Cara Mengetahui Gempa Bumi Yang Terjadi Yang Perlu Diketahui

Mengetahui gempa bumi yang terjadi sangat penting karena negara Indonesia termasuk negara yang rentan gempa karena Indonesia memiliki banyak gunung berapi yang masih aktif. Adanya gunung berapi yang ada di lautan dapat menimbulkan potensi tsunami yang sangat menakutkan dan bila terjadi dapat menelan banyak korban jiwa dalam waktu cepat. Untuk itulah kita harus tetap waspada apalagi untuk Anda yang tinggal di tepi pantai atau di lereng gunung berapi.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui gempa bumi yang terjadi, namun saya lebih jauh membahas cara tsb, saya akan informasikan dulu beberapa manfaat mengetahui gempa bumi yang terjadi.

Manfaat Mengetahui Gempa Bumi Yang Terjadi Saat Ini

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang dapat kita peroleh bila kita mengetahui gempa bumi yang terjadi saat ini:

  • Kita dapat segera mengambil langkah pencegahan bahaya (misalnya mengungsi, dsb) bila mengetahui peringatan dini dari BMKG terhadap bencana yang mengarah pada kita.
  • Kita dapat secepat mungkin meneruskan informasi peringatan dini dari BMKG tsb ke teman / sanak keluarga yang tidak mengetahui peringatan tsb. 
  • Dengan mengetahui gempa bumi yang terjadi, kita dapat segera mengambil tindakan seperti mengirimkan bantuan sebagai rasa simpati kepada teman, kolega, maupun sanak keluarga yang terkena musibah gempa bumi. 
  • Selain memberikan bantuan secara moril / materil, dengan mengetahui gempa bumi yang terjadi maka kita pun dapat memberikan bantuan secara spiritual dengan memanjatkan doa kepada Sang Pencipta untuk memberikan keselamatan, ketabahan, dan kekuatan bagi para korban bencana.

Cara Mengetahui Gempa Bumi Yang Terjadi

Ada dua cara mengetahui gempa bumi yang terjadi saat ini yaitu:

1. Dengan Mengakses Situs BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika)

Caranya cukup mudah dengan mengklik link BMKG ini maka Anda akan mendapatkan informasi seputar gempa, cuaca, dll. Selain Anda dapat mengetahui gempa bumi yang terjadi saat ini, Anda pun dapat mengetahui apakah ada potensi tsunami dan gempa bumi terakhir yang terjadi di Indonesia. 

2. Dengan Menggunakan Ponsel Android

Ponsel sekarang memang canggih-canggih, salah satu fiturnya bahkan memiliki “basic seismometer” yang mampu mendeteksi aktivitas yang ada kaitannya dengan gempa bumi. Nah penasaran kan bagaimana cara mengetahui gempa bumi yang terjadi hanya dengan menggunakan ponsel android dan tanpa aplikasi apapun? Yuk simak ulasannya berikut ini … 
cara mendeteksi gempa bumi yang terjadi menggunakan ponsel
Penampakan Seismograf
Cara mendeteksi gempa bumi menggunakan ponsel berikut ini dapat Anda gunakan untuk mengetahui gempa bumi yang terjadi di sekitar Anda berada, jadi tak dapat digunakan untuk tempat yang jauh-jauh ya. Bila Anda sedang duduk atau berdiri dan merasa ada yang bergoyang, jangan panic dulu, silahkan buka ponsel android masing-masing karena bisa jadi itu hanya perasaan Anda saja hehehe ..

Jadi berikut ini adalah cara mengetahui gempa bumi yang terjadi di sekitar Anda menggunakan ponsel android:

  • Buka ponsel android dan buka browsernya. Biasanya browser yang sudah menjadi default ponsel android adalah Google Chrome.
  • Silahkan klik URL ini: http://ctrlq.org/earthquakes/seismograph.html atau copy paste di browser Anda. 
  • Letakkan ponsel / gadget Anda di tempat yang datar dan bebas goyangan ya agar lebih akurat. 
  • Anda akan melihat akitvitas seismograf di layar ponsel Anda, semakin kencang goyangannya maka semakin bagus grafiknya, bila tidak terjadi goyangan maka grafik akan datar mulus.

Itulah informasi mengenai cara mengetahui gempa bumi yang terjadi yang dapat Anda lakukan. Yang terakurat tentu saja informasi dari BMKG.

Artikel Ala Urang ini dikenal, sbb :

bila terjadi gempa apa manfaat yang bisa kita peroleh -cara melihat potensi gempa -cara mendetksi gempa bumi -cara mengetahui aktivitas gempa bumi -cara mengetahui gempa bumi -jelaskan cara mengetahui terjadinya gempa bumi -

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *