran dan ingin mencoba sendiri membuat makanan Korea, penulis sudah menyiapkan beberapa resep yang bisa Anda coba di bawah ini.

Kumpulan Resep Makanan Korea

  1. Resep Kimchi Putih Atau Baek Kimchi

Sebagai permulaan, sebaiknya kita mulai dulu dengan resep makanan yang paling mudah untuk dibuat, yaitu Kimchi Putih. Kimchi sendiri pastinya adalah sebuah makanan yang pertama kali muncul di kepala kita saat sedang membicarakan makanan Korea.

Sayangnya, membuat Kimchi ini cukup sulit jika Anda tidak memiliki yang namanya gochujang. Jadi karena kekurangan bahan tersebut, kita tidak bisa membuat kimchi dengan rasa pedas. Oleh karena itu kita bisa mencoba untuk membuat kimchi putih yang tidak memiliki rasa pedas.

Baca juga: Ini Loh Alasan Mengapa Drama Korea Sangat Digemari

Bahan-bahannya adalah sebagai berikut:

  • 1 sawi putih
  • 4 sdm garam
  • ½ bawang bombai
  • 4 siung bawang putih
  • jahe
  • dan filling kimchi yang terdiri dari daun bawang, cabe, dan wortel

Setelah bahan-bahan tersebut Anda dapatkan, maka cara membuatnya adalah sebagai berikut:

  1. Belah sawi putih menjadi 4 bagian, lalu taburkan 2 sdm garam ke dalam kimchi tersebut dan pastikan garam tersebut tersebar secara merata.
  2. Lalu diamkan sawi putih tersebut di dalam tempat tertutup selama kurang lebih 8 jam. Setelah 8 jam, silahkan buang cairan sawit tersebut kemudian cuci dengan air bersih dan sisihkan.
  3. Kemudian potong sayuran untuk filling kimchi dengan bentuk memanjang dan bumbui dengan sedikit garam dan gula.
  4. Campurkan filling sayuran tadi ke dalam kimci dan pastikan filling tersebut mengisi sela sela sawi yang akan dijadikan kimchi.
Baca juga:  Resep Masakan Dari Kentang yang Enak

Baca juga: Hati-Hati Goyang Ujung Goyangan Dangdut Ala Korea Mulai Masuk Indonesia!

Setelah selesai, Anda bisa melanjutkan untuk membuat kuah kimchi dengan cara:

  1. Blender bawang bombai hingga halus lalu sisihkan
  2. Potong tipis bawang putih dan jahe lalu sisihkan
  3. Lalu campurkan bawang bombai yang sudah diblender tadi dengan potongan bawang putih dan jahe lalu campurkan dengan 2 sdm garam dan 8 gelas air
  4. Lalu masukkan kuah kimchi tersebut ke dalam sebuah wadah yang sudah diisi kimchi yang tadi sudah Anda buat
  5. Kemudian tutup rapat dan diamkan selama kurang lebih 2 hari hingga kimchi siap untuk dinikmati.

Baca juga: Masak Apa Ya Hari Ini?

  1. Pancake Kentang Korea Atau Gamja Jeon

Resep makanan korea yang selanjutnya adalah Gamja Jeon atau pancake kentang ala Korea. Makanan yang terbuat dari bahan dasar kentang ini selain enak, juga mudah untuk dibuat loh. Rasa gurih yang dimiliki oleh Gamja Jeon ini gurih dan cocok untuk dijadikan snack atau makanan utama. Namun jangan kaget jika rasa Gamja Jeon ini mirip dengan perkedel kentang ya.

Bahan-bahannya adalah:

  • 260 gram kentang
  • ½ bawang bombai
  • 1 biji cabai hijau, potong kecil-kecil
  • garam secukupnya

Cara membuatnya resep makanan korea ini adalah sebagai berikut

  1. Langkah pertama adalah dengan menghaluskan kentang dengan mixer atau dengan menggunakan blender
  2. kemudian haluskan juga bawang bombai dan campurkan ke dalam adonan kentang, jangan lupa untuk memberi sedikit garam sebagai bumbu
  3. Selanjutnya panaskan wajan atau teflon dengan minyak hingga cukup panas
  4. Jika teflon sudah mencapai suhu panas yang cukup, silahkan Anda masukan adonan kentang yang sudah dibuat tadi dengan ukuran seperti Anda sedang membuat bakwan
  5. Saat pancake kentang tersebut sudah akan matang, hias bagian atasnya dengan menggunakan cabai hijau, lalu balik pancake tersebut agar matang merata
  6. Pancake Kentang Ala Korea pun sudah siap untuk disajikan.

 

Itulah beberapa resep makanan Korea yang bisa Anda coba praktikkan sendiri dirumah, caranya pun sudah penulis berikan dan cukup mudah. Tidak percaya? Silahkan coba sendiri. Semoga bermanfaat dan terima kasih sudah mampir.

Artikel Ala Urang ini dikenal, sbb :

daftar resep makanan korea -

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *