Cara Naik KRL Commuter Line Untuk Pemula

Cara Naik KRL Untuk Pertama Kali – Saat pertama kali memang selalu membuat kita was was, takut ini dan takut itu. Begitu pula bila Anda akan menggunakan jenis angkutan kereta KRL / Commuter Line pertama kali tentunya Anda akan bingung, baik dari segi jenis kereta yang akan dinaiki maupun cara pembelian tiketnya. Anda tak perlu malu atau sungkan karena banyak kok para pemula yang terus bertambah setiap harinya hehehe…

cara naik kereta commuter line
image credit: m.tempo.com
Kebutuhan angkutan transportasi publik yang murah dan cepat memang sudah menjadi kebutuhan utama masyarakat terutama yang tinggal di sekitar jabodetabek (Jakarta Bogor Depok Tangerang dan Bekasi). Ada yang bekerja di daerah Jakarta kota namun rumah tinggal di pinggiran seperti Depok dsb, begitu pula sebaliknya. Sementara kondisi kemacetan kota Jakarta sendiri semakin parah saja. Oleh karena itu naik KRL merupakan salah satu alternatif terbaik saat ini.
 
Baca juga: Cara Perpanjangan SIM Online dengan Aplikasi SIMOBO

Cara Naik Kereta KRL / Commuter Lain Bagi Para Pemula

Berhubung admin AlaUrang sekarang ini sering bolak balik Depok Tangerang maka berikut ini beberapa tips untuk Anda yang pertama kali akan menggunakan angkutan KRL, yaitu:

1. Tentukan Stasiun Tujuan Anda
Ini sudah jelas ya, tanpa tujuan bagaimana Anda tahu naik kereta KRL yang mana? Jadi pastikan Anda mengetahui daerah tujuan dengan jelas. Setelah itu cobalah tanya-tanya ke saudara, teman atau yang lainnya stasiun KRL terdekat dengan daerah tujuan Anda. Anda pun dapat menggunakan bantuan google maps yang sekarang semakin canggih saja dilengkapi fitur rute berdasarkan jenis kendaraan yang dapat Anda gunakan.

2. Pastikan Anda Membeli Tiket Sesuai Stasiun Tujuan Anda
Pastikan Anda mengetahui jenis KRL yang akan Anda naiki karena setiap kereta memiliki jalur / rute yang berbeda. Misalnya Anda akan pergi ke daerah Karang Tengah Tangerang maka KRL yang sebaiknya Anda pilih dari stasiun Depok / Pondok Cina adalah KRL tujuan Tanah Abang – Duri atau Tanah Abang – Jatinegara lalu ganti kereta dengan tujuan Tangerang. Untuk memudahkan Anda berikut ini adalah foto rute KRL:

 
peta rute KRL
Peta Rute KRL (krl.co.id)
Untuk beberapa stasiun seperti PoCin sudah menggunakan “commuter vending machine” untuk pembelian tiket baru maupun top up. Anda tak perlu takut karena banyak panduan cara menggunakannya dan bila bingung mintalah bantuan petugas. Pastikan Anda memiliki uang 50 ribuan atau di bawahnya karena mesin tsb belum dapat menerima pecahan 100 ribuan.
 
Berikut cara membeli tiket di CVM yang saya ambil dari youtube:
 
 
Oh ya perlu Anda ketahui bahwa ada 2 jenis tiket KRL yaitu multi trip (berlangganan) dan THB (tiket harian berjaminan). Bagi Anda pemula silahkan beli jenis tiket THB saja. Uang jaminan THB adalah 10ribu rupiah yang dapat Anda ambil saat Anda keluar dari stasiun.

Pastikan Anda membeli tiket sesuai stasiun tujuan Anda agar Anda tidak terkena penalty dimana uang jaminan Anda tidak akan dikembalikan.

3. Pastikan “Tap” Tiket Saat Masuk Maupun Keluar Stasiun
Cara ini untuk mencegah Anda terkena hukuman juga.

4. Naik KRL Yang Tepat
Saat menunggu kereta, pasang mata dan telinga Anda untuk informasi kedatangan kereta tujuan Anda jangan sampai Anda salah naik maupun terlewat. Oh ya gerbong kereta pertama dan terakhir biasanya ditujukan untuk para wanita. Namun bila Anda wanita, kemungkinan Anda mendapatkan tempat duduk lebih besar bila Anda naik di gerbong campuran.

5. Perhatikan Rute KRL
Setelah Anda naik KRL, sebisa mungkin perhatikan rute KRL yang biasanya dipasang di atas pintu, ada berapa stasiun untuk sampai ke tujuan Anda, perhatikan juga informasi yang biasanya diumumkan saat akan turun di setiap stasiun, jangan sampai Anda tertidur dan terlewat turun, terutama bila Anda akan transit dan ganti kereta.

Itulah cara naik kereta KRL / commuter line untuk pemula yang perlu diketahui. Namun selain itu ada juga beberapa tips naik KRL yang nyaman dan aman ya …

Tips Naik Kereta KRL / Commuter Line Yang Nyaman dan Aman

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Anda coba:

1. Jagalah Kebersihan Diri
Gunakan baju yang bersih, mandilah sebelum bepergian, dan gunakan deodoran jangan sampai bau badan Anda mengganggu penumpang lainnya.

 
2. Gunakan Alas Kaki Yang Nyaman
Karena Anda kemungkinan besar akan berdiri, gunakanlah alas kaki yang nyaman. Sebaiknya hindari high heel ..

3. Gunakan Masker
Masker selain dapat mengurangi penyebaran penyakit yang menular dari udara, Anda pun dapat menutupi wajah Anda sehingga tidak terlalu malu bila tertidur (hehehe ..)

 
cara naik KRL yang nyaman
Pake Masker (image credit: kaskus.co.id)

4. Perhatikan Barang Bawaan Anda
Tindakan kriminal dapat terjadi kapan dan dimana saja, oleh karena itu tampilah sederhana dan usahakan barang bawaan Anda ada dalam pengawasan Anda. Hati-hati juga bila Anda menaruh barang di rak di atas tempat duduk, jangan sampai terlupa dibawa saat turun.

 

5. Patuhi Peraturan Yang Ada Di Kereta
Agar naik kereta KRL dapat aman dan nyaman sebaiknya patuhi saja peraturan yang telah ditetapkan, seperti tidak makan dan minum, tidak membawa barang berbahaya, dll.

Nah itulah beberapa tips atau cara naik KRL / Commuter Line yang aman dan nyaman bagi Anda penumpang yang pertama kali. Intinya sih jangan takut mencoba dan malu bertanya … Semoga bermanfaat …

Artikel Ala Urang ini dikenal, sbb :

cara naik krl -cara naik kereta -cara naik commuter line -cara beli tiket krl -cara naik kereta krl -cara membeli tiket krl -cara beli tiket commuter line -cara naik kereta api -tata cara naik KRL -naik krl -

184 comments

  1. oh ya,jadi kalo misalkan udh beli satu tiket,trs beli lagi,tapi ga minta uang jaminan,itu rugi ga sih:3 biar selanjutnya kali aja bisa minta ke loketnya:3

    1. Asalkan ga melebihi 7 hari ga masalah. Misalnya mbak beli tiket THB hari ini lalu tak perlu ditukar uang jaminannya bila besok mau dipakai lagi. Uang jaminan tidak akan hangus selama masih dalam waktu 7 hari sejak aktivitas terakhir.

  2. Met siang Admin.. saya mau naik com.line nih..dari bekasi ke tangerang kota.. caranya gimana nih.. di kampung saya di sulewesi sana ga ada kereta sih.. pas di ada di bekasi pengen ke tangerang..kasih tau donk.. makasih yaa admin.

    1. Cara naik commuter line dari bekasi sebetulnya sama saja sperti yg diuraikan di atas. Jd klo dr bekasi nt naik krl tujuan manggarai dulu, turun di manggarai trs naik krl lagi yg ke duri/jatinegara/kampung bandan trs turun di duri lalu naik lg krl yg ke tangerang. Beli tiket THB nya cukup sekali saja, info aj petugasnya klo tujuan mau ke tangerang. Klo bingung, jgn sungkan tanya petugas ya :-). Mereka cukup banyak kok di stasiun :-). Ok selamat ber kereta api ria ..!

  3. Kak aku dari palmerah mau ke fakultas hukum ui yg letaknya itu di pondok cina harus naik krl yg kemana ya? Soalnya aku bkn org sini 🙁

    1. Dari stasiun palmerah naik krl tujuan tanah abang lalu ganti kereta di tanah abang naik krl tujuan depok / bogor & turun di stasiun UI. Semoga membantu 🙂

  4. Kak, kalau dari stasiun pasar senen ke bogor ( sekitaran sentul international conv.center) rute nya gmn ya ? Tolong infonya ya kak.

    1. Hmm agak ribet juga sih klo dr senen ke sentul. Klo mau coba palingan naik krl dr st. Godangdia tujuan bogor. Trs dr st.bogor naik ojek / taxi oline aj untuk ke sentulny hehehe

      1. Mbak mau interview ya? Saya jg msh bingung kesana kalau menggunakan KRL.. Tapi page ini cukup banyak membantu.. Terima kasih

        1. Wah mau pada interview ternyata .. pantesan banyak yg tanya cara naik commuter line ke sentul 🙂 .. Ok good luck ya! Semoga semuanya dilancarkan aamiin ..

  5. Min,mohon info saya dari cirebon mau ke bogor tepatnya ke sentul international convention center. Nah brti sy turun d stasiun manggarai kah? Lalu naik Krl tujuan bogor?

    1. Maaf sy kurang tau klo kereta cirebon bisa turun di manggarai :-). Tapi klo mba ikah yakin bisa turun di manggarai silahkan sj. Ya betul nt dr manggarai tinggal naik krl tujuan bogor sj. Bis itu tinggal naik ojek / taxi online ke sentul ..

  6. Kalau dari pasar senen ke st nambo bagaimana? Katanya stasiun paling deket dari Cileungsi ya nambo itu. Kalau iya bagaimana cara belinya? Atau ada rute lain?

    1. Maaf kurang tau klo cileungsi. Yg jelas kereta nambo itu lewat cibinong. Cara naik & membeli tiket krl nambo ya sama saja, tinggal beli THB di stasiun atau tinggal pake KMT, cuman yah kereta ny masih jarang jadi perlu tahu dulu jadwalnya biar ga nunggu terlalu lama 🙂

  7. Min berarti klo misal dari bogor kita mau turun di stasiun cikini, pas beli tiketnya bilang tujuan cikini apa jkt kota?

    1. Bilang aj beli tiket kereta langsung ke stasiun tujuannya yaitu cikini. Karena beda stasiun kadang beda harga tergantung jaraknya.

  8. Admin saya mau tanya dong, saya mau naik KRL dari stasiun serpong ke stasiun jatinegara. Saya mau beli tiket yg harian, nanti jaminan itu ditukarkan lagi ketika kita sudah balik lagi ke stasiun serpong gitu ya?

    1. Bila sudah turun & tidak akan naik KRL lagi sebaiknya segera tukarkan kartu tiket harian / THB dengan uang jaminan.

      1. Oh begitu yaa. Tapi kalau saya habis dari jatinegara balik lagi ke serpong, pakai kartu tsb masih bisa kan? Baru nanti ditukarkan di stasiun serpong begitu ya?
        Maaf admin saya baru disini

        1. Bisa tapi jgn lupa beli isi ulang tiket ke tujuan serpong dl ya. Nanti klo sdh turun langsung tukarkan saja tiketnya dgn depositnya.

  9. Min saya dari bekasi, pengen ke st. Rawa buaya dan ini first time naik KRL, mohon bantuannya min saya masih bingung

    1. Dr bekasi naik KRL turun di st. Manggarai, trs naik KRL lg tujuan duri / jatinegara / kp. Bandan turun di st. Duri. Dari Duri naik KRL tujuan tangerang turun di st. Rawa Buaya.
      Jgn lupa beli tiket langsung tujuan Rawa Buaya.
      Jgn sungkan jg bertanya pada petugas stasiun / security klo bingung & ragu. Good luck 🙂

  10. Besok saya coba pertama krl dari stasiun bekasi ke gambir
    Tapi kok ada tanda bulat merah. Apa arti nya krl gak berhenti di gambir ya. Trus saya turun di mana ?

    1. Iya betul sekali, tanda bulat merah artinya kereta tak berhenti di stasiun tsb. Bila agan mau ke gambir saya sarankan turun di stasiun terdekat seperti st. Juanda lalu bisa naik ojek online ke gambir. Semoga membantu ..

  11. Min tolong bantu saya ingin ke stasiun buaran dari stasiun serpong, setiap saya ganti kreta apa kah saya hrs beli tiket tujuan dlu ? Atau saya turun tanah abang syg lgsg naik kereta saja ??

    1. Saat mengisi / membeli tiket kereta THB pastikan membeli sampai tujuan akhir. Jadi tak perlu isi setiap transit / naik – turun krl. Bila agan terlanjur membeli tiket hanya sampai stasiun transit pastikan isi ulang lagi THB nya s/d stasiun akhir. Kurangnya dana pada THB dapat mengakibatkan kartu THB anda disita petugas & depositnya hilang deh. Semoga jelas & membantu …

  12. min, mau nnya aku didepok mau kepamulang berarti rutenya gimna ya kalau naik dari stasiun pocin? stasiun terdekat yg mana min?

    1. Berarti jalurnya dr st. Pocin naik KRL tujuan tanah abang/duri/jatinegara. Transit di tanah abang naik kereta tanah abang – rangkasbitung. Nanti turun di st. Sudimara untuk lanjut ke Pamulang.

        1. Iya sama aja, itu rute baru kemarin loh tanah abang – rangkasbitung krn ada jalur yg ketutup untuk proyek commuter line tujuan bandara soeta.

          1. dr jatinegara naik krl tujuan bogor / depok trs turun di st. Duri. Dari duri naik lagi krl tujuan tangerang.

    1. Dari depok naik krl turun di st. Tanah abang terus ganti kereta tujuan serpong. Nanti turun di st. Serpong trus naik angkot atau ojek online aja 🙂

  13. min kalo dari stasiun bogor turun di stasiun tanah abang, nah dari tanah abang mau diterusin ke stasiun serpong. tiket nya beli lagi gk pas distasiun tanah abang?

    1. Klo di st bogor pas naik ud beli tiket pe serpong ya ga perlu beli tiket lg. Klo belum, beli tiket lg di tanah abang spy ga kena penalti (kartu ditarik petugas)

  14. Mas kalau mau naik krl dari stasiun senen ke jakarta kota. Gmn tuh mas caranya.. ?kalau d stasiun senen kita beli tiket nya ke loket atau pake mesin..? And untuk harga nya kira kira berapa mas..?

    1. Klo dr senen nt transit di manggarai trs ganti kereta yg tujuan kota. Kurang tau jg beli tiketny ud pake mesin apa blm. Tp yg manual sih harusny ada. Harganya murah, deposit 10 rb trs tiketnya ga akan lbh dr 10 rb an, tapi klo pastinya krg tau jg 🙂

      1. Kalau misalkan dari kemayoran ke jakk.. ? Kira kira berapa harganya mas. Pertama tama kita belitiket krl gmn tuh mas.. kurang ngerti.. ?

        1. Beli aja tiket THB di loket stasiun atau di mesin vending yg ada di stasiun saat akan naik kereta. Cara beli THB dr vending machine silahkan lihat lagi uraian & video youtube di atas.

  15. Hi, mo nanya dong.
    Kalo mau ke rangkas bitung dari manggarai kan transit yah di tanah abang. Nah saya kan beli tiket utk ke tanah abang(misal), tapi tujuan saya ke rangkasbitung. Bisa nggak kaya gitu yah?

    Dan Klo dah tiba di st.rangkasbitung tapi mau balik lagi ke tanah abang/atau manggarai, harus beli tiket lagi untuk ke tujuan akhir kah ?(status belum keluar dari stasiun rangkas.)

    terima kasih.

    1. Beli tiket langsung aj ke rangkas bitung.
      Selama belum “tap” tiket di pintu ya ga masalah klo mau balik lg, ga perlu bayar jg :-). Nt baru motong tiket pas keluar dr stasiun (tap tiket di pintu).

  16. Min maaf saya mau tanya kalo dari st. Kranji ke depok(st.pocin) rute sama tatacara pembelian tiketnya gimana ya? Maaf saya pemula dari luar kota min hehe

    1. Rutenya nanti naik krl dr st. Kranji tujuan kota terus transit di st. Manggarai pindah kereta tujuan Depok / Bogor turun di st. Pocin. Beli tiket keretanya ya sama saja, beli langsung THB di st. Kranji utk tujuan st. Pocin.

  17. Min mohon bantuannya, kalau mau naik kereta lokal jurusan Tanjung Priuk – Purwakarta tujuan purwakarta naiknya di stasiun pasar senen bisa gak ya atau harus di tanjung priuk aja?
    Saya dari balaraja kab. tangerang mau ke purwakarta naik kereta. Dan dari balajaranya kalau mau naik KRL itu naiknya di stasiun mana? terima kasih

    1. Saya krg tau jg, tapi sepertinya hrs dr st. Tanjung priok. Klo dr balaraja stasiun krl terdekat adl st. Tigaraksa nt dr situ bisa naik kereta rangkasbitung-tanah abang. Turun di tanah abang naik krl yg tujuan kampung bandan trs ganti kereta yg ke tajung priuk.

  18. Admin saya dari lebak bulus rencana mau ke bekasi , saya harus brngkat dari stasiun mana dan rute kereta mana .
    Mohon petunjukknya..terima kasih

    1. Dr lebak bulus lebih dekat dgn st. Pasar minggu sepertinya. Nt tinggal naik krl jurusan mana aja yg ke arah kota / jatinegara, nt trn di manggarai naik kereta yg ke bekasi.

  19. Min kalo mau naik KRL itu, di stasiun jabodetabek manapun yang ada di rute KRL kita bisa naik dan beli tiket? atau hanya stasiun jabodetabek tertentu? Makasih

    1. Tinggal beli tiket THB tujuan jatinegara trs naik krl turun / transit di duri, naik lagi kereta yg ke jatinegara. Transitny cukup sekali aj.

      1. min, mau tanya ni sy di jagakarsa mau ke jakk .gmn rute n carany gmn ya ..first time.. Mau tujuan ke jakbar ,,n jdwal keretany jm brp aj ya yg kearah jakbar

        1. Rutenya ud ada di atas tuh gan, cari aja stasiun terdekat untuk naik & turunnya .. Klo untuk jadwal agan ga perlu khawatir krn biasanya tiap 10-15 menit sekali selalu ada krl yg lewat :-). Jangan sungkan buat bertanya pada petugas stasiun ya ..

    1. Dr st. Palmerah naik kereta tujuan tanah abang trs naik krl tujuan depok / bogor / manggarai. Turun di manggarai trs naik krl yg ke bekasi deh

    1. Caranya sama aja, beli THB trus naik krl yg ke tanah abang/jatinegara. Turun di tanah abang trs naik kereta ke rangkas bitung deh

  20. Kalo yg antri satu orang tapi beli tiket KRL untuk 2 orang sekaligus bisa ga min? ,atau harus antri satu orang satu?. Makasih

  21. min mau tanya, kalo krl dari st. jatinegara ke bekasi harus transit di manggarai dulu ya..? minta penjelasannya min,,,,

    1. Naik kereta tujuan tanah abang trs ganti kereta tujuan depok / bogor trs turun di manggarai. Bis itu naik krl tujuan kota.

  22. Min saya tinggal di kebon jeruk, saya mau ke bekasi naik krl. Stasiun yg paling dekat dengan tempat tinggal saya dan melayani rute ke bekasi stasiun mana ya? Ini pertama kali saya mau naik krl more n. Tolong bantuannya makasih banyak.

  23. Min, aku mau tanya? Aku baru pertama kali akan naik kereta.
    Aku tinggal di tangerang mau ke bogor.
    Aku berangkat dr st. Poris tangerang ke st. Jakarta kota. Nanti transitnya di mana & berapa kali transit? Beli tiketnya langsung tujuan st.kota ya?
    Nanti dari st. Kota aku lanjut ke st.bogor berapa kali transit & transitnya di mana aja?
    Mohon petunjuknya min.

    1. Beli tiketnya lgs di st. Poris aj bilang mau ke bogor. Nt dr st. Poris naik kereta jur tangerang – duri, turun di st. Duri trs naik krl yg ke bogor. Jd cuma 1x transit.

  24. Hai kak, aku mau tanya dong. Kalau aku mau ke stasiun kota dari stasiun palmerah rutenya gimana? Apa aku beli tiket yang langsung ke stasiun kota atau transit dulu? Trus beli tiket THB sekaligus 3 bisa kan ya? Mohon pencerahannya, kak 🙂

    1. Beli THB lgs 3 ga masalah sepertinya. Beli aj tiket lgs ke st.kota. Dr palmerah nt transit di tanah abang trs naik yg ke manggarai/depok/bogor trs turun d manggarai naik yg ke kota.

  25. Halo mass.. saya mau naik computer lkne nih, mau beli tiket harian, kan loket ada banyak ya, apa semua loket bisa untuk beli tiket harian??. Sama balikin kartu jaminan apa hanya beberapa loket saja??

  26. Min klo misalnya pengen tau kereta mana yg dinaikin itu ntar dikasih tau nya gimana ya? Saya dari Bogor mau ke kota tua baru pertama kali naik kereta. Takut salah naik hehe. terima Kasih.

    1. lihat papan nama yg ada di kaca kepala kereta, disitu ditulis tujuan akhir kereta. Selain itu pasang telinga krn selalu ada info dr petugas lewat speaker bahwa kereta tujuan A datang atau siap berangkat. Bila ragu jgn sungkan utk tanya petugas security yg selalu ada dekat kereta.

  27. Min, numpang nanya klo naek krl dri klender ke stasiun kota itu transitnya dmn? Trs setelah sampe di transit, itu harus pindah peron gak? Udah lama ga naek kereta min hehehe..

    1. Iya ga perlu bayar lagi asalkan beli tiketnya lansung tujuannya. Misalnya dari depok mau ke tangerang nah beli THB nya langsung tujuan tangerang walaupun nanti transit di duri

  28. mas mau tanya nie, dari central park klo mau ke taman mini indonesia gimana canya klo naik KRL ?? Makasih

  29. admin ku mau tanya tolong d respons ya..
    dri stasiun jatinegara..ke pt.xacti depok itu rute kereta ny kemana ya??turun dmna??

    oia…min..mksudnya kartu’y d “tap”…itu apa???

    1. Tinggal naik krl jatinegara – depok / bogor, nt turun di stasiun pondok cina trs naik ojek online atau naik angkot 2 kali, klo buat naik angkot mba hrs jalan dl dikit ke jln margonda.
      Tap itu maksudnya kartu tiket nya ditempel di mesin buat keluar masuk stasiun.

  30. kakak maaf saya baru pertama kali, mau tanya kalo dari st. tangerang ke st. pasar senen gmn caranya kak? Trus byar tiketnya 1x aja atw gmn? thx

    1. Dari tangerang nt naik krl ke duri trs ganti kereta tujuan jatinegara. Cukup beli tiket THB 1 x saja asalkan beli untuk tujuan pasar senen langsung.

  31. mau nanya min. kalau saya beli tiket THB untuk rangkas bogor. dan saya gunakan bukan untuk PP. bisa kah di tukar jaminan di stasiun bogor? atau harus tukar di stasiun pembelian awal ( yaitu di rangkas)?

      1. saya udah keluar. trus kalau saya mau naik krl lagi kan ga perlu ambil kartu THB lg. saya beli tiket pakai kartu itu?

  32. Min.. Saya mah tanya, kira kira kalo mau ke kota tua dari stasiun pondok ranji itu tujuannya ke stasiun apa ya? Trus kira kira transitnya di mana? Makasi

    1. dari st. pondok ranji nanti trasit di tanah abang ganti kereta yang ke arah manggarai / depok / bogor. Turun di manggarai nanti naik lagi krl yang ke kota.

  33. Saya mau tanya.
    Besok jumat saya mau ke sidoarjo. Kira kira dari stasiun mojokerto ke stasiun sidoarjo ada kreta komuter ndak? Soalnya saya dari kertosono naik kereta dhoho.
    Tolong segera dijawab ya. Trimakasih

  34. min, mau tanya. kalo saya dari stasiun Jatinegara ke stasiun cibinong, pakai transit kah ? lalu transitnya di manggarai apa di citayam ya ? mohon pencerahannya. terimakasih

    1. Klo naiknya krl jurusan jatinegara – nambo sebetulnya ga perlu transit. Cuma krl jurusan ini memang agak jarang (ga sesering krl jurusan jatinegara – depok/bogor).

  35. Mohon maaf, mohon bantuan informasinya mas, untuk perjalanan dari stasiun Cibinong ke stasiun Poris, saya harus transit dimana, dan bagaimana rutenya? Atas bantuannya saya ucapkan terimakasih…

    1. Dr palmerah nanti naik krl tujuan tanah abang trs ganti kereta ke manggarai / depok / bogor turun di manggarai lalu naik krl yg ke bekasi

  36. Min kalo saya mau naik KRL prtma Kali nieh..Sya Pngin ke Psar tnah Abang dari Bekasi enaknya trun dmana ya..trus transit Dmna aj keretanya..Ntr sya mau balik lgie ke Bkasi thbnya beli lagi ga ya yg urusan ke Bkasi,
    Trim’,,,

    1. Transitnya di manggarai trs naik lagi krl yg ke tanah abang / duri / jatinegara trs turun deh di TA. THB bisa beli lgs pp atau nanti beli lg pas mau pulang di stasiun TA. Klo pulang pergi di hari yg sama sih saya saranin beli THB pp aja biar ga usah antri lg, tahu sendiri klo di st TA banyak bgt orang 🙂

  37. Mi, mau tanya nih, saya mau ke bogor, naiknya dari tanah abang, nah itu krl nya langsung kan? Ga brhnti di stasiun mana atau ga prlu ganti krl kan?
    Terus saya pake mandiri e-money nih, itu gimana proses pmbayarannya?

    1. Iya langsung ga pake transit asal naik krl tujuan bogor ya :-). Setau saya klo pake e-money lgs ‘tap’ aj kartunya di ‘gate’ tapi pastikan ada saldonya ya.

  38. Min mau nanya, dr bekasi timur itu plg deket stasiun mana kl mau ke jaksel jl jend Soed? Trus turunnya stsiun mana plg deket ke jl jend soedirman? Trmksh y

    1. semua krl dr bogor memang lewat manggarai tapi bila tujuannya mau ke tanah abang, agan bisa naik krl tujuan jatinegara / tanah abang / duri lalu turun di tanah abang. Walaupun kereta berhenti di manggarai, agan ga perlu turun, cukup pakai kereta yg sama. Kecuali bila agan naik krl yg jurusan kota maka betul harus transit & ganti kereta di manggarai.

  39. Min untuk rute yg akan diambil jatinegara ke jakarta kota, kalo dari jatinegara ke st. Jayakarta pas transit di manggarai ga perlu turun? Apa beli tiketnya harus disana langsung, gabisa pake flazz yg biasa di pake busway?

    1. Klo dr jatinegara mau ke kota ya harus transit & ganti kereta di manggarai. Beli THB bisa langsung di jatinegara, bilang aja ke kota.
      Tiket pake flazz kurang tau, coba ditanya saja ke petugasnya.

  40. min nanya dong rute KRL dari stasiun bogor ke tanah abang apakah ada transit/pindah kereta lagi, dan kira2 berapa sih waktu tempuhnya,

    1. Ga ada pindah kereta asal naik krl jurusa tanah abang / duri/ jatinegara. Waktu tempuh +/- 1 sd 1,5 jam lah

  41. Min kalau saya mau dari buaran ke Stasiun UI gimana? Transit di manggarai terus ganti kereta? Berarti beli 2 tiket? Terimakasih.

    1. Maaf buaran itu daerah mana ya?
      Ga perlu beli 2 tiket cukup bilang aja ke petugas beli tiket kereta tujuan UI 🙂

  42. Min, mau tanya nih kan rumah saya di Pasar Minggu kalo saya mau pergi ke Kota Tua itu gimana rutenya? apakah saya naik dari Stasiun Pasar Minggu baru atau Pasar Minggu Lama? biayanya berapa ya? apakah sekali jalan atau transit lagi? btw baru pemula naik kereta jadinya bingung hehe

    1. Stasiun mana saja boleh, pilih yg terdekat aj :-). Pastikan naik kereta jurusan kota agar ga perlu ganti kereta, jd nt cukup sekali naik sj trs turun deh di st kota.

  43. Min kalo udah beli tiket thb terus udah nempelin di pintu masuk, nanti di krl nya di tempel/ dicek lagi ngga?? Thx

  44. Saya dr stasiun jatinegara mau naik krl tujuan stasiun manggarai trus lanjut krl tujuan stasiun cibinong, jadi beli tiket nya bgmn mbak ???
    Apa sekali beli tiket thb waktu pertma turun d jatinegara uda bisa sklian bt ke manggarai & cibinong.atau di jatinegara beli tiket ntar d manggarai jg beli tiket lg.

    1. Beli thb cukup sekali aja mba, bilang aja beli tiket sampai stasiun tujuan akhir, jd bila mau ke cibinong bilang aja beli tiket ke cibinong

    1. Klo transit ga perlu bayar lg asalkan beli tiket sampai stasiun tujuan atau bila pakai KMT pastikan saldonya cukup saja

  45. Assalamualaikum admin saya mau nanya gimana caranya naik krl dari stasiun pasar Senen ke stasiun universitas pancasila saya harus naik kreta krl jurusan apa mas admin.

  46. Assalamualikum mas admin saya mau nanya gimana caranya kalo naik krl dari stasiun pasar Senen ke stasiun unneversitas pancasila dan saya harus naik kreta krl jurusan mana.?? soal nya saya orang madura baru pertama kali ke Jakarta.
    Mohon petunjuk nya ya min..
    Trimakasih

  47. Kak kalo mau ke tanggerang saya posisinya di potejo jakarta barat dekat gajah mada plaza tepatnya, transitnya terdekatnya di mana ya ? Dari lokasi saya ke tanggerang

    1. Klo jakarta barat lebih deket grogol apa rawa buaya ya? dr stasiun tsb tinggal naik krl tujuan tangerang aja kak 🙂

  48. Min mau tanya dong,
    Kalo dari st. Pasar minggu mau ke st. Pasar senen naik krl nya gimana? Tolong dijelasin ya. Thx sebelumnya

  49. Min mau tanya dong,
    Kalo dari st. Pasar minggu mau ke st. Pasar senen naik krl nya gimana? Tolong dijelasin ya. Thx sebelumnya

  50. Min, mw nanya nich kmrin saya bl tiket dr Bojonggede k tanah Abang, terus pas d kereta anak mnt k kota tua. Otomatis saya turun d Manggarai, tp saya bgung apa bl tiket lagi atw ngga yaa. Dan akhirnya saya nanya k petugas kata dia bl tiket lagi… Apakah itu bnr saya harus bl lg, mksi

  51. sy beli tiket dr kranji tujuan k bojong gede tp sy mau turun d cibinong.. apakah kena pinalti ya.. coz sy brngkat dr rmh sdh nguber kreta nambo yg sblumnya trtggal jd sy milih k bojong gede.. tp stlh prjalanan krl d tahan krna ada krl langsung ya otomatis jdwal nambo brikut nya k uber lah jd sy milih trun d cibinong.. jd gmn ya admin sy mau tau aja kl beli tujuan bojong gede tp mau trun nya d cibinong kena pinalti apa ngga…

    1. Beda rute ya .. hmm sepertinya kena penalti uang deposit ga bisa diambil, tapi coba pastiin lg aja sama petugasnya ya 🙂

  52. saya beli tiket PHB PP dri citayam ke sudirman… pas pulang nya saya tidak naik kereta… apakah tiket tetsebut masih bisa digunakan di hari berikut nya…
    ..
    thanks ya

  53. saya beli tiket PHB PP dri citayam ke sudirman… pas pulang nya saya tidak naik kereta… apakah tiket tetsebut masih bisa digunakan di hari berikut nya…
    ..
    thanks ya

  54. Assalammualaikum..
    Saya mau tanya kak..
    Kalo kita dr stasiun tangerang mau ke ciputat gimana kak?
    Pas beli tiket nya bilang kemana kak?
    Dan pas transit beli tiket lagi ga kak?
    Mohon dibalas ya kak..
    Terimakasih..

    1. Waalaikum salam .. ciputat itu stasiun terdekat mana ya? Batu ceper apa poris? nanti kaka tinggal beli tiket krl cukup sekali aja jgn lupa bilang tujuan stasiunnya 🙂

      1. Ciputat yg stasiun Pondok Ranji itu kak..
        Bilang nya pas mau beli tiket langsung bilang dari stasiun tangerang ke Pondok Ranji aja apa kak??

        1. Oh klo itu beda krl hehehe .. iya bilang aja beli THB ke pondok ranji. Nanti di st. Tangerang naik krl trs turun di Duri. Dr st. Duri naik krl yg tujuan tanah abang / manngarai / depok / bogor trs turun di tanah abang. Di st tanah abang naik krl yg ke serpong trs turun di pondok ranji. Muter2 ya .. mendingan naik ojek online hehehe

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *