Pengalaman Menggunakan Chromecast Untuk Menampilkan Layar HP di TV

Generasi milenial sangat identik dengan sesuatu yang serba instan, serba digital, sangat bergantung pada gadget dan internet. Coba saja Anda naik KRL, banyak sekali yang memainkan HP nya, entah itu chatting, main medsos, dengerin musik, atau menonton film.

Seperti saya sekarang ini yang sedang demam nonton drama korea (drakor). Banyak alasan kenapa saya memilih aplikasi nonton film di HP android. Selain banyak sekali aplikasi gratis, kita pun dapat menggunakan fitur download dulu menggunakan wifi lalu tonton secara offline saat di dalam kereta, busway, ataupun menungggu sesuatu, seperti HOOQ VideoMax, Viu, Iflix, Netflix, Youtube, dll.

Namun saat ada di rumah, keinginan lain muncul untuk menonton film yang ada di HP tsb di layar TV yang notabene lebih besar sehingga tak perlu capek memegang HP dan tak perlu capek juga membaca substitle (terjemahan) yang kecil-kecil.

Bukannya sekarang sudah ada smart TV yang bisa menampilkan apapun seperti layaknya HP android?

Betul sekali, namun saya belum memilikinya, dan untuk mengganti TV LED lama di rumah kok rasanya sayang ya .. hehehe. Bagaimana dengan Anda?

Akhirnya saya pun mencari-cari alat apa yang diperlukan untuk menampilkan layar HP di TV. Ternyata ada beberapa pilihan. Ingin tahu apa saja? Dan apa yang akhirnya saya pilih? Yuk simak ulasan di bawah ini ..

menampilkan layar HP di TV menggunakan chromecast
menampilkan layar HP di TV menggunakan chromecast (image credit: ubisoft)

Cara Menampilkan Layar HP di TV

Hasil penelusuran saya di internet didapat setidaknya ada 2 cara yaitu menggunakan kabel MHL dan casting wireless.

Menghubungkan HP Android ke TV via MHL

Untuk menonton film yang ada di aplikasi android di layar TV diperlukan sebuah alat yang bernama kabel MHL. MHL adalah singkatan dari Mobile High-Definition Link.

Harga kabel MHL ini antara 30 ribuan hingga 400 ribuan di toko online. Namun untuk dapat menggunakan alat ini dan dapat menampilkan layar HP di TV, perlu diperiksa dulu apakah hpnya sudah support MHL atau belum? Untuk mengetahuinya, silahkan cek di situs resmi MHL.

Bila ternyata HP nya support MHL silahkan simak cara menyambungkan HP android ke TV menggunakan kabel MHL berikut ini yang ada pada video youtube:

Setelah saya cek, HP saya (Oppo F1S dan Redmi 4X) ternyata belum support .. hiks.

Jadi pilihan kabel MHL untuk menonton film dari HP ke TV ini saya skip ya ke pilihan berikutnya.

Menghubungkan HP Android ke TV via Casting Wireless

Apa itu casting wireless?

Casting wireless ini merupakan alat untuk menampilkan layar HP di TV tanpa kabel namun diperlukan wifi ya. Nah wifi yang digunakan untuk alat casting ini pun harus sama / satu jaringan dengan yang digunakan di HP yang layarnya akan ditampilkan tsb. Jadi kalo Anda punya wifi provider di rumah bisa digunakan. Bila tak punya, Anda wajib punya 2 HP. HP pertama untuk hostpot Wifi, HP kedua digunakan sebagai HP penghubung ke TV.

Baca juga:  Shopious: Direktori Toko Online Terbaru

Ada banyak pilihan casting wireless ini, mulai dari yang ORI hingga KW nya dengan berbagai mereknya. Ada EZ cast, ada Miracast, ada Any Cast, ada pula Chromecast. Harganya berkisar 100 – 600 ribuan di toko online.

Setelah baca-baca testimoni, penggunaan miracast ataupun anycast ternyata suka tidak stabil, kadang yang muncul hanya audio saja. Akhirnya saya pun memutuskan untuk membeli chromecast buatan Google. Berhubung chromecast tiper terbaru (2) masih mahal, jadinya beli tipe 1 saja.

Oh ya, untuk menggunaka chromecast ini diperlukan HP android 4.4 ke atas atau iPhone dengan iOS 9.1 ke atas.

Akhirnya saya pun membeli chromecast dari toko online seharga 380 ribu setelah memastikan sama penjual apakah dapat menonton youtube dan aplikasi film android seperti viu, netflix, iflix, dll.

Keesokan harinya, alat yang ditunggu-tunggu pun sampai. Langsung saya coba. Caranya cukup mudah, yaitu:

  • Hubungkan ujung chromecast ke colokan HDMI di TV dan ujung lainnya ke colokan listrik, colokan USB di TV, atau ke powerbank.
  • Nyalakan Wifi Hotspot.
  • Nyalakan TV, lalu pilih sumber input HDMI.
  • Nyalakan HP yang akan ditampilkan layarnya ke TV, pastikan terhubung ke Wifi Hotspot yang sama.
  • Download dan instal aplikasi chromecast di playstore.
  • Ikuti setting yang ada di layar HP, seperti personalisasi nama TV dll.
  • Buka aplikasi yang akan ditampilkan di TV lalu klik tanda casting (tanda kotak dengan garis lengkung di bawahnya).

Atau bila bingung silahkan ikuti cara menampilkan layar HP ke TV menggunakan chromecast sesuai video youtube berikut ini.

Atau langsung baca di laman support google chromecast.

Percobaan pertama, menampilkan foto dan video dari google photo sukses.

Percobaan kedua, menampilkan video youtube pun sukses.

Percobaan ketiga, menampilkan film dari aplikasi VIU GAGAL. Selidik punya selidik, ternyata chromecast memang belum support VIU, kecewa sih … namun masih ada gantinya ternyata chromecast support NETFLIX dan IFLIX. Rasa kecewa dapat terobati juga …

Akhirnya sekarang bila sedang di rumah dan mau nonton film yang ada di aplikasi android, tinggal sambungkan saja chromecastnya, nonton pun jadi nyaman dengan layar besar di TV.

Berikut aplikasi yang dapat ditampilkan oleh Chromecast ke layar TV ataupun monitor lainnya, yaitu: Google Photos, Google Play Movies & TV, Google Play Music, Google +, Spotify, TuneIn Radio, Deezer, Musixmatch, Saavn Music & Radio. Semoga ke depannya, Viu juga bisa support .. aamiiin …

Nah mungkin sekian pengalaman saya mengenai penggunaan chromecast untuk menampilkan layar HP di TV. Semoga bermanfaat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *